WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Yakin Mau Kuliah di Jurusan Periklanan? Yuk, Intip Prospek Kerjanya!

Pasti diantara kalian sudah sering melihat iklan di televisi, radio, surat kabar, majalah, tabloid, dan sebagainya. Nah, menurut kalian iklan itu apa, sih?

Iklan adalah suatu pesan yang disampaikan untuk membujuk atau mendorong seseorang agar membeli produk dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga bisa sebagai himbauan bahkan ajakan kepada masyarakat, jadi tidak hanya terbatas pada produk dan jasa saja. Misalnya, iklan layanan masyarakat tentang vaksin Covid-19.

Iklan memiliki durasi waktu yang singkat, padat, dan jelas. Kalian pasti sudah sering melihat iklan di Youtube, bukan? Iklan di Youtube biasanya menampilkan video pendek dengan durasi beberapa detik saja yang tidak bisa dilewatkan. Tentunya, kalian tidak ingin terganggu dengan iklan tersebut sehingga iklan dibuat dengan durasi cukup singkat. Disinilah tantangan dalam pembuatan iklan karena harus menyampaikan pesan kepada masyarakat hanya dengan durasi singkat saja.

Iklan yang ditampilkan di berbagai media memberikan keuntungan penjualan bagi perusahaan. Iklan yang baik memberikan perhatian kepada masyarakat sehingga mendapatkan sasaran yang tepat dalam melakukan promosi.

Untuk membuat iklan tersebut, diperlukan pembelajaran dan keahlian dalam pembuatan iklan. Dari mulai penulisan naskah iklan, multimedia, tulisan media, teknik kamera dan editing dapat kalian pelajari di jurusan periklanan (advertising). Jika jurusan ini cocok dengan kalian yang ingin terjun langsung ke dunia iklan, yuk simak baik-baik seperti apa prospek kerja di jurusan periklanan serta rekomendasi perguruan tinggi yang menawarkan studi tersebut.

Kira-kira prospek kerja jurusan periklanan akan seperti apa, sih?

  1. Copywriter

Sebagai copywriter, untuk melakukan pemasaran terhadap suatu produk, jasa, dan himbauan diperlukan seni menjual lewat tulisan.

“Aku dan Kau, suka Dancow

“Apapun makanannya, minumnya teh botol Sosro

Slogan atau tagline dari beberapa iklan komersil tersebut pasti terbayang-bayang di ingatan kalian. Slogan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan iklan. Hanya dengan kalimat atau kata-kata yang diutarakan dari iklan, dapat membuat suatu produk menjadi laris terjual.

Slogan dari iklan memiliki fungsi untuk menarik masyarakat agar membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Untuk menarik masyarakat, slogan iklan dibuat dengan menggunakan pemilihan kalimat yang unik, menarik, kreatif sehingga mudah diingat.

  1. Content Creator

Membuat konten bisa berupa gambar, video, suara, dan video yang dikemas dengan ciri khas sendiri dan menarik untuk disampaikan kepada masyarakat. Pembuatan konten dijadikan sebagai strategi pemasaran sehingga konten memegang peranan penting dalam suatu perusahaan.

Untuk menghasilkan sebuah karya atau konten, maka perusahaan membutuhkan content creator agar dapat menarik masyarakat dengan memproduksi konten yang unik dan menarik.

  1. Sales Periklanan

Ketika suatu perusahaan memiliki produk barang atau jasa, perlu dilakukan promosi untuk mempekenalkan produk mereka serta menaikan angka penjualan di perusahaan.

Sales periklanan memberikan penawaran layanan iklan dengan menjelaskan kepada masyarakat terkait produk atau jasa dengan cara membujuk orang lain. Untuk menjadi sales periklanan, dibutuhkan kemampuan negosiasi, kejelasan dalam berbicara, pemahaman lisan dan tulisan.

  1. Manajer Sosial Media

Sebagai manajer sosial media, posisi ini diperlukan untuk mengelola atau menjalankan akun sosial media suatu perusahaan. Sosial media bisa berupa seperti Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, Youtube, Linkedin, dan sebagainya. Tentunya, setiap sosial media memiliki keunikan tersendiri sehingga manajer sosial media perlu mendalami bagaimana fitur dan optimalisasi pada sosial media tersebut.

  1. Riset Pemasaran

Bagi kalian yang memiliki ketertarikan dalam dunia ekonomi dan bisnis, kalian bisa mempelajari lebih dalam terkait riset pemasaran. Secara singkat, riset pemasaran adalah kegiatan sistematis dalam pengumpulan, analisis, serta laporan data tentang situasi pemasaran. Riset pemasaran perlu dilakukan oleh perusahaan untuk merencanakan strategi pemasaran yang luas.

Dengan profesi sebagai riset pemasaran, kalian perlu mengetahui pandangan atau apa yang diinginkan oleh konsumen pada suatu perusahaan.

Rekomendasi perguruan tinggi jurusan periklanan di Indonesia

 

Jika kalian tertarik untuk belajar lebih lanjut tentang pembuatan iklan, beberapa instituisi di bawah ini menawarkan jurusan kuliah periklanan:

  1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia menyediakan program pendidikan vokasi ilmu komunikasi yang memiliki beberapa peminatan. Salah satunya adalah peminatan komunikasi periklanan. Di sini kalian akan mempelajari bagaimana komunikasi di bidang periklanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, hukum, dan etika profesi.

  1. Universitas Bina Sarana Informatika (BSI)

BSI memiliki program diploma (D3) periklanan yang berada di bawah naungan Fakultas Komunikasi dan Bahasa yang memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan di bidang periklanan multimedia serta memproduksi hasil karya berupa multimedia.

  1. Sekolah Tinggi Desain Interstudi

Stikom menawarkan program pendidikan jenjang sarjana  di jurusan Advertising. Program ini mempelajari tentang komunikasi produk atau jasa kepada konsumen dengan kegiatan seperti promosi dan hubungan masyarakat.

  1. Universitas Esa Unggul

Universitas Esa Unggul menawarkan program sarjana Marketing Communication yang membekali pengetahuan serta keterampilan mengenai strategi periklanan dan pemasaran. Program ini di bawah naungan Fakultas Ilmu Komunikasi dan sudah terakreditasi A.

  1. Politeknik Negeri Media Kreatif

Polimedia menyediakan program studi periklanan yang berada di bawah naungan jurusan Desain dan mulai aktif menerima mahasiswa sejak tahun 2010.

 

Penulis: Riva Destira Ramadhani

Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment