WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Webinar Pre-event Engineering Gathering Week (EGW) 2021

Pada tanggal 17 April 2021 pukul 15.00 WIB Majalah Sunday meliput webinar pre-event Engineering Gathering Week (EGW) 2021 yang bertema Mental Health oleh Sania Leonardo. Acara ini dipandu oleh Phohan sebagai MC yang menjelaskan peraturan acara berlangsung serta sebagai penghubung acara dan Florie sebagai Moderator yang memandu sampai acara selesai dan acara ini diikuti oleh cukup banyak partisipan.

Setelah pembukaan acara selanjutnya adalah kata sambutan dari Pak Harto Tanujaya selaku Dekan Teknik disambung kata sambutan dari Andreas Ronaldo selaku Ketua BEM UNTAR dan kata sambutan dari Anastasya selaku Ketua Pelaksana.

Acara selanjutnya penyampaian materi dari Sania Leonardo tentang Mental Health,  disini Sania bercerita tentang dirinya yang memiliki penyakit bipolar depresif. Umumnya bipolar depresif ini mengakibatkan diri kita menjadi tempramen. Florie memberikan pertanyaan pada Sania “Wajar gak sih depresi pas kuliah?”

Sania menjelaskan “Depresi pas kuliah itu wajar karena setiap orang punya limitnya sendiri. Contoh teman kamu bisa sampai 10 tapi kamu cuma bisa sampai 7, mau dipaksain bisa tapi balik lagi mental kamu kuat apa engga, kalo mental kamu sakit jasmani kamu juga sakit.” Karena yang mengerti tentang diri kita adalah diri kita sendiri, jika kamu gak bisa ngelakuin sesuatu jangan terlalu dipaksa, tunggu diri kamu bilang I’M READY FOR IT.

Florie Kembali bertanya “Gimana sih biar ortu ga sepele sama mental health anaknya, soalnya kadang minta support malah dibilang kurang ibadah, kurang ngaji dll?” Sania menjawab “Emang ortu di sini itu konservatif, Sania juga awalnya ke psikiater sendiri akhirnya bawa ortu ke psikiater dan akhirnya disupport, disuruh minum obat dll.”

Pertanyaan terakhir dari Florie yaitu “Lebih pilih Mental Health atau Financial Health?” Sania menjelaskan “dua duanya penting, tapi lebih condong ke mental health karena banyak orang gila karena kejar harta, tapi kita ga bisa munafik kita juga butuh uang. Uang bisa dicari, tapi susah. Bahagia secukupnya karena kadang manusia kalo dikasih lebih bakal lupa, lupa sama diri sendiri, orang tua, yang dia pikirkan kerja sama hartanya. Kerja secukupnya dapat rezeki secukupnya kamu akan bisa menjalani kehidupan yang lebih baik.”

Acara selanjutnya disambung dengan Q&A dengan para partisipan yang hadir. Salah satu pertanyaannya adalah bagaimana cara mengurangi atau mencegah self harm. Sania menjelaskan kamu bisa aja ambil es batu lalu kamu pegang itu nyeri nya sama kaya self harm, atau kamu bisa bikin gambar kupu-kupu di tangan kamu, kamu bawa mandi gapapa, nanti kalo kupu-kupu itu udah perlahan hilang, anggap masalah kamu juga hilang samanya dengan kupu-kupu itu.

Penutupan acara diisi dengan foto bersama dan ucapan terimakasih. Masih banyak lagi acara dari UNTAR yang menanti, walaupun online webinar ini tetap seru dan sangat menambah informasi!

 

 

Reporter: Naira & Moza

Leave A Comment