WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tren Thrifting

Sumber Foto: Pinterest

 

Akhir-akhir ini istilah thrifting menjadi trending topic dikalangan anak muda. Apa itu thrifting? Yang dimaksud dengan thrifting adalah berbelanja pakaian second. Yap, belanja baju second saat ini memang lagi nge-hype banget nih dikalangan anak muda. Bahkan, sekarang kita sudah tidak perlu susah-susah lagi untuk hunting berbelanja bajunya sendiri, karena sekarang sudah banyak banget thriftshop di Instagram.

Memang terdengar kurang elit berbelanja baju second, tetapi nyatanya tren thifting ini sedang berkembang di dunia dan diikuti banyak anak muda.

Apa yang seru sih dari tren ini?

Keuntungan pertama, jelas karena harganya yang sangat murah meriah. Kapan lagi bisa tetap stylish tanpa harus merogoh kocek yang dalam? Ditambah lagi, meski harga aslinya sudah terbilang murah, kamu juga tetap bisa menawar di beberapa toko. Dari thrifting kamu juga bisa menemukan barang-barang branded yang harganya jauh lebih murah dan juga barang jadul yang sudah tidak lagi diproduksi loh! Hal tersebut bisa mengurangi rasa kesal kamu yang tidak suka memiliki baju samaan atau pasaran. karena rata-rata baju yang dijual hanya ada satu model saja.

Dimana sih kita bisa menemukan toko baju thrifting?

Berikut beberapa rekomen tempat untuk kalian yang ingin thrifting :

  1. Pasar Senen

Selain menjadi tempat thrifting terkenal di Jakarta, Pasar Senen juga merupakan salah satu tempat yang menjual pakaian bekas paling murah. Di sana, kamu bisa menemukan baju atau outwear dengan harga mulai dari Rp10,000. Meskipun pada tahun 2014 lalu Pasar Senen Blok III mengalami insiden kebakaran, namun pemerintah kembali membangun gedung yang lebih layak dan bergaya modern. Jadi, jika kamu ada kesempatan berkunjung ke sana, jangan lupa untuk kunjungi juga gedung baru (Blok III) jauh lebih nyaman, bersih, dan dingin. Tapi tenang, baik Pasar Senen gedung lama dan gedung baru, keduanya sama-sama memiliki banyak ‘harta karun’ yang sayang kalau kalian lewatkan.

  1. Pasar Baru

Metro Pasar Baru lokasinya lebih dekat jika kamu masuk melalui gerbang yang ada di jalan samanhudi. Kalau kamu tiba di gerbang Pasar Baru yang dekat dengan Gedung Kesenian Jakarta, tinggal jalan saja sampai ujung. Bangunannya ada di sebelah kanan berwarna coklat. Lantai satu hanya berisi toko-toko pakaian baru, lantai dua toko-toko kamera, lantai tiga dan empat adalah surga bagi pecinta baju-baju vintage.

Berbelanja pakaian vintage di sini lebih asyik dibandingkan di Pasar Senen karena lokasinya jauh lebih modern dan nyaman. Kalau soal harga sih, di Pasar Baru memang lebih tinggi ketimbang di Pasar Senen. Hal itu karena beberapa barangnya sudah dikurasi oleh sang pemilik outlet. Positifnya, justru memudahkan kamu buat memilih barang yang masih bagus!

  1. Fly Over Pasar Kebayoran Lama

Buat kamu yang biasa melewati atau beraktivitas di sekitar Stasiun Kebayoran Lama, Pastinya sudah tidak asing lagi dengan pasar barang bekas yang berlokasi di sekitarnya. Pasar yang membentang dari pinggir stasiun hingga ke kolong fly over ini menjual berbagai jenis barang bekas, mulai dari pakaian, sepatu, tas, jam, kipas angin, ponsel, kaset, kamera, helm, hingga barang-barang antik. Nah, buat kamu yang nggak tahu, ternyata barang-barang di sini hampir semuanya branded loh!

Semoga membantu ya rekomendasi beberapa tempat thrift diatas.

So, happy hunting guys!

 

Penulis: Hikmah Magfiroh Fajri | Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

Leave A Comment