Majalah Sunday

Tips & Trik Nggak Buang Waktu di MedSos

Editor: Delia Putri Amanda – Universitas Negeri Jakarta

Halo, Sunners!

Berdasarkan data dari GlobalWebIndex, pada awal tahun 2019 sebagian besar orang Indonesia menggunakan internet untuk main media sosial (medsos). Medsos yang dimaksud adalah Facebook, Twitter, Youtube, Facebook Messenger, Instagram, Whatsapp. Kalian tahu berapa lamanya? Rata-rata orang Indonesia menghabiskan 3 jam 22 menit perharinya untuk main medsos, loh. Dengan jumlah ini, Indonesia menempati peringkat ketiga setelah Filipina dan Brasil dalam negara dengan durasi terlama durasi bermain medsos.

Nggak disangka ya, ternyata cukup lama juga main medsosnya. Apakah kalian termasuk salah satunya? Terlepas dari durasinya yang lama, main medsos sebenarnya nggak baik lho. Yup! Alasannya selain bikin kecanduan, kelamaan di media sosial membuat kalian “lupa sebentar” sama hidup sehari-hari. Lupa kalau ada tugas sekolah atau pekerjaan rumah. Ujung-ujungnya nih kalian bisa keteteran ngerjainnya tugas-tugas tadi.

Berarti gimana caranya tuh biar nggak buang-buang waktu di medsos kalau semua informasi sumbernya dari sini? Tentunya, dengan memanfaatkan fitur yang ada di tiap medsos tadi. IPMI Business School mau kasih tahu caranya nih.  Simak dan catat, ya!

Instagram

cara memanfaatkan fitur di medsos instagram biar kamu nggak buang-buang waktu

Instagram, pict by Dok.Pribadi

Di Instagram, ada fitur yang namanya “Your Activity”. Lalu, setelah diklik munculah tab “Time on Instagram” dan “Manage Your Time”. Di tab pertama akan ditampilan durasi kalian selama main Instagram. Nah, di tab kedua ada sub-tab “Set Daily Reminder” dan “Notification Settings”. Subtab pertama berguna untuk mengatur durasi yang kalian inginkan. Sementara, yang satu lagi untuk menotifikasi ketika durasinya mencapai batas.

Facebook

cara memanfaatkan fitur di medsos facebook biar kamu nggak buang-buang waktu

Facebook, pict by Dok.Pribadi

Kalau Instagram punya “Your Activity”, Facebook juga ada “Your Time on Facebook”. Caranya, kalian bisa ke menu “Setting & Privacy”. Lalu, akan muncul “Time per Day” dan “Manage Your Time”. Lewat tab pertama, durasi kalian main Facebook akan muncul. Lalu, di tab kedua ada subtab “Set Daily Reminder” yang bisa dimanfaatkan buat mengatur lamanya kalian main Facebook.

Nah, kalian sekarang udah tahu nih tips & trik dari IPMI Business School biar nggak buang-buang waktu di medsos. Kira-kira kalian bakal manfaatin fitur ini nggak, Sunners?

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 704
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?