Majalah Sunday

Tips Tidak Mengasihani Diri Sendiri

Penulis: Hikmah Magfiroh Fajri – Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
Editor: Afifah Putri Utami – UNJ

Halo, Sunners! Mengasihani diri sendiri tidak akan membawa manfaat pada diri kita lho. Justru, dengan kita mengasihani diri sendiri akan berdampak buruk untuk diri kita. Ketika kita mengasihani diri sendiri, akan timbul rasa menyalahkan diri sendiri dan merasa tertinggal dengan orang-orang di sekitar. Kira-kira, ada tidak sih tips tidak mengasihani diri sendiri?

Tips Tidak Mengasihani Diri Sendiri

Lalu bagaimana sih cara agar kita tidak terus menerus mengasihani diri sendiri? Apakah sulit melakukannya?

Bersyukur

Yang pertama tentunya kita harus bersyukur dengan apa yang didapat hari ini atau di hari esok dan seterusnya. Entah itu hal yang membuat kita bahagia ataupun tidak, simpan dan sisihkanlah rasa syukur itu. Dengan cara bersyukur, maka kita akan terus merasa cukup dan tidak akan membandingkan kekurangan diri kita dengan orang lain. Tidak usah bandingkan pencapaian dari orang lain, kamu pun akan merasakan keberhasilan itu nantinya. Jika saat ini kamu belum merasakannya, tandanya Tuhan masih ingin melihat usahamu untuk memperjuangkan sesuatu yang kamu harapkan itu.

Berusaha Memperbaiki Diri

Saat kamu mulai merasa sedang mengasihani diri sendiri karena orang lain lebih dari diri kita, maka kamu harus berusaha memperbaiki kekurangan yang ada pada dirimu. Jangan hanya diam saja, Sunners harus semangat dan terus bangkit, agar bisa meraih apa yang kamu mau dan tidak hanya merasa iri dengan orang lain.

Kamu juga bisa mencoba melakukan sesuatu yang belum kamu coba agar kamu bisa belajar dan mengetahui kekurangan serta kelebihan dalam mempelajari hal itu.

perbaiki diri sebagai tips tidak mengasihani diri

Terus perbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan jangan ragu untuk memulai suatu kebaikan yang baru, pict by canva.com

Berpikir Realistis

Daripada terus menyalahkan diri sendiri, lebih baik berpikir realistis. Mengasihani diri sendiri sebenarnya tidak apa-apa, hanya saja jika terlalu lama akan merugikan diri sendiri. Ya, waktumu akan terbuang sia-sia hanya untuk mengasihani diri karena sedang ada hal buruk menimpa diri. Andai kamu selalu menghabiskan waktu untuk begitu terus, lebih baik kamu lakukan perubahan dalam hidup sekecil apapun. Misalnya, kamu bisa mendistraksi pikiran dengan mencari kesenangan dan membahagiakan diri sendiri, atau bisa juga bertemu dengan orang yang membuatmu merasa lega dan nyaman.

Itulah 3 tips sederhana yang bisa kamu coba untuk dilakukan agar tidak mengasihani diri lagi. Perlu diingat, semua yang telah terjadi dalam hidup ini sudah diatur oleh Tuhan, kita hanya perlu menunggu sedikit saja untuk merasakan kebahagiaan dan keberhasilan sesuai dengan kehendak-Nya. Tidak perlu mengasihani diri lagi, ya, Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,156
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?