WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Sederhana Lulus Berbagai Versi UTBK

SBMPTN impian semua pelajar

Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN, mengundang banyak perhatian bagi para pelajar di seluruh Indonesia. Banyak yang menginginkan untuk masuk ke kampus ternama karena alasan tertentu.

Seperti biaya murah dan prospek kerja yang lebih diperhitungkan perguruan negeri maupun swasta di Indonesia. Untuk semakin menambah semangat kamu menghadapi SBMPTN mendatang, berikut Mimin akan membagikan tips sederhana lulus SBMPTN.

Nantinya ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ini akan dilaksanakan dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Soal-soal ujian ini nantinya akan disesuaikan dengan pengembangan tes. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa kalian coba :

1. Mempersiapkan fisik dan menjaga kesehatan

Pelaksanaan UTBK tentunya memaksamu menatap layar komputer selama ujian berlangsung. Oleh sebab itu, kamu harus mempersiapkan fisik dan kesehatanmu agar dapat mengerjakan tiap soal dengan maksimal.

Untuk itu, kamu perlu menjaga matamu jangan sampai terlalu lelah. Upayakan selalu tidur tepat waktu dan tidak memaksakan diri saat belajar. Konsumsi vitamin dan suplemen yang kiranya dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu.

Jangan lupa, kurangi kegiatan-kegiatan yang dapat menguras tenaga dan mengganggu kesehatanmu, khususnya kesehatan mata.

2. Belajar dengan sungguh-sungguh

Hal kedua yang bisa kamu lakukan agar kamu dapat lolos SBMPTN adalah niat kan untuk belajar sungguh-sungguh dulu. Sudah menjadi rumus bahwa segala hal itu diawali dengan niat.

Jika kamu sudah niat ingin bercita-cita masuk PTN favorit, apalagi jika kamu ingin masuk jurusan yang favorit yang saingannya berat. Langkah selanjutnya adalah mengatur waktu belajar.

Ingat biasanya setiap manusia itu punya waktu belajar prime time masing-masing. Ada yang moodnya bagus di pagi hari, siang, sore dan mungkin ada yang di malam hari.

Nah pastikan belajar maksimal di jam-jam mood terbaik kamu, dan itu pasti akan diserap otak lebih baik dibanding waktu yang non prime.

3. Latihan Soal-Soal

Tak ada salahnya juga kamu mencoba untuk cari soal-soal ujian SBMPTN sebelumnya dan pelajari dengan seksama. Soal-soal ujian SBMPTN itu dari tahun ke tahun polanya tidak jauh beda makanya jika kamu sering atau akrab dengan soal maka kamu tidak akan kesulitan mengerjakannya.

Pelajari soal dari yang termudah kemudian naik ke level menengah sampai level sulit. Pastikan kamu menguasai dulu soal bertipe mudah, jika sudah beres baru lanjut ke level selanjutnya.

Bagi yang kesulitan belajar sendiri, coba kamu buat komunitas kecil-kecilan bersama temanmu untuk berdiskusi. Cari teman yang akan membuat kamu pintar dan cerdas.

Kamu bisa belajar saat weekend di rumah misalnya, atau di tempat lain yang suasananya enak untuk belajar.

4. Mengerjakan soal dengan teliti

Meski UTBK SBMPTN ada batas waktu pengerjaannya, jangan kerjakan soal terburu-buru. Pastikan setiap jawabanmu memang sudah tepat dan sudah dipikirkan dengan maksimal.

Apalagi, tipe-tipe soal HOTS membutuhkan ketelitian dan ketepatan dalam menjawabnya. Untuk itu, biasakan diri untuk mengerjakan soal dengan perlahan namun bisa mengatur waktu sehingga kamu semua soal bisa selesai tepat waktu.

Selain itu, biasakan untuk memastikan diri jawaban yang tepat sebelum memilih jawaban di layar komputer dan jangan sampai kamu salah pilih jawaban karena terburu-buru dan panik terkejar waktu.

Nah Sunners, jadi persiapkanlah dirimu lebih baik lagi ya! Dan jangan lupa perhatikan jadwal pendaftaran serta jadwal ujian SBMPTN supaya kamu tidak melewatkannya.

Karena setiap keberhasilan, dimulai dari kebiasaan diri sendiri dalam memaksimalkan segala sesuatu.

Semangat untuk para Sunners yang sebentar lagi melaksanakan UTBK. Jangan lupa berdoa atas segala usaha.

 

Reni Purwati

Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment