Majalah Sunday

Tips Presentasi:
Lawan Rasa Panik Saat Ada Pertanyaan

Penulis: Desiana Yuniarti – Polimedia Jakarta

Kita sudah tidak asing lagi dengan kegiatan presentasi di kelas, bukan? Bahkan, di setiap mata pelajaran pasti akan selalu ada kegiatan ini, baik secara individu maupun secara berkelompok. Tapi pernah gak Sunners ngerasa panik saat ada guru, dosen atau teman sekelas yang tanya sat presentasi? So, kamu butuh tips presentasi berikut ini!

Pentingnya Mempelajari Tips Presentasi yang Tepat

Presentasi memiliki dampak yang cukup positif bagi siswa/siswi dalam membangun kemampuan public speaking dan melatih kepercayaan diri. Kegiatan presentasi juga tidak hanya dilakukan di sekolah saja melainkan di organisasi ataupun kehidupan sehari-sehari. Walaupun memiliki manfaat yang besar untuk kedepannya.Ternyata, ada juga loh yang tidak menyukai kegiatan presentasi di kelas.

Banyak alasan mengapa presentasi di kelas itu dianggap hal yang paling dihindari dan menakutkan. Salah satu faktor penyebabnya adalah rasa panik dan takut berlebihan ketika tampil di depan umum. Akibatnya, presentasi tidak dapat berjalan dengan mulus dan lancar.

Dalam kegiatan presentasi pasti ada yang namanya sesi diskusi pertanyaan kelompok. Dalam sesi ini, terkadang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan cukup beragam dan bahkan ada pertanyaan yang cukup mematikan. Untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh kelompok lain. Sunners harus dalam kondisi yang siap untuk menjawab pertanyaan tanpa sedikit keraguan, panik dan takut salah menjawab.

Tips Presentasi yang Bantu Mencegah Panik Saat Sesi Tanya Jawab

Mimin, punya solusi terbaik untuk mengatasi rasa panik saat menjawab pertanyaan saat presentasi. Yuk, mari kita bahas bersama!!

Persiapkan Materi dengan Baik

Sebelum melakukan presentasi tentunya kita mengumpulkan berbagai macam materi atau data yang akan dibahas nantinya. Dalam mengumpulkan materi, sunners tidak boleh asal copy paste saja. Melainkan harus membacanya, mempelajari dan memahami topik yang akan dibahas. Jika, tidak mempersiapkannya dengan baik akan berakibat fatal pada saat proses diskusi kelompok.

Ingat Inti dari Materi Presentasimu

Dalam membuat materi dan melakukan presentasi kalian harus mengingat inti dari topik pembahasannya. Supaya lebih percaya diri dan materi yang akan disampaikan menjadi lebih dapat terfokus. Selain itu juga, menghindari terjadinya pembahasan diluar konteks materi presentasi.

Lakukan Praktik Presentasi dengan Temanmu

Sebelum presentasi kamu memiliki waktu untuk berlatih mempraktekkan kegiatan presentasi. Latihan presentasi ini sangat membantu sekali loh Sunners. Selain membantu public speaking lebih lancar tanpa rasa grogi, kegiatan ini membantu untuk memperkuat pengetahuan dan cara menanggapi pertanyaan.

Berani Jawab Aja, Jangan Takut Berlebih

Jika kalian mendapat pertanyaan saat presentasi, jangan takut untuk salah mencoba menjawab pertanyaan. Namun, apabila pertanyaan tersebut memang sudah tidak bisa dijawab. Alangkah lebih baiknya, Sunners mengetahui ketidaktahuan dan mencoba untuk mencari informasi selengkapnya setelah presentasi.

Fokus Terhadap Audiens

Terkadang ketika presentasi fokus kita menjadi terbelah-belah. Entah itu fokus mencari jawaban, panik, memikirkan bagaimana presentasinya, dll. Hal ini, tentunya dapat berdampak buruk pada saat penyampaian kalian menjawab pertanyaan loh sunners. Maka dari itu, fokus terhadap audiens sangat dibutuhkan karena membantu mengurangi rasa panik yang melanda.

Sesi tanya jawab dapat kamu lewati dengan mempraktikkan tips presentasi berikut ini

Sudah siap presentasi dan menghadapi sesi tanya jawab? Pict by canva.com

Setelah mengetahui 5 solusi tersebut, diharapkan dapat membantu Sunners untuk menghadapi rasa panik saat menjawab presentasi dan membuat presentasi menjadi berjalan dengan baik.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 147
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?