WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips OSIS atau BEM Menegur Kakak Kelas atau Kakak Tingkat

 

“Aku OSIS di sekolah dan harus memberi teguran kepada kakak kelas yang melanggar aturan, bagaimana caranya supaya kakak kelas aku nggak kesal tapi malah senang di nasehati aku, ya? ”

Nah Sunners, kalian yang OSIS atau BEM pernah merasa ada di kondisi pengirim chat ke Sunny kayak di atas? Saat kakak kelas atau kakak tingkat melakukan kesalahan kita merasa enggan menegur karena ada perasaan takut maupun sungkan. Setiap orang pasti melakukan satu atau dua kali melakukan kesalahan, bahkan lebih. Akan tetapi, menegur kakak kelas atau kakak tingkat pun tidak boleh sembarangan, ada cara-cara baik yang lebih santun dan beretika agar kakak kelas tidak akan merasa tersinggung. Berikut tips dan cara menegur kakak kelas kalian:

1. Terapkan Etika Saat Berbicara

Saat berbicara kita harus menggunakan kalimat yang sopan dan tidak mengandung kata-kata yang kasar agar mereka tidak marah saat ditegur. Misalnya dengan menyelipkan kata permisi, maaf, tolong, dan terima kasih. Dengan begitu mereka akan merasa dihargai dan dihormati olehmu. Saat berbicara pun lihatlah wajah lawan bicara tanpa menggunakan nada tinggi dan bahasa yang berbelit, agar mereka tahu bahwa kamu memang serius menegur demi kebaikannya.

2.Hindarilah Kalimat Yang Dapat Menyinggung Perasaannya

Berilah alasan kuat atas teguranmu agar kakak kelas kalian tidak merasa tersinggung saat ditegur. Tahan ego kalian dan jangan terlalu menyalahkannya. Apalagi kalau kalian mengungkit-ungkit masalah yang pernah ia lakukan di masa lalu dan menyamakannya dengan yang dulu, nanti kakak kelas kalian malah akan merasa sakit hati dan menjadi emosi.

3.Jangan Menegur di Hadapan Banyak Orang

Tegurlah kakak kelas kalian secara pribadi, karena dengan kamu menegur di depan umum secara tidak langsung kamu akan mempermalukannya. Sebagai seorang adik kelas yang baik kamu harus menegurnya secara face to face, dengan cara tersebut kamu juga bisa menyampaikan dengan leluasa.

4.Berikan Kesempatan Berbicara Setelah Kamu Menegurnya

Berikanlah kesempatan kakak kelas kalian untuk menjelaskan dan dengarkanlah saat kakak kelas tersebut berbicara, lalu kamu tanggapi dengan baik. Cobalah untuk memahaminya dan jangan terlalu menyalahkannya agar terjalin komunikasi tanpa adanya perdebatan diantara kalian.

Menegur seseorang tentu harus didasari niat baik untuk mengingatkannya, akan tetapi jangan lupa memakai cara-cara tadi agar tindakanmu lebih santun dan beretika. Sebab menegur orang lain juga ada tata cara baiknya. Kalian pun tidak ingin ditegur oleh adik kelas nanti secara tidak sopan kan? Maka dari itu, perlakukanlah orang lain sebagaimana kalian ingin diperlakukan. Jadi, gimana Sunners? Sudah tau kan cara menegur yang baik dan sopan?

Leave A Comment