Majalah Sunday

Tips Olahraga di Bulan Ramadan

Penulis: Patrisius Alfin, Universitas Kristen Indonesia

Hi Sunners, pada bulan puasa ini apa yang kalian rasakan? Meskipun kita masih dalam suasana bulan puasa dan harus menahan lapar, bukan berarti kita nggak olahraga loh! Justru karena lagi puasa, kita harus olahraga yah Sunners, supaya badan kita selalu bugar dan tetap lancar dalam menjalankan puasanya masing-masing. So, mimin mau berbagi nih tips olahraga di bulan Ramadan anti batal!

Semoga bisa kamu terapkan ya, supaya tetap fit di bulan Ramadan, makin sehat, dan bukan malah makan banyak porsi waktu berbuka atau sahur serta bermalas-malasan nanti.

Bulan Ramadan emang harus nahan laper, tapi bukan berarti gak workout dong. Yuk pahami tips olahraga di bulan Ramadan anti batal berikut ini!

Bulan Ramadan justru jadi kesempatan buat kita untuk hidup sehat lho, pict by canva.com

Tips Olahraga di Bulan Puasa #1: Tentukan Waktu Olahraga Yang Tepat

Waktu adalah parameter utama yang harus diperhatikan ketika berolahraga di bulan Ramadan. Waktu terbaik untuk melakukan olahraga di bulan Ramadan adalah setelah berbuka. Setelah berbuka pasti tubuh akan kembali normal karena sudah mengkonsumsi makanan dan minuman. Namun, ada juga orang yang ingin berolahraga meskipun sedang puasa, apalagi orang yang terbiasa olahraga. Menurut Mimin, waktu yang tepat untuk melakukan olahraga adalah 60 menit menjelang waktu berbuka.

Poin penting yang harus diperhatikan yaitu pilihan waktu berolahraga dapat kalian sesuaikan dengan kondisi fisik masing-masing. Kenapa? Karena tidak semua orang dapat melakukan aktivitas saat puasa dengan durasi waktu yang sama. Semua tergantung pada kebiasaan harian dan kondisi fisik yang dimiliki.

Tips Olahraga di Bulan Puasa #2: Pilih Jenis Olahraga Intensitas Ringan

Untuk olahraga di bulan puasa, kalian bisa menentukan jenis olahraga apa saja yang harus dilakukan. Jika ingin olahraga sebelum berbuka, maka pilihan yang tepat adalah bersepeda, jogging, jalan santai, latihan teknik dasar dan skill dalam satu bidang olahraga yang diminati. Jika kalian ingin olahraga setelah berbuka, kalian bisa melakukan olahraga seperti biasanya, misalnya badminton, tenis meja, voli, futsal, bola kaki, basket dll.

Untuk olahraga intensitas berat, pastikan bahwa kalian bisa mengikutinya dengan baik dan kondisi fisik kalian dalam kondisi fit. Jangan dipaksakan jika tidak mendukung, karena akan berpengaruh dalam melakukan puasa hari berikutnya.

Tips Olahraga di Bulan Puasa #3: Jaga Asupan Makanan dan Minuman

Selama menjalankan puasa, kalian hanya memiliki kesempatan untuk makan dan minum pada saat sahur dan berbuka. Supaya dapat berolahraga dengan baik ketika puasa, pastikan kalian menjaga dengan baik pola makan begitu juga dengan minuman. 

Yang harus kalian perhatikan dalam komponen makanan selama puasa adalah karbohidrat, protein, lemak, sayur, dan lauk. Untuk minuman sendiri, pastikan kalian konsumsi 1,5-2 liter per hari. Banyak air yang kalian konsumsi dapat kalian sesuaikan ketika berbuka dan sahur, misal minum air 300 ml sebelum makan berbuka, 300 ml setelah berbuka, 500 ml sebelum tidur (sudah termasuk minuman jenis lainnya), 300 ml setelah bangun, dan 300 ml setelah makan sahur. Pastikan air dan makanan yang kalian konsumsi seimbang dengan kemampuan tubuh.

Untuk menghindari dehidrasi, Mimin sarankan untuk membatasi aktivitas fisik siang hari demi menghindari terik matahari langsung pada kita.

Yuk mulai olahraga di bulan Ramadan ini, pict by canva.com

Sejauh ini, Mimin belum menemukan sumber penelitian yang menyatakan dampak negatif berolahraga saat puasa; artinya, olahraga selama puasa boleh saja asalkan tidak membuat puasa batal.

Udah tau kan cara olahraga di bulan Ramadan? Jadi, jangan takut lagi untuk olahraga meskipun sedang menjalankan puasa. Ketika kalian menerapkan semua tips dari Mimin pasti semua akan berjalan dengan baik. Doa Mimin semoga puasa dan aktivitas kalian dapat berjalan dengan lancar di bulan ini.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 139
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?