WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Ngekost Buat Mahasiswa Baru

Ketika mendengar kata ngekost pasti yang terbayang di pikiranmu adalah bebas. Wajar kok, karena tidak ada lagi yang menyuruhmu untuk bersih-bersih rumah dan hal lainnya. Tapi hidup sebagai anak kost dan maba (mahasiswa baru) pemula itu cukup berat sehingga perlu beradaptasi. 

Untuk yang baru merantau dan akan tinggal di kost, pasti akan mengalami fase mencari kost-kostan, melakukan survei untuk mengetahui fasilitas yang ada. Dalam memilih kost tentunya membutuhkan pertimbangan agar mendapat kost sesuai keinginan. Dan menentukan kos itu tidak boleh asal, agar tidak menyesal di kemudian hari. Jangan modal nekat doang pengen ngekos. Banyak yang buru-buru cari kostan tapi tidak mengetahui basic life skill. Jadi penting banget mengetahui keterampilan dasar dalam kehidupan ngekost. Sebagai anak kost yang tinggal sendiri harus hidup lebih mandiri dan lebih dewasa karena harus mengerjakan banyak hal sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Kost akan menjadi tempat tinggal yang menggantikan rumah untuk beberapa lama jadi, kamu perlu mencari kost yang nyaman dan cocok dan kamu bisa belajar dengan nyaman apalagi mahasiswa baru. 

Tips adaptasi dan bisa nyaman tinggal di kost

1. Pilih tempat kost yang nyaman sesuai dengan budget dan keinginanmu

Pastikan harga kost sesuai dengan budget-mu. Kamu bisa meminta rekomendasi ke kakak tingkat untuk mendapatkan kost yang nyaman, kondusif serta terjangkau dari kampus dan dekat dengan fasilitas umum. Jadi, survei terlebih dahulu sehingga kamu dapat melihat secara langsung bagaimana kondisi lingkungan serta fasilitas yang disediakan.

2. Belajar untuk hidup mandiri

Pasti akan terasa berat jika menjadi anak kost dan mahasiswa baru apalagi pemula. Banyak hal yang harus dilakukan sendirian, mulai dari mencuci baju atau bersih-bersih. Tapi tidak perlu menyesal, sedih, marah, karena fase tersebut mengajarkan untuk hidup mandiri. Lama-lama pasti akan terlatih melakukan hal itu sendirian. Dan akan ada rasa bangga tersendiri jika mengerjakan sesuatu dengan tangan sendiri dan hidupmu dipenuhi dengan perubahan-perubahan kecil yang baik. 

3. Paksa diri untuk berbaur dengan teman kostmu dan gabung komunitas sesuai dengan minatmu

Mungkin kamu canggung, malu untuk memulai perbicaraan, malu bertanya, malu menyapa terlebih dahulu, tapi tidak ada salahnya kalau kamu mencoba untuk berbaur dengan teman kostmu. Tidak hanya berbaur dengan teman kost saja, kamu juga harus mencoba untuk mengenali lingkungan tempat kostmu berada. Lambat laun kamu akan akrab dengan teman kostmu dan teman kostlah yang dekat dengan kita di perantauan. Jika kamu mau memperluas pertemanan agar semakin betah ditempat baru, cobalah bergabung dengan komunitas sesuai dengan minatmu. Misalnya kamu suka bernyanyi maka bergabunglah dengan komunitas bernyanyi. Kamu dapat pengalaman baru dan dapat mengasah skill mu. Cara ini juga dapat membantumu menghilangkan rasa sepi. 

4. Tanyakan peraturan dan kebiasaan yang ada di kost

Sebagai penghuni baru di kost kamu harus bertanya tentang peraturan dan kebiasaan yang ada di kost itu. Hal yang paling penting dan harus kamu lakukan adalah wajib mengikuti peraturan dan kebiasaan yang ada di kost termasuk dalam menjaga dan merawat fasilitas kost bersama. 

5. Mulai ngekost berarti kamu perlu berpikir tentang prioritas

Ketika mulai ngekost berarti kamu harus mulai berpikir dalam memprioritaskan sesuatu. Salah satunya berpikir mengenai keuangan. Mau tidak mau kamu harus bisa mengatur keuanganmu. Dan kamu juga harus bisa menentukan mana sesuatu yang penting dan mana yang kurang penting. 

Nah, ini dia tips ketika memulai kehidupan baru sebagai anak kost. Kamu diharuskan berbaur dan bersikap ramah. Selain itu, kesiapan mental yang harus kamu pikirkan, biar tidak mudah homesick

Semangat buat Sunners yang akan berencana merantau atau yang sekarang berada di tanah perantauan. Semoga tips ngekost dari Sunny dapat bantu kamu jadi lebih bijak dan kuat!

Penulis: M.W.Rosetta-UKI

Leave A Comment