Majalah Sunday

Tips Menulis Berita Bagi Pemula

Penulis: Halidah Sarah Pratiwi – Universitas Negeri Jakarta

Editor: Laras Dwiaryanti – SMKN 40 Jakarta

Untuk mendapatkan berita sekarang ini tentu sudah banyak akses, baik dari digital maupun Koran. Dalam digital pun juga bisa dilihat dan dibaca melalui ponsel, radio, televise, dan lainnya. Di ponsel kita juga bisa mengakses dari aplikasi atau fitur-fitur yang sangat banyak, mulai dari website, instagra, twitter, facebook, google, dan masih banyak lagi. Tetapi untuk membuat berita sendiri tidak boleh asal-asalan, loh. Karena berita yang kamu tulis akan ditanyaka kebenarannya, hal ini lah mengapa tanggung jawab menulis berita juga besar. Nah untuk kamu yang masih pemula atau yang baru ingin menulis berita, ada sedikit tips menulis berita untuk kamu yang masih belajar. Simak baik-baik yuk tipsnya!

1. Menentukan tema

Yang pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tema berita. Tema berita sendir harus kita perhatikan juga agar bagaimana berita tersebut memiliki kandungan yang bermanfaat, lalu juga perlu diperhatikan bagaimana berita ini memiliki kedekatan dengan pembaca, dan dampak yang akan diberikan.

2. Melakukan liputan

Sebelum melakukan liputan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Term of reference (TOR) atau petunjuk operasional inilah yang harus kamu cermati. Lalu diperlukan juga unsur 5W+1H nya yang akan kamu susun sebaik mungkin, unsur ini berguna agar isi berita jelas penyampaiannya dan tidak ada yang tertinggal.

3. Menentukan narasumber

Setelah kamu sudah mengetahui topic apa yang akan diangkat dan sudah menyusun pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di 5W+1H tersebut. kamu bisa menentukan narasumber yang akan kamu jadikan acuan kebenaran dalam berita. Memilih narasumber juga harus berkaitan dengan topic yang kamu ambil, ya!

4. Mematuhi kode etik jurnalistik dan menulis isi berita

Mematuhi kode etik jurnalistik ini berhubungan dengan menulis berita, karena dalam menulis berita terdapat jug aturan yang dipatuhi. Aturan ini lah yang disebut dengan kode etik jurnalistik, untuk melihat kode etik jurnalistik kamu bisa mencari di google, ya! Diperhatikan juga tema yang akan kamu angkat, jika kamu ingin menambahkan informasi di luar narasumber, sertakan juga sumber yang kamu ambil agat tidak ada plagiasi.

Nah itu dia beberapa tips menulis berita bagi pemula, semoga tips-tips ini bisa membantu kamu dalam memulai menulis berita ya! Tetap semangat

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,007
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?