WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Menjadi Seorang Akuntan

Kian bertumbuhnya lapangan pekerjaan, kian bertambah pula kebutuhan akan seorang akuntan untuk mengelola sistem keuangan. Akuntan memiliki andil cukup besar dalam suatu perusahaan sebab ia yang membantu menjaga kestabilan keuangan agar perusahaan tetap berkembang dan sukses. Oleh karena itu, tidak sembarang orang mampu mengemban posisi ini. Salah-salah, malah seisi perusahaan bakal kacau. Lalu, bagaimana, sih, tips untuk yang ingin menjadi dan berkarier sebagai seorang akuntan?

  1. Teliti dan mendetail

Dua hal mendasar ini haruslah dimiliki oleh seorang akuntan. Ketelitian dibutuhkan dalam menghitung juga mencatat berbagai transaksi pengeluaran serta pemasukan perusahaan. Catatan mengenai keuangan begitu sensitif sebab jika salah sedikit saja, akibat yang ditimbulkan bisa beruntun. Selain itu, kamu juga mesti mendetail dalam mengelola perihal keuangan perusahaan agar setiap rincian keuangan dapat terdokumentasi dengan baik dan sebenar-benarnya.

  1. Belajar sungguh-sungguh

Sebelum mendapatkan titel sebagai akuntan, tentulah kamu harus menempuh pendidikan di jurusan akuntansi terlebih dulu. Nah, pada masa-masa tersebut, manfaatkanlah dengan rajin dan sungguh-sungguh dalam mempelajari setiap pelajaran yang kelak akan digunakan dalam profesi impianmu sebagai akuntan. Jangan menyerah hadapi kesulitan dan jangan ragu untuk bertanya pada dosen atau gurumu apabila ada yang tidak dipahami, ya, Sunners.

  1. Komunikasi

Komunikasi yang jelas di antara sesama kolega kerja sangat penting. Seorang akuntan bisa mendapat informasi perihal rincian keuangan dari rekan kerja ataupun atasan, sehingga komunikasi sebagai sarana penyampaian informasi mestilah berjalan dengan baik agar pekerjaanmu tidak terbebani dan lancar.

  1. Bersikap jujur

Mengelola keuangan kerap kali menjadi pekerjaan yang riskan karena dihadapkan pada sumber keberlangsungan hidup perusahaan. Bila ada setitik niat untuk memalsukan data keuangan, terkadang itu bisa membahayakan posisi perusahaan. Bersikaplah jujur agar pekerjaanmu senantiasa berjalan baik dan dengan begitu gajimu juga bisa naik, lho.

Nah, begitulah sedikit tips dan sikap yang harus dimiliki bila Sunners tertarik untuk menjadi seorang akuntan. Semua perusahaan pastilah membutuhkan akuntan untuk membantu pengelolaan keuangan mereka, jadi tingkatkan kualitas diri dan buktikan bahwa kamu adalah akuntan atau calon akuntan yang luar biasa!

 

Deni Adilla Safitri

Leave A Comment