Majalah Sunday

Tips Mengendalikan Mood Agar Tetap Baik Ketika Sekolah Daring

Penulis: Nur Hidayah – UNJ
Editor: Afifah Putri Utami – UNJ

Sekolah daring menjadikan mood suka berubah-ubah! Siapa yang merasakannya juga? Apakah kamu salah satunya? Lalu, bagaimana tips mengendalikan mood saat sekolah daring?

Perasaan malas, bosan, kesal, letih, dan sebagainya pastinya dirasakan oleh pelajar-pelajar di Indonesia yang saat ini sedang melakukan sekolah daring. Stres dan depresi karena terus menghadap layar komputer atau ponsel tiap harinya, tanpa bisa merasakan kehidupan anak sekolah seperti biasanya yang bertemu dan bermain bersama teman. Alhasil, mereka menjadi malas dan tak fokus dalam menghadapi materi sekolah. Duh, hal itu justru berbahaya, karena berdampak langsung dengan hasil di nilai raport nantinya!

Tips Mengendalikan Mood Saat Sedang Sekolah Daring

Nah, untuk menghindarinya, Sunners bisa menerapkan lima hal atau tips mengendalikan mood berikut ini, supaya membuat mood kamu jadi baik, meskipun sekolah masih daring. Apa saja sih tips tersebut?

1. Selalu Mandi Setiap Pagi

Pertama, selalu mandi pagi! Siapa yang setiap sekolah daring, tidak pernah mandi? Bangun tidur langsung membuka laptop dan ikut pelajaran? Semoga itu bukan kamu ya, Sunners! Bangun tidur dan langsung ikut pelajaran justru membuatmu tidak fokus pelajaran, lho! Hal itu karena kamu masih dalam keadaan mengantuk. Oleh karena itu, kamu harus mandi pagi sebelum pelajaran dimulai agar bisa fokus dan tidak terkantuk-kantuk selama pelajaran berlangsung. Akan lebih baik jika kamu juga keramas nih, Sunners! Biar pikiranmu jadi lebih fresh.

2. Pakai Baju Rapi

Kedua, pakai pakaian yang rapi dan nyaman digunakan. Kalau kamu biasanya sekolah daring hanya pakai celana pendek, padahal bagian atasnya terlihat rapi apalagi tertutup jilbab, emang boleh setengah rapi seperti itu? Eits, jangan begitu, ya! Meski tidak ada yang melihat pakaian keseluruhanmu, justru dengan memakai baju yang rapi akan membuat moodmu naik, lho! Kamu juga bisa menambahkannya dengan mengaplikasikan makeup tipis-tipis eperti memakai bedak, liptint atau parfume.

Dengan memakai pakaian rapi, kamu akan terlihat siap belajar di hadapan layar kamera dan kamu akan nyaman belajar, pict by canva.com

3. Sempatkan Sarapan

Ketiga, makan sarapanmu! Jangan pernah ketinggalan untuk sarapan, ya. Tips ini sangat penting untuk kamu lakukan karena sangat berdampak pada mood belajarmu, lho! Perut yang kosong dan bunyinya yang berisik akan membuatmu tak fokus selama pelajaran berlangsung. Yang kamu pikirkan hanya makan, makan, dan makan. Maka dari itu, usahakan sebelum belajar, kamu memakan sarapanmu dulu, ya. Meski hanya dengan segelas susu dan sepotong roti juga tidak apa-apa.

4. Dengarkan Lagu Kesukaanmu

Keempat, yang bisa kamu lakukan adalah mendengarkan lagu kesukaan. Taylor Swift, Harry Styles, Adele, Paramore, atau apapun yang kamu sukai! Biasanya ada beberapa orang yang fokus ketika mendengarkan lagu kesukaannya. Mungkin kamu salah satunya nih, Sunner! Dengan mendengarkan lagu kesukaan, mood belajar dijamin menjadi naik dan bagus, nih. Tetapi, perlu diingat, jangan dengarkan lagu saat gurumu sedang memberi penjelasan, ya! Sunners bisa dengarkan lagu dari artis-artis kesayanganmu untuk menemani mengerjakan tugas atau di waktu istirahat.

tips mengendalikan mood saat sekolah daring dengan mendengarkan lagu

Dengar lagu dari artis kesayanganmu untuk menaikkan mood belajar, pict by canva.com

5. Luangkan Waktu Beristirahat

Terakhir, istirahat tiap 1 jam! Jangan paksakan dirimu untuk berlarut-larut belajar dan menghadap laptop! Nantinya kamu justru pusing dan stres sendiri. Sebab itu, istirahatkan diri tiap 1 jam, ya. Silakan menghibur diri dengan menonton tv, main game, berselancar di media sosial, atau apapun. Setelah 1 jam berlalu, langsung lanjutkan belajarmu, ya! Jangan ditundah-tunda, agar kamu tidak lupa dan asik main dibanding belajar.

Itu tips yang bisa Mimin bagi kepada kalian, Sunners. Walaupun belajar dari rumah, bangun suasa agar tidak buat kamu jenuh, ya! Bagaimanapun cara belajarmu, lakukan senyaman mungkin asal tidak mengganggu berlangsungnya kegiatan belajar mengajar.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 493
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?