WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Mengatur Keuangan Bulanan Untuk Anak Kost

Sebagai anak kost pada dasarnya kita dilatih untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri, kita harus mengatur segala sesuatu sendiri dan harus bisa mengatur keuangan sendiri. Mengatur keuangan akan ada tantangannya tersendiri, bagaimana caranya bertahan sampai akhir bulan. Hidup ngekos memang menghadirkan cerita tersendiri. Dengan kondisi yang seperti ini mau tidak mau harus belajar hemat. dan ini juga akan menjadi bekal di masa mendatang.

Berikut rahasia mengatur keuangan bulanan dengan baik:

1. Catat perkiraan pengeluaran 1 bulan ke depan

Mencatat perkiraan pengeluaran sangat penting untuk dilakukan agar uang yang dikeluarkan lebih tertukstur penggunaannya. Mulai dari bahan makanan apa yang ingin dibeli hingga berapa pengeluaran maksimal yang akan dikeluarkan setiap harinya. Dengan demikian, akan lebih mudah mengatur keuangan setiap bulannya. Buat daftar pengeluaran yang gak melebihi uang saku dari orang tua. Segera sisihkan uang untuk hal terpenting, seperti bayar kost, uang kuliah, listrik, dan belanja bulanan.

2. Beli sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan

Sering sekali uang yang keluar bukan karena kebutuhan, melainkan keinginan. Jadi kita harus mengesampingkan keinginan-keinginan kita. Untuk menghemat keuangan maka stok lah bahan makanan seperti telur, mie, dan makanan cepat saji lainnya untuk menghindari pembelian makanan di luar. jangan lupa juga membeli sayur-sayuran dan buah-buahan.

3. Hindari membeli makanan di luar, usahakan masak sendiri

Tidak sedikit anak kost yang lebih memilih membeli makanan diluar dan malas untuk memasak.  Coba bayangkan, jika kamu membeli makanan diluar untuk harga 1 porsi 15 ribu dengan hitungan 3 kali makan maka kamu menghabiskan 45 ribu dalam sehari. Berbeda jika kamu memasak sendiri, kamu hanya membeli bahan-bahan yang ingin dimasak dan pastinya kamu bisa lebih hemat.

4. Batasi diri untuk Nongkrong

Kita pasti mempunyai teman, jadi tidak jarang kita selalu diajak keluar oleh teman seperti nongki-nongki, healing, main ke mall dan tempat lainnya. namun kita harus mengingat bahwa kita memiliki keterbatasan uang. kita harus membatasi dan menahan diri dari hal-hal tersebut. 

5. Ingat Menabung

Usahakan jatah bulanan kamu sisihkan untuk ditabung. uang yang kamu tabung itu sangat berguna bila dalam keadaan darurat. Jangan lupa juga tabung uang receh. Uang receh emang gak gitu berharga kalau di awal bulan. Akan tetapi, di akhir bulan. Jadi, mulai sekarang kalau dapat kembalian receh dari minimarket atau swalayan, segera tabung. Jangan dibiarkan tercecer.

6. Jatah uang yang kamu pegang per hari

Bawa uang pas-pas an , jangan lupa sisihkan uang transportasi yang dibutuhkan per hari. misalnya ongkos pp (pulang pergi) 20 k, untuk mengantisipasi lapar dan haus 20 k, dan 10k hal yang tidak terduga. Jadi 50 k yang akan kamu bawa saat keluar atau ke kampus. jika bersisa kamu masih bisa gunakan besok.

7. Cari tempat makan level mahasiswa

Tanpa disadari uang sering habis karena sering makan atau sekadar nongkrong di tempat mahal. harus pandai mengatur keuangan. gimana uangnya nggak habis, sedangkan kerjaan makan ditempat mahal. Pilih tempat makan yang murah yang emang buat mahasiswa. Intinya, jangan sampai kamu di akhir bulan harus makan mie instan setiap hari.

8. Kurangi beli air mineral botol saat ke luar kosan

Usahakan harus bawa tumbler sendiri. daripada harus beli dan mengeluarkan uang, kita tidak tahu berapa jam lagi bakal haus, jadi usahakan bawa tumbler sendiri biar lebih hemat. 

9. Hindari kegiatan kurang penting

Rekreasi boleh tapi jangan sering-sering. tidak cuma menghabiskan uang saku, waktu juga akan terbuang begitu saja. Selain makan, kegiatan kurang penting juga turut bikin uang saku kamu terkikis. Contohnya, nonton bioskop setiap minggu, ikut nongkrong di mall bareng teman-teman, atau jalan-jalan.

Setiap orang akan mendapat uang bulanan dengan jumlah nominal berbeda-beda. Ada yang 1.000.000/bln, ada yang lebih dari itu bahkan ada yang kurang. Jadi bagaimana caranya kamu bisa mengatur keuanganmu dan masih bertahan sampai akhir bulan atau mungkin sampai bulan berikutnya sambil menunggu kiriman uang bulanan. 

Nah, itulah beberapa rahasia yang bisa digunakan untuk menghemat dan mengatur pengeluaran setiap bulannya. Yuk, mari bersama-sama menjadi anak kost yang mandiri dan mampu mengelola pengeluaran sebaik-baiknya.

Penulis: M.W.Rosetta – UKI

Leave A Comment