WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Mengatasi Rasa Tidak Suka Terhadap Matematika

Matematika adalah salah satu pelajaran yang paling banyak tidak disukai oleh kebanyakan orang khususnya pelajar, bagi mereka Matematika adalah mimpi buruk dan pelajaran yang ingin mereka hindari. 

            Namun sebenarnya, apa sih yang menjadi alasan kebanyakan siswa tidak menyukai pelajaran Matematika? Berdasarkan pencarian dari berbagai sumber 3 alasan ini adalah alasan paling banyak mengapa kebanyakan siswa tidak menyukai Matematika. Alasan yang pertama adalah dikarenakan metode pelajaran yang membosankan padahal Matematika sendiri bukanlah pelajaran yang dapat langsung dimengerti, di dalam proses untuk mengerti tersebut tak jarang siswa sudah merasa jenuh duluan dan menjadi malas untuk belajar.

            Alasan yang kedua adalah guru yang terlalu serius dan galak yang membuat proses belajar semakin jenuh, ada banyak stereotip yang menganggap bahwa guru Matematika pasti galak sehingga membuat nyali ciut duluan untuk belajar bahkan takut untuk bertanya saat ada materi yang tidak dipahami. Alasan yang ketiga adalah terkadang kita tidak nyambung atau mengerti pelajaran Matematika itu sendiri, sehingga kita malas dan tidak menyukai Matematika itu sendiri, hal ini adalah hal yang paling sering terjadi di kalangan pelajar karena tidak menutup kemungkinan karena kita merasa sudah tidak mengerti kita menjadi malas untuk belajar materinya selanjutnya. 

           Alasan yang ketiga ini adalah alasan yang paling banyak kita temui, karena banyak siswa mengaku bahwa alasan mereka tidak menyukai pelajaran matematika adalah karena materinya yang sulit sehingga merasa malas dan lelah untuk mempelajarinya. Mereka juga mengaku bahwa setelah mereka memahami pelajaran itu sendiri, pelajaran matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan dan sangat menyenangkan. Oleh karena itu, saya juga akan memberikan tips untung mengatasa rasa tidak suka terhadap pelajaran matematika.

           Namun sebelum saya memberikan tips kepada kalian tentu hal yang terpenting adalah keniatan, apabila ada keniatan untuk mau mulai menyukai pelajaran ini saya yakin pasti ada hasilnya, karna perlu diketahui bahwa tidak ada hal yang instan di dunia ini, bahkan mie saja harus direbus terlebih dahulu. Selain itu kamu harus menghapus stereotip di dalam dirimu bahwa kamu tidak bisa mempelajari pelajaran ini, mulailah secara perlahan dan jangan terlalu memaksakan diri namun kamu juga tidak boleh pantang menyerah, mulailah dari hal yang paling sederhana yaitu memperhatikan gurumu saat ia mengajar.

Wanita Menulis Di Papan Tulis

        Hal ini juga perlu diperhatikan bagi para pengajar karena hal ini juga tak bisa berjalan secara sepihak. Kita harus membuat metode pelajaran semenarik mungkin dan mau secara sabar menuntun siswanya karena tidak semua siswa memiliki kemampuan untuk mengerti secara merata. Nah jadi gimana, apakah kamu masih membenci Matematika? Yuk belajar bersama-sama!

Penulis : Keisha Natalie Denny 10IPS2/18 – SMAK Penabur Summarecon Bekasi

Leave A Comment