Majalah Sunday

Tips Mengatasi Rasa Tidak Suka Terhadap Matematika

Penulis: Keisha Natalie Denny – SMAK Penabur Summarecon Bekasi
Editor: Afifah Putri Utami – UNJ

Sunners salah satu orang yang suka Matematika nggak nih? Matematika adalah salah satu pelajaran yang paling banyak tidak disukai oleh kebanyakan orang khususnya pelajar. Bagi mereka, Matematika adalah mimpi buruk dan pelajaran yang ingin mereka hindari. Kira-kira apa ya yang menjadi alasan orang-orang tidak suka Matematika dan bagaimana cara mengatasinya?

Apa Alasan Orang-Orang Tidak Suka Matematika?

Berdasarkan pencarian dari berbagai sumber, 3 alasan ini menjadi alasan teratas penyebab dari mengapa kebanyakan siswa tidak menyukai Matematika. Yuk, cari tahu sama-sama dengan membacanya di bawah ini.

1. Metode Pembelajaran Membosankan

Alasan yang pertama adalah dikarenakan metode pelajaran yang membosankan, gimana, Sunners? Apakah kamu setuju dengan alasan ini? Padahal Matematika sendiri bukanlah pelajaran yang dapat langsung dimengerti, di dalam proses untuk mengerti tersebut tak jarang siswa sudah merasa jenuh duluan dan menjadi malas untuk belajar.

Hal ini disebabkan karena banyaknya rumus dan angka yang digunakan dalam proses pembelajarannya. Kalau sudah lihat banyak rumus dan angka, membuat rasa jenuh meningkat dan nggak jarang rasanya mau cepat pulang ke rumah.

Metode pembelajarannya cenderung membosankan, jadi murid cepat jenuh, pict by canva.com

2. Guru Terlalu Serius Saat Mengajar

Guru yang terlalu serius dan galak terkesan membuat proses belajar semakin jenuh. Ada banyak stereotip yang menganggap bahwa guru Matematika pasti galak sehingga membuat nyali ciut duluan untuk belajar bahkan takut untuk bertanya saat ada materi yang tidak dipahami. Rasa takut itu akhirnya menumpuk dalam diri seseorang. Karena ragu bertanya, alhasil membuat pemahaman Sunners jadi berkurang.

3. Memang Tidak Mengerti Matematika

Terkadang kita tidak mengerti pelajaran Matematika itu sendiri, sehingga kita malas dan tidak menyukai Matematika. Tau nggak sih, Sunners? Hal ini adalah hal yang paling sering terjadi di kalangan pelajar karena tidak menutup kemungkinan ketika kita merasa sudah tidak mengerti, kita menjadi malas untuk belajar materinya selanjutnya. 

Alasan yang ketiga ini adalah alasan yang paling banyak kita temui. Banyak siswa mengaku bahwa alasan mereka tidak menyukai pelajaran matematika karena materinya yang sulit sehingga merasa malas dan lelah untuk mempelajarinya. Tetapi, setelah mereka memahami pelajaran Matematika, pelajaran ini menjadi pelajaran yang menyenangkan dan mereka tunggu-tunggu. Jadi, Mimin mau memberikan tips untuk mengatasi rasa tidak suka terhadap pelajaran Matematika.

terllau banyak angka membuat banyak yang tidak suka terhadap matematika

Banyak yang tidak suka dengan Matematika karena berkaitan dengan rumus dan angka, pict by canva.com

Mengatasi Rasa Tidak Suka Terhadap Matematika

  1. Niat. Jika Sunners ada keniatan untuk mau mulai menyukai pelajaran ini, Mimin yakin pasti ada hasilnya. Tidak ada hal yang instan di dunia ini, jadi tidak ada salahnya jika harus berusaha belajar dengan tekun.
  2. Hapus stereotip di dalam diri Sunners bahwa kamu tidak bisa mempelajari pelajaran ini. Mulailah secara perlahan dan jangan terlalu memaksakan diri. Tetapi, Sunners juga tidak boleh pantang menyerah, mulailah dari hal yang paling sederhana seperti memperhatikan gurumu saat sedang mengajar.

Selain faktor dari siswa, guru atau pengajar juga perlu memperhatikan hal-hal yang menjadi penghambat pembelajaran. Buatlah metode pelajaran semenarik mungkin dan mau secara sabar menuntun siswanya karena tidak semua siswa memiliki kemampuan untuk mengerti secara merata.

Bagaimana, Sunners? Kamu masih membenci Matematika? Nggak masalah kalau butuh waktu lama untuk mengerti materi Matematika, selagi Sunners mau terus belajar itu luar biasa! Jangan berhenti untuk terus belajar, ya, Sunners.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 518
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?