Majalah Sunday

Tips Mengatasi Insecure
Agar Lebih Percaya Diri

Penulis: Chelvin Finakat Molama – Universitas Kristen Indonesia

Pernahkah kamu merasa tidak percaya diri ketika bertemu dengan orang baru atau harus berada di atas panggung di hadapan banyak orang? Atau kamu sering merasa tidak layak jika dipercaya sesuatu? Hal tersebut adalah contoh dari insecure dan kamu perlu memahami tips mengatasi insecure.

Sebelum Mengatasi Insecure, Kita Cari Tahu Dulu Yuk Pemahamannya

Insecure itu perasaan nggak aman atau nggak pede sama diri sendiri atau hal-hal di sekitar kita. Misalnya, kita merasa nggak cantik atau ganteng, nggak pintar, nggak kaya, nggak populer, atau nggak disayang sama orang lain. Insecure bisa bikin kita jadi cemburu, iri, minder, atau bahkan depresi. Insecure juga bisa bikin kita jadi nggak bisa menikmati hidup dan bersyukur dengan apa yang kita punya.

Penyebab insecure bisa macam-macam, tergantung dari pengalaman dan kepribadian kita. Bisa jadi karena kita pernah mengalami trauma, penolakan, kekerasan, atau intimidasi. Bisa juga karena kita terlalu membandingkan diri kita dengan orang lain yang lebih sukses, cantik, ganteng, atau bahagia. Atau bisa juga karena kita terlalu mendengarkan kritik atau komentar negatif dari orang lain yang bikin kita merasa nggak berharga.

Malu saat bertemu orang baru atau sering merasa gak layak? Hal tersebut adalah contoh insecure dan kamu perlu tau cara mengatasi insecure!

Apakah Kamu Sudah Bisa Mengatasi Insecure dalam Dirimu?pict by canva.com

Yuk Kita Mengatasi Insecure Dalam Diri Kita

Perasaan insecure atau kurang percaya diri karena kondisi fisik adalah pengalaman yang mungkin sulit. Kondisi ini akan berpengaruh pada kegiatan sosial kami misalnya di lingkungan rumah bahkan sampai sekolah. Namun, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi perasaan ini dan membangun rasa percaya dirimu.

Terima Diri Sendiri

Langkah pertama adalah menerima diri kamu apa adanya, Sadari bahwa setiap orang memiliki keunikan dan keistimewaan. Cobalah lihat diri kamu dari sisi positif dan berhenti membandingkan diri dengan orang lain.

Fokus pada Pengembangan Diri

Alihkan perhatian kamu dari hal-hal yang kamu anggap negatif atau kurang ideal pada kondisi fisikmu.  Fokuslah pada hal-hal positif yang kamu miliki, seperti kemampuan, kepribadian, dan prestasi.

Lakukan Self Talk

Jangan biarkan pikiran negatif menguasai Anda. Gantilah pikiran-pikiran kritis dengan kata-kata yang penuh kasih sayang dan positif pada dirimu. Berbicara kepada diri sendiri seperti Anda akan berbicara kepada teman baik dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri.

Jauhi Media Sosial yang Merugikan

Seringkali, media sosial dapat memperkuat perasaan insecure dengan membandingkan diri dengan gambar-gambar yang sering kali diedit dan direkayasa. Jika media sosial membuat kamu merasa lebih buruk, pertimbangkan untuk mengurangi waktu yang kamu habiskan di sana.

Praktikkan Self Care

Mengalihkan perhatian ke perawatan diri dapat membantu kamu merasa lebih baik tentang diri sendiri. Melakukan hal-hal yang kamu nikmati, seperti membaca buku, bermain musik, atau meditasi, dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan rasa percaya diri.

Malu saat bertemu orang baru atau sering merasa gak layak? Hal tersebut adalah contoh insecure dan kamu perlu tau cara mengatasi insecure!

Semangat ya dalam mengatasi rasa insecure, pict by canva.com

Mengatasi perasaan insecure karena kondisi fisik adalah proses yang membutuhkan waktu dan usaha. Ingatlah bahwa kamu layak mencintai dan merasa percaya diri tanpa harus sempurna secara fisik.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 232
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?