WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Bakat

Ngomong-ngomong ini udah masa try out dan sebentar lagi menuju Ujian Nasional, iya nggak sih? Setelah itu terbitlah masa lulus sekolah.

Nah! Sunners pasti bingung nih, yang harus kamu persiapankan untuk memilih jurusan kuliah yang sesuai minat dan bakat kamu, nggak ikut-ikutan temen gitu lhooo, Nooo! Masa depan kamu gak bisa ditentukan dengan ikut-ikutan teman.
Untuk siswa-siswi memilih jurusan kuliah itu mungkin bisa dibilang menjadi hal yang membingungkan, nggak mudah, bikin lebih galau siswa-siswi daripada mantan punya pacar baru hehe, ya kan? Apa aja ya kira-kira tips untuk memilih jurusan sesuai minat dan bakat, Sunners? Nah! Simak dan catat ya!

1. Cari tahu minat dan bakat diri

Mengetahui minat dan bakat tidak hanya soal memilih jurusan kuliah saja lho, tetapi ini bisa kamu jadikan sebagai pengenalan lebih lanjut terhadap diri kamu sendiri. Coba telusuri lebih lanjut mengenai hal-hal tentang diri kamu, seperti kegiatan yang kamu sukai dan pahami secara cepat , mata pelajaran yang kamu sukai dan dapat dikerjakan secara mudah dan ringan. Atau ada beberapa tips nih dari mimin untuk meyakinkan minat dan bakat kamu! Kalau kamu masih bingung, galau, dan sedih karena masih belum tau, kamu bisa lhooo komunikasikan dengan orang tua atau guru BP/BK kamu di sekolah.

2. Memilih jurusan kuliah berdasarkan bakat

Masa perkuliahan tidak hanya berjalan selama 2-3 minggu lalu bisa kamu tinggalkan seenaknya lhooo. Masa perkuliahan dapat berjalan selama 3-4 tahun tergantung dengan strata yang kamu pilih. Jika kamu memilih jurusan perkuliahan disertai dengan bakat terdapat satu atau beberapa hal yang membuat kamu merasa selalu mudah dalam melakukan sesuatu hal nanti saat masa perkuliahan. Dan fakta terutamanya yaitu, bakat dapat memunculkan minat seiring berjalannya waktu lhoo! Misalnya, kamu punya bakat dalam bidang olahraga saat masa sekolah, tidak ada salahnya jika kalian mengambil jurusan olahraga saat masa perkuliahan.

3. Memilih jurusan kuliah berdasarkan minat

Jika alasan kamu memilih jurusan tersebut hanya untuk ikut-ikutan teman, tetapi tidak cocok dengan dirimu itu dapat membuat bosan dan cepat lelah lalu mengeluh setiap hari. Tetapi jika kamu memilih jurusan perkuliahan disertai dengan minat terdapat satu atau beberapa hal yang membuat kamu terus selalu bersemangat dan tidak cepat lelah, sekalipun nantinya kamu akan melewati masa-masa sulit saat kuliah.

4. Memilih jurusan kuliah berdasar minat dan bakat

Tanamkan pada diri kamu bahwa minat dan bakat dalam urusan hal perkuliahan harus kamu prioritaskan. Minat dan Bakat adalah modal utama dan perangkat paling penting untuk kamu mendalami dan meresapi ilmu-ilmu yanh diajarkan saat kuliah nanti lhoo! Tetapi tiada yang lebih penting terutama restu dari orang tua kamu, lebih baik bicarakan apa keinginan kamu dengan orang tuamu lalu beri alasan yang meyakinkan agar kalian diberi kepercayaan untuk memilih jurusan yang kamu pilih. eits ada 1 lagi keuntungan memilih jurusan sesuai minat dan bakat yaitu akan membuat kamu nyaman dan tentram saat menjalani masa kuliah. Dijamin top abesz deh!

Nah, kalau kamu masih tertarik untuk memilih jurusan seusai ikut-ikutan teman atau sudah berubah pikiran untuk memilih jurusan berdasarkan minat dan bakat kamu? Komen di bawah ya! Dan kalau ada yang ingin ditanyakan atau ada yang ingin curhat bisa langsung menuju kolom komentar lhoo!

Leave A Comment