Majalah Sunday

Tips Jogging dengan Benar Bagi Pemula

Penulis: Patrisius Alfin, Universitas Kristen Indonesia

Jogging merupakan salah satu bagian olahraga lari santai yang bermanfaat buat kesehatan tubuh jika dilakukan secara rutin. Olahraga ini sangat simpel dan memberikan beberapa manfaat yang diperoleh, yaitu dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, dapat membakar kalori dalam tubuh, menurunkan berat badan, dan dapat meredakan stres. Ingin memulai jogging? Berikut adalah tips atau cara jogging dengan benar bagi pemula!

Udah mau masuk sekolah dan takut dibilang gendutan? Jogging aja! Baca deh tips jogging dengan benar biar kamu makin sehat dan terlihat fresh!

Udah mau masuk sekolah dan takut dibilang gendutan? Jogging aja! Pict by canva.com

Tips Jogging dengan Benar #1: Gunakan Sepatu Yang Nyaman di Kaki

Sebelum melakukan jogging, pastikan kalian menggunakan sepatu yang nyaman dan layak digunakan untuk berlari. Selain dari faktor kenyamanan, pemilihan sepatu yang tepat juga dapat menurunkan risiko terjadinya cedera.

Tips Jogging dengan Benar #2: Gunakan Pakaian Olahraga Yang Nyaman

Pakaian merupakan atribut yang sangat penting bagi semua orang. Dalam konteks jogging, pakaian perlu diperhatikan karena akan mempengaruhi kenyamanan dalam melakukan bergerak. Kenakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan bahan ringan. 

Jika kalian tipe orang yang mudah keringat, maka kalian perlu menyiapkan handuk kecil yang bisa dibawa sambil lari. Gunakan celana berdasarkan kebutuhan, artinya tidak ada ketentuan khusus dalam menggunakan celana (pendek atau Panjang), tapi secara khusus untuk wanita disarankan untuk menggunakan celana Panjang (legging) supaya terlihat lebih elegan.

Tips Jogging dengan Benar #3: Pastikan Nutrisi dan Energi Mumpuni

Sebelum jogging pastikan kalian memiliki tenaga yang cukup. Berdasarkan yang disarankan, jogging yang baik adalah ketika dilakukan dengan durasi 1-2 jam. Karena dilakukan dengan waktu yang cukup lama, maka kestabilan fisik perlu diperhatikan sebelum melakukan jogging.

Untuk mendukung tenaga yang mumpuni, konsumsilah makanan bernutrisi yang mengandung karbohidrat kompleks dan minum air sewajarnya untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Hindari makanan berminyak dan makanan yang mengandung serat tinggi ketika ingin jogging. Makanan dapat dikonsumsi kurang lebih 3 jam sebelum jogging.

Tips jogging dengan benar berikut akan membantu kamu agar tidak mudah keselo saat jogging!

Tips berikut akan membantu kamu agar tidak mudah keselo saat jogging! pict by canva.com

Tips Jogging dengan Benar #4: Awali Dengan Pemanasan

Pemanasan sebelum jogging sangat penting dilakukan. Tujuannya untuk menghindari cedera, kaki keseleo, otot kram. Pemanasan dapat dilakukan 5-15 menit.

Tips Jogging dengan Benar #5: Berjalan Terlebih Dahulu

Meskipun ini adalah lari, tidak semata-mata olahraga ini dilakukan dengan lari secara langsung. Baik nya diawali dengan berjalan secara perlahan-lahan. Jika sudah 1 menit, langkah jalannya bisa dipercepat, kemudian mulailah jogging dengan lambat.

Tips Jogging dengan Benar #6: Atur Pernapasan dan Langkah

Bernapas merupakan proses menghirup dan mengeluarkan udara yang terjadi lewat alat pernapasan. Dalam jogging, pengaturan pernapasan perlu disesuaikan dengan ritme langkah ketika berlari. 

Ketika sudah mulai merasa lelah, kalian dapat memperlambat langkah dan mengatur pernapasan. Sambil berlari, tarik napas secara perlahan melalui hidung kemudian buang lewat mulut, lakukan secara berulang. Dengan demikian, proses pernapasan kalian akan Kembali normal.

Tips Jogging dengan Benar #7: Lakukan Peregangan

Ketika jogging selesai, kalian bisa mengakhirinya dengan berjalan santai sekitar 2 menit. Setelah itu, lakukan peregangan dan pendinginan sebelum mengakhiri semua olahraga. Tujuan dari peregangan adalah memulihkan otot, menurunkan panas badan, menstabilkan pernapasan dan tentunya untuk menghindari terjadinya cedera.

Jadi, Kapan Mau Menjalankan Tips Jogging Dengan Benar di atas?

Jadi, kapan mau menjalankan tips di atas? pict by canva.com

Hari ini adalah saat yang tepat untuk menjaga kesehatan. Sudah waktunya untuk memulai hidup sehat, tidak ada kata terlambat jika ada niat. Demikian tips yang Mimin bagian kepada kalian, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tips Jogging dengan Benar

Sepatu nyaman untuk jogging hanya disini

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 219
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?