WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Fokus Belajar Untuk Masuk Universitas Impian

Sumber Gambar : Pixabay

Hello sunners! Ketika kalian sudah duduk dibangku SMA kelas 3 pasti kalian sudah mempunyai rencana untuk masuk kuliah di PTN (Perguruan Tinggi Negeri

Ketika kalian merasa sulit untuk fokus belajar untuk berjuang masuk PTN yang diinginkan, jangan khawatir Sunners karena ada beberapa tips untuk belajar dengan fokus agar kalian dapat masuk di PTN yang kalian inginkan.

Ketika kalian sudah berusaha sebaik mungkin, semuanya pasti ada jalan yang bisa ditempuh untuk meraih impian.

Yuk simak beberapa tipsnya…

  • Percaya Diri

Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk bisa lolos di PTN adalah yang sifatnya mentalistic, yakni rasa percaya diri. Tak peduli sehebat apapun kamu, jika tak memiliki rasa percaya diri, maka peluang untuk gagal masih sangatlah besar. Kebanyakan, orang yang tak punya rasa percaya diri selalu kalah dari orang yang percaya diri. Dan ini berlaku di setiap lini, termasuk jika kalian ingin masuk PTN.

Jadi, tanamkan di kepala selalu bahwa semua peserta memiliki peluang yang sama untuk masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yang diinginkan dan menjadi favorit banyak orang.

 

  • Waktu Belajar Efektif pada Pagi Hari

Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan fokus belajar kamu ketika sedang tidak fokus untuk belajar. Kalau kamu masih lesu karena mengantuk, coba deh berjemur sebentar sebelum belajar. Sinar matahari pagi dapat membantu me-reset jam biologis tubuh kita sehingga dapat membuat kita lebih bersemangat lagi dalam menjalani aktivitas. Selain bisa membuat kamu bersemangat dan fokus belajar, waktu belajar efektif pada pagi hari juga bisa membantumu lebih cepat menguasai materi baru. Apalagi, kalau kamu sedang mempersiapkan belajar ujian di hari itu, memori jangka pendek otak kamu sedang berada di masa keemasannya. Jadi, kamu bisa lebih mudah mengingat materi

 

  • Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Pada pagi hari, energi tubuh kita masih super-fresh sehingga otak kita lebih cepat berkonsentrasi dan menyerap materi pelajaran. Kamu menjadi lebih mudah terfokus pada hal-hal penting, termasuk belajar. Kemampuan analisis dan kreativitas kamu juga sedang berada di puncaknya pada jam-jam 6 hingga 9 pagi.

 

  • Minim Gangguan Belajar

Secara umum, pagi hari menjadi waktu paling awal untuk memulai aktivitas. Karena hari baru dimulai, gangguan belajar akan lebih sedikit dibandingkan waktu lain. Contohnya, tubuh kamu masih bugar, otak kamu masih fresh, dan mental kamu masih stabil tanpa gangguan overthinking apa pun. Kondisi seperti ini bisa membantumu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

Penulis : Zahara Salsabila | PoliMedia

Leave A Comment