Majalah Sunday

Tips Agar Bisa Masuk Kuliah
Jurusan Farmasi

Penulis: Lia Kurianingsih – Universitas Tama Jagakarsa
Editor: Imani – UNJ

Sunners, buat kamu yang penasaran atau berminat dalam dunia farmasi, mau tahu gimana caranya? Pasti kalian pada penasaran bukan adakah bekal tertentu yang harus kamu siapkan buat masuk kuliah jurusan farmasi? Yuk, kita simak bareng-bareng!

Kuliah di jurusan farmasi, gimana caranya?

kuliah farmasi
Lulusan jurusan farmasi bisa menjadi apoteker nantinya, pict by canva.com

Berkuliah di jurusan farmasi tidak membuat kamu harus punya bekal pengetahuan dasar farmasi yang kamu dapatkan saat sekolah. Hal paling penting yang harus kamu perhatikan adalah persiapan yang matang. Persiapan akademis, fisik, dan mental adalah hal-hal yang harus kamu lakukan agar bisa lolos di tahap ujian kuliah jurusan farmasi.

Hayo, persiapan kalian sudah sampai mana nih? Tetap semangat ya, Sunners!

Persiapan dan persyaratan umum jurusan farmasi

Adapun beberapa persiapan dan persyaratan umum yang diberikan oleh kampus untuk para calon mahasiswa barunya. Mau tahu apa saja? Ini dia!

kuliah farmasi
Jangan lupa belajar untuk persiapan ujian nanti, pict by canva.com

1. Kuatkan niat dan aktif mencari info

Ini dia yang harus kamu siapkan matang-matang, yaitu niat! Kalau tidak ada niat yang kuat, pembelajaran kamu nantinya akan menjadi sia-sia. Selain niat, kamu juga harus aktif mencari informasi seputar perkuliahan di jurusan farmasi agar kamu dapat gambaran bagaimana kuliahnya nanti.

Oh iya, kalian juga bisa mencari universitas dengan jurusan farmasi yang akreditasinya minimal B untuk tempat kamu melanjutkan jenjang pendidikan nanti. Selain itu, kamu juga bisa memilih universitas yang cocok dengan budget kamu.

2. Tes buta warna

Kalau kamu mau belajar di jurusan farmasi, kamu harus lolos di tes yang satu ini. Proses tes ini umumnya dilakukan di instansi kesehatan, bisa di rumah sakit atau klinik kesahatan terdekat.

Mengapa wajib lolos tes buta warna? Karena konsep pembelajaran farmasi nantinya akan mengidentifikasi warna dari beragam zat aktif. Oleh karena itulah, kamu harus lolos tes ini agar tidak kesulitan membedakan warna saat sudah mulai kuliah nanti.

3. Memenuhi nilai passing grade

Nah, jangan lupakan tentang passing grade ya Sunners! Setiap kampus memiliki passing grade yang berbeda-beda, di mana kamu wajib melampaui passing grade tersebut untuk bisa masuk ke kampus impian kamu.

Ada berbagai macam bentuk persiapan akademik yang bisa lakukan, seperti mengikuti bimbingan belajar, rajin belajar secara mandiri, rajin mengerjakan latihan-latihan soal, mengikuti try out ujian masuk perguruan tinggi, dan lain sebagainya.

Jadi begitulah Sunners tips agar bisa lolos ujian untuk bisa masuk ke jurusan farmasi. Semoga bermanfaat ya, dan good luck!

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 966
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?