WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Agar Bisa Masuk Kuliah Farmasi

Sunners, buat kamu yang penasaran atau minat dalam dunia farmasi.

Dan ingin tahu bagaimana sih cara masuk Universitas Farmasi, pasti dari kalian banyak yang penasaran seperti apa masuk Universitas Farmasi apakah harus ada bekal sekolah farmasi ? atau yang belum pengalaman dalam farmasi bisa masuk di Universitas Farmasi ? yuk kita simak bareng-bareng.

Pharmacists holding bottles with antibiotic pills, vitamins, drugs, thermometer, ointment tube. vector illustration for drugstore, medical store, pharmacy, pharmaceutical business concept Free Vector

Pada dasarnya apa bila kamu memang tidak ada basic dalam farmasi atau pada saat masih sekolah kamu jurusan SMA, SMK dsb. Asal  kamu ada minat dan berusaha melakukan persiapan yang matang, kamu bisa masuk Universitas Farmasi karena menjadi apoteker tidak semudah itu banyak hal yang harus kamu persiapkan termasuk saat mengajukan pendaftaran ke kampus. Ada beberapa persiapan yang bisa kamu pelajari seperti persiapan akademis, persiapan fisik, dan juga tak kalah penting adalah persiapan mental.

Woman In White Laboratory Gown

Ada beberapa persiapan dan persyaratan umum  yang diberikan oleh kampus untuk para mahasiswa / I :

1. Persiapan yang perlu kamu ketahui yang pasti niat yang kuat, kalo kamu tidak ada niat yang kuat akan menjadi sia-sia dalam pembelajaran nantinya. Kamu juga harus mengetahui basic-basic yang ada dalam farmasi. Kamu harus mencari informasi seputar Universitas Farmasi (min akreditasi B). Cari universitas yang low budget tapi berkualitas (UP Bogor, contohnya)

2. Test Buta Warna

Jika kamu ingin belajar di Jurusan Farmasi kamu pun harus melampaui tes ini. Proses tes ini umumnya dilakukan di instansi kesehatan entah itu rumah sakit atau klinik kesehatan terdekat. Mengapa wajib lolos tes buta warna? Karena konsep pembelajaran mengidentifikasi warna dari beragam zat aktif. Jika kamu tidak bisa membedakan warna dengan baik, kamu akan mengalami kesulitan saat melakukan proses pembelajaran.

3. Memenuhi Nilai Passing Grade

Passing grade yang ditetapkan tiap PTN berbeda-beda, namun untuk lulus masuk jurusan ini kamu wajib melampaui passing grade tersebut. Persiapan akademis ini bermacam-macam bentuknya. Ada yang lebih cocok dengan mengikuti bimbingan belajar, ada yang lebih nyaman untuk belajar secara mandiri, mengerjakan latihan-latihan soal secara rutin, mengikuti try out ujian masuk perguruan tinggi, dan lain sebagainya.

 

Dari beberapa tips yang kami infokan semoga bermanfaat untuk Sunners, dan kamu bisa menentukan Universitas Farmasi yang kalian sukai. Good luck!!!

Penulis : Lia Kurianingsih – Universitas Tama Jagakarsa

Leave A Comment