Majalah Sunday

Timbulnya Maskne dan
Cara Ampuh Mengatasinya

Penulis: Angelia – Universitas Bunda Mulia
Editor: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan 

Timbulnya maskne menjadi masalah kulit populer di awal tahun 2020. Maskne diambil dari kata “mask” dan “acne” yang artinya jerawat yang muncul akibat pemakaian masker. Sejak pandemi Covid-19 masker merupakan hal yang wajib untuk digunakan. Kebiasaan tersebut ternyata berlangsung hingga hari ini, guna mencegah kita dari berbagai kotoran penyebab penyakit. Timbulnya maskne akibat penggunaan masker biasanya ditandai dengan munculnya jerawat di area pipi, dagu, dan area wajah lainnya yang tertutup masker

Penyebab timbulnya maskne tergantung pada tingkat sensitivitas kulit seseorang.  Biasanya, kondisi maskne akan lebih rentan terjadi pada pemilik wajah sensitif dan berminyak. Pada umumnya, timbulnya maskne disebabkan oleh bakteri, debu, dan kotoran yang menumpuk, sehingga membuat pori-pori tersumbat. Selain itu, kelembapan yang disebabkan oleh nafas dan keringat juga mempercepat tumbuhnya bakteri dan meningkatkan risiko munculnya jerawat.

Cara Mudah Mengatasi Timbulnya Maskne

sebelum memakai masker, pastikan kulit wajah bersih

Hal paling penting dalam mengatasi timbulnya maskne adalah cuci dan bersihkan wajah dari sisa kotoran dan minyak. Pastikan wajah sudah bersih total dari kotoran sebelum mulai beraktivitas seharian menggunakan masker ya, Sunners

ganti dan cuci masker

Salah satu cara mengatasi jerawat maskne adalah dengan mengganti dan mencuci masker secara berkala, terutama saat kondisi kulit pada area masker sudah mulai lembab dan tidak nyaman. Jika menggunakan masker medis sekali pakai, maka gantilah secara berkala. Namun, jika menggunakan masker kain atau masker yang reusable, jangan lupa untuk mencuci dan mengeringkan total sebelum digunakan lagi ya, Sunners.

gunakan make-up secara tipis

Cara mengatasi maskne selanjutnya adalah gunakan make-up secara tipis atau tidak sama sekali di area wajah yang tertutup masker. Sebab, penggunaan kosmetik dapat memicu bakteri masuk ke dalam pori-pori kulit dan memperparah maskne di wajah. Jika memiliki tuntutan aktivitas tertentu yang mengharuskan untuk menggunakan makeup, maka Sunners dapat memilih makeup yang ringan di wajah, seperti bedak tabur. 

setelah menggunakan masker, bersihkan wajah dengan tuntas

Sama halnya dengan sebelum memakai masker, cuci dan bersihkan wajah dengan tuntas setelah menggunakan masker juga wajib dilakukan ya, Sunners. Bersihkan wajah sesaat setelah beraktivitas di luar akan membantu menghambat bakteri yang mulai masuk ke pori-pori akibat debu dan kotoran. Sunners dapat melakukan double cleansing dengan membersihkan muka menggunakan makeup remover atau micellar water. Kemudian dilanjutkan dengan mencuci muka menggunakan sabun cuci muka yang cocok untuk kulit remaja.

tips dan cara ampuh menghilangkan maskne ini ampuh, lho Sunners

Penggunaan masker dapat menimbulkan maskne, pict by canva.com

Nah, itu dia timbulnya maskne dan cara mengatasinya. Selamat mencoba ya, Sunners. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sunners yang sedang berjuang melawan maskne. 

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 396
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?