Majalah Sunday

Threads by Instagram: Threat untuk Twitter, atau Sekadar Fenomena FOMO?

Penulis: Olivia Elena Hakim

Threads by Instagram! Rame banget semua orang mendadak hype dengan sosmed baru keluaran Meta yang satu ini. Yuk kita simak apa aja yang perlu kita ketahui soal fenomena viralnya Threads.

Threads Instagram Untuk Apa?

Threads IG adalah sebuah aplikasi pesan yang dikembangkan oleh Instagram. Aplikasi ini dirancang khusus untuk berkomunikasi dengan teman-teman terdekatmu. Dengan Threads, kamu dapat mengirim pesan teks, foto, video, dan bahkan cerita singkat kepada teman-temanmu. 

Aplikasi ini memungkinkanmu untuk tetap terhubung dengan teman-temanmu secara pribadi dan membuat percakapan yang lebih intim. Kamu juga dapat melihat status online teman-temanmu dan berbagi statusmu sendiri. Jadi, Threads adalah cara yang menyenangkan untuk berkomunikasi dengan teman-teman terdekatmu dalam lingkungan yang lebih pribadi.

 

Siapa Aja yang Udah Main Threads Instagram?

Sepemantauan Mimin sejauh ini, Threads Instagram ramai oleh orang-orang yang:

1. Punya akun Instagram

Ya, karena migrasi datanya mudah, termasuk kalau kamu punya multiple accounts. Nggah heran, soalnya Threads ini pada dasarnya bukan media sosial baru yang berdiri sendiri, melainkan lebih merupakan “perpanjangan” dari Instagram.

2. Terbiasa main Twitter juga

Terutama “barisan sakit hati” Twitter yang punya ketidakpuasan tersendiri atau pengalaman nggak enak di platform tersebut. Sebut saja salah satu influencer sekaligus penyiar radio terkenal, yang pernah kena cancel culture di Twitter. Aplikasi sosmed baru ini juga pas loh, buat mereka yang ingin pengalaman mirip kaya Twitter, tapi bukan Twitter.

3. FOMO (Fear of Missing Out)

Namanya trend baru, pasti ada juga umat-umat yang aslinya nggak paham banget atau nggak se-intens itu kebutuhan main sosmednya, tapi karena semua orang ngomongin, karena semua temennya mendadak bikin akun, karena Threads jadi bahan berita, akhirnya ikutan bikin akun biar gak kudet. 

Fitur Threads Instagram, Ada Apa Aja?

Berikut adalah beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi Threads Instagram:

– Mengirim pesan teks, foto, dan video secara pribadi kepada teman-temanmu

– Membuat grup percakapan dengan teman-temanmu

– Melihat status online teman-temanmu dan berbagi statusmu sendiri

– Menggunakan kamera untuk mengambil foto atau video dan membagikannya langsung ke teman-temanmu

– Mengatur notifikasi untuk pesan dan status teman-temanmu

– Mengaktifkan mode “Auto Status” yang akan secara otomatis membagikan statusmu berdasarkan lokasi atau aktivitasmu saat itu

– Menyimpan pesan-pesan penting ke dalam “Pesan Tersimpan”

– Menyembunyikan atau memblokir pengguna yang tidak diinginkan.

 
Thread Instagram menggguncang dunia sosmed

Kejutan dari META, kini ada Threads Instagram untuk alternatif sosmed kita,
pict by bout.Instagram.com

Jadi,  jika kamu merasa FOMO (Fear of Missing Out) karena teman-temanmu menggunakan aplikasi Threads, ingatlah bahwa tidak ada yang mengharuskanmu untuk menggunakan aplikasi tersebut. Kamu dapat memilih untuk menggunakan aplikasi tersebut atau tidak, tergantung pada preferensimu. 

Menurut kebijakan Instagram, batasan usia untuk menggunakan aplikasi Threads adalah 13 tahun ke atas. Jika kamu berusia di bawah 13 tahun, disarankan untuk tidak menggunakan aplikasi ini. Hal ini bertujuan untuk melindungi privasi dan keamanan anak-anak dari potensi bahaya online. Namun, jika kamu berusia di atas 13 tahun dan ingin menggunakan aplikasi Threads, pastikan untuk menggunakan fitur-fiturnya dengan bijak dan tetap memperhatikan privasimu.

Jangan merasa tertekan untuk mengikuti tren atau kebutuhan teman-temanmu. Yang terpenting adalah kamu tetap merasa nyaman dengan pilihanmu sendiri. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan Threads, pastikan untuk menggunakan fitur-fiturnya dengan bijak dan tetap memperhatikan privasimu. 

Selalu berhati-hati dalam berkomunikasi dengan orang di media sosial, terutama jika kamu tidak mengenal mereka secara pribadi, ya!

 

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 565
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?