WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

The 4th INAMICE 2021 : The Next Level of Branding MICE Indonesia

Program Studi MICE Politeknik Negeri Jakarta kembali mengadakan kegiatan conference secara Hybrid karena pandemi COVID-19 yang belum usai.

Kegiatan yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali ini sudah ada sejak tahun 2014, dengan nama kegiatan INAMICE. INAMICE 2021 adalah kegiatan conference tahun ke-4 dengan mengusung tema “The Next Level of Branding MICE Indonesia”. Kegiatan ini digelar, Kamis (27/5), di JS Luwansa Hotel, Jalan H. R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan dan juga secara virtual melalui Zoom Meeting.

INAMICE 2021 menghadirkan keynote speech, yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.  “Data laporan tahunan dari ASPERAPI 2020 sebanyak 239 pameran atau 90% dari seluruh pameran yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 batal dilaksanakan yang berimbas pada opportunity loss dari industry pameran sebesar 44,3 triluin rupiah sementara potential loss yang dirasakan oleh sektor ekonomi sebesar 147 triliun rupiah,” ungkapnya pada INAMICE 2021. MICE sendiri adalah bagian dari sektor pariwisata yang memiliki berbagai dampak  bagi Indonesia yang cukup besar. 

Tahun ini INAMICE 2021 membahas tiga topik penting yang pertama, Rebuild MICE Sector Towards New Era yang akan dimoderatori oleh Wisnu Budi Sulaeman selaku Badan MICE Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dengan pembicara Rizki Handayani Mustafa selaku Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang diwakilkan oleh Masruroh selaku Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan. Dalam sesi ini juga menghadirkan Mr. Mohamed Firhan Abdul Salam Ares Director Indonesia (Jakarta Office) Singapore Tourism Board.

Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk mendorong pelaksanaan kegiatan MICE di era new normal ini. Ada empat strategi, yaitu dengan menyusun panduan CHSE MICE serta melaksanakan sosialisasi panduan CHSE pelaksanaan kegiatan MICE di 5 DSP dan 16 destinasi di Indonesia, pelaksanaan aktivasi promosi MICE berupa B to B untung merangsang kembali pergerakan industry MICE, melaksanakan kordinasi dan kolaborasi dengan stakeholder MICE, dan yang terakhir melaksanakan sertifikasi CHSE fasilitas dan penunjang lainnya dalam kegiatan MICE.

Topik kedua yang tak kalah penting adalah Never Ending Collaboration Between Human Resources. Sesi ini dimoderatori oleh Andi Mohan selaku Wakil Ketua Umum DPP ASPERAPI dengan menghadirkan Muhammad Reza Abdullah President & CEO PT. Royalindo Expoduta dan Hosea Andreas Runkat selaku Ketua Umum ASPERAPI sebagai narasumber.

Dalam meningkatan kualitas SDM dalam industri MICE, langkah strategis yang diambil adalah dengan melakukan training kepada karyawan, memberikan sertifikasi profesi kepada karyawan, melaksanakan coaching berkelanjutan dengan senior atau supervisor, dan juga benchmarking

“Kami memberikan kesempatan (karyawan) untuk melakukan benchmarking baik datang ke conference lain atau datang ke pameran lain untuk belajar dan juga menemukan ide-ide kreatif,” tutur Reza. 

Untuk lebih mengoptimalkan SDM, teknologi, dan budaya Indonesia dalam pengembangan industri MICE maka strategi-strategi yang dilakukan dapat melalui seminar atau FGD, cross exposure, research, sertifikasi yang dioptimalkan agar menciptakan MICE yang sustainable , serta kearifan budaya lokal.

“Dengan kondisi seperti ini, kita lebih banyak waktu untuk merepresent industri kita masing-masing,” kata Hosea saat memberikan materi dalam conference INAMICE 2021.

Topik terakhir yaitu Regain Trust by Smart Marketing bersama Tiara Maharani Correspondent of TTG Asia Media sebagai moderator dan narasumber Budi Tirawisata Ketua Umum Indonesia Convention and Exhibition Bureau yang diwakilkan oleh Santo Widjaja serta Hendra Noor Saleh President Director of PT. Dyandra Promosindo.

Pandemi COVID-19 membuat seluruh Event Organizer untuk menunda kegiatan yang melibatkan kerumunan. Namun, para Event Organizer tidak tutup mata untuk melihat berbagai cara untuk tetap melaksanakan kegiatan. Maka terlaksanalah berbagai event yang dilakukan secara virtual dengan antusias yang positif dari masyarakat.

Pembukaan INAMICE 2021 disambut meriah dengan tarian yang bertema “Unity in Diversity” yang menampilkan tiga tarian Nusantara dari tiga daerah yang berbeda oleh SMA N 3 Cibinong.

Reporter: Erni Meiliana

Leave A Comment