WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Apa Benar Perusahaan Banyak Menerima Lulusan SMA dibanding SMK ?

Hai Sunners! Untuk kalian yang baru lulus SMP dan sedang bingung ingin melanjutkan ke jenjang SMA/SMK jangan khawatir kalian bisa lihat di artikel berikut ini LEBIH BAIK MASUK SMA ATAU SMK. Bagi kalian yang masih kebingungan dan khawatir dengan perkataan orang-orang yang katanya perusahaan banyak menerima lulusan SMA dari pada SMK apakah itu benar ? Nah mari kita bahas di artikel kali ini, simak sampai selesai ya! 

mencari lowongan kerja di tengah terbatasnya lapangan kerja dan ketatya persaingan diantara para pencari kerja saat ini memang bikin pusing. Dan pastinya akan lebih pusing lagi kalau kalian belum kenal siapa diri kamu dan menetapkan apa tujuan kamu di masa depan.

Perusahaan banyak mencari lulusan SMA atau SMK ?

Pada hakikatnya anak SMK memang dipersiapkan untuk dapat langsung bekerja  pada industri dan bidangnya. Tidak heran kalau bekal yang dibawa anak SMK lebih diberatkan pada praktik dibandingkan dengan teori.

Jadi, untuk kamu yang sekarang berstatus anak SMK bisa bernapas lega karena kalian sudah selangkah lebih maju dibanding anak SMA dalam hal kesiapan memasuki dunia kerja. Tapi, bukan berarti semua anak SMK memiliki kepastian yang hakiki dalam memilih jalan karier mereka—terutama dalam menentukan profesi seperti apa yang bisa kamu jajal di masa depan dan perusahaan seperti apa yang membutuhkan kemampuan dan pengetahuan yang kamu miliki.

Iya, cari kerja juga mirip cari jodoh, kok. Cocok-cocokan. Di masa depan, kamu punya kebutuhan untuk mencari kerja. Di sisi lain, dunia kerja punya kebutuhan tenaga kerja yang nggak cuma tersedia dalam hal jumlah, tapi juga fasih dan handal dalam bidangnya. Kalau nggak matching, nggak “jadian”, deh.

Jadi bagi kalian gak usah bingung, karena ketika kita mencari pekerjaan haruslah yang cocok dengan diri kita supaya nyaman dalam melakukan pekerjaan tersebut. Bagi anak SMK lebih diuntungkan karena semasa sekolah sudah dibekali dalam bidang jurusannya yang pasti semua yang dipelajari akan digunakan dalam dunia kerja nanti. Bagi anak SMA tidak perlu berkecil hati karena perusahaan tidak harus menerima lulusan SMK yang sudah dibekali itu, akan tetapi perusahaan mencari apa yang dia butuhkan, apabila yang dibutuhkan ada pada anak SMA, kenapa enggak ?

Berikut beberapa pekerjaan yang cocok untuk anak SMA

Customer Service

Customer service merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati lulusan SMA. Meskipun sebagian besar perusahaan cenderung mempekerjakan perempuan, sejumlah perusahaan juga memberi peluang yang sama pada laki-laki.

 

 

Penulis

Jika kamu memiliki hobi menulis, maka pekerjaan sebagai penulis sangatlah cocok. Meskipun tingkat persaingan cukup tinggi, selama kamu memiliki kemampuan dalam merangkai kata menjadi bahasan menarik, kamu akan mendapatkan peluang bagus. Belum lagi, saat ini tersedia banyak media online  yang menawarkan pekerjaan sebagai penulis lepas.

 

Input Data

Pekerjaan lain yang cocok untuk lulusan SMA adalah input data. Tugasnya memang sederhana, yakni menginput data ke dalam sistem perusahaan. Meskipun terlihat mudah, faktanya pekerjaan input data membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Pasalnya, kesalahan kecil berdampak besar pada data yang telah kamu input sebelumnya.

Asisten Pilot

Tahukah kamu banyak lulusan SMA yang tidak melanjutkan kuliah dan memilih bekerja sebagai asisten pilot? Jika kamu merupakan anak IPA, maka kamu memiliki peluang besar mendapatkan pekerjaan sebagai asisten pilot. Bahkan, kini semakin banyak maskapai penerbangan yang membuka lowongan asisten pilot dengan gaji besar. Meskipun demikian, akan lebih baik jika kamu mengikuti pelatihan sebagai asisten pilot lebih dulu.

Operator Produksi

Pekerjaan yang cocok setelah lulus SMA lainnya adalah operator produksi. Dibandingkan dengan pekerjaan lainnya, lowongan operator produksi banyak dibutuhkan. Mengingat bidang industri tengah berkembang di Indonesia, banyak pabrik baru maupun lama yang membutuhkan tenaga kerja untuk mendukung proses produksi.

 Pengajar Bimbel

Jika kamu termasuk murid berprestasi, maka kamu bisa melamar pekerjaan sebagai pengajar bimbel. Bisa juga dengan membuka jasa les mata pelajaran anak SD, SMP, dan SMA di rumah dengan tarif terjangkau.

Leave A Comment