Majalah Sunday

Temanmu Lagi Bad Mood?
Ini Dia Tips Untuk Menghiburnya!

Penulis: Halidah Sarah Pratiwi – Universitas Negeri Jakarta
Editor: Fidya Damayanti – Universitas Negeri Jakarta

Sunners punya teman yang suka bete dan mood swing? Rasanya tuh seperti kalian dicuekin padahal bukan salah kalian. Nah, kira-kira gimana ya cara buat menghiburnya? Buat kalian yang suka bingung mau menghibur teman kalian pakai cara apa biar dia gak bad mood lagi coba deh ikutin tips ini!

bad mood

Cara Menghibur Teman yang Sedang Bad Mood, pict by canva.com

Apa Itu Bad Mood?

Setiap orang tentu pernah mengalami mengalami suasana hati yang tidak menyenangkan atau kata lain sedang memiliki emosi yang tidak stabil, merasa sedang ingin marah, dan sangat mudah sedih tanpa alasan yang jelas. Sikap bad mood juga tentu saja sangatlah umum bagi setiaap orang karena bad mood adalah bagian dari perasaan yang kita alami hari-harinya. 

Perasaan ini sering kali kita jumpai di sekitar kita, seperti pasangan, teman, bahkan keluarga sendiri. Hal yang memicu munculnya bad mood juga berbagai macam seperti sedang mengalami pekerjaan yang sulit, diputusin pacar, mendapatkan komentar negatif, dan lainnya.

Ketika kita sendiri sedang mengalami bad mood, kita dapat mengatasinya dengan cara kita sendiri. Tapi, bagaimana jika temanmu yang sedang mengalami bad mood ini? karena ketika teman kita sedang mengalami suasana hati yang buruk, sebaiknya kita berhati-hatilah dalam ucapan dan tindakan yang akan kita sampaikan kepada teman kita agar tidak menyinggung perasaannya.

Nah! Untuk itu, ada beberapa tips agar kalian bisa menghibur teman kalian yang sedang dalam suasana hati yang tak baik. Simak baik-baik ya!

1. Berikan Ruang Untuk Menyendiri

Memberikan ruang kepada mereka yang sedang dalam suasana hati buruk merupakan salah satu cara agar temanmu bisa memikirkan masalahnya sejenak. Hal ini dilakukan jika temanmu sedang tidak ingin membicarakan permasalahan yang sedang ia hadapi, dan jangan dipaksa ya! Tunggu saja sampai dia ingin bercerita kepadamu.

2. Mendengarkan Curhatannya

Jika temanmu akhirnya memutuskan untuk bercerita kepadamu, maka dengarkan curhatan mereka dengan seksama dan baik. Bilang pada mereka bahwa kamu akan selalu bersamanya dan akan selalu mendengarkan cerita mereka. Berikan motivasi agar dia tak merasa sendirian.

3. Memberikan Makanan yang Disukainya

Memberika makanan kepada temanmu akan membuat dia merasa lebih baik ketika sedang bete karena makanan adalah salah satu cara untuk menghibur diri sendiri apalagi jikaa itu diberikan dari sahabatnya. Itu akan membuatnya lebih berkesan, loh! Jadi, cara ini bisa ampuh untuk menghibur temanmu.

4. Mengajaknya ke Kegiatan yang Menyenangkan

Melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama teman atau sahabat bisa membuat mood menjadi lebih baik, loh. Karena dengan kamu melakukan kegiatan bersama temanmu akan menghilangkan perasaan sedih atau pikiran yang sedang kamu pikirkan untuk semenara waktu. Pergi keluar mencari udara segar sangat membanatu temanmu  untuk menyegarkan pikirannya.

bad mood

Berpergian Bersama Teman, pict by canva.com

Nah, itu dia Sunners beberapa tips buat kalian ketika punya teman yang lagi ngambek. Kalian juga bisa melakukan tips ini secara menyeluruh ataupun salah satu saja ya! Semoga bermanfaat dan teman kalian bisa happy lagi!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 609
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?