Majalah Sunday

Teknik Pomodoro, Sebuah Cara Untuk Meningkatkan Fokus Belajar

Penulis: Adnan Rizki – Universitas Negeri Jakarta
Editor: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan 

Sunners pernah gak sih susah fokus ke pelajaran? Pasti nyebelin banget kan kalau sering kedistraksi gawai atau bahkan hal-hal sepele lainnya. Niat cuma liat notif eh malah lanjut chatan, niat cuma searching eh malah scroll IG. Bahkan terkadang bisa saja belajarnya cuma beberapa menit tapi bermain gawainya bisa sampai berjam-jam. Nah, mimin punya sebuah tips fokus nih, namanya teknik Pomodoro.

Pomodoro adalah sebuah teknik membagi waktu yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980 oleh Fransisco Cirillo. Teknik ini ia ciptakan semasa kuliah karena susah fokus belajar, teknik yang menggunakan pembagian waktu. Hingga sekarang, teknik ini masih bisa digunakan dan bisa menjadi tips agar fokus belajar.

Penerapan Teknik Pomodoro

Singkirkan semua hal yang dapat menganggu fokus

Menggunakan teknik apapun jika tidak bisa menyingkirkan hal yang dapat mengganggu, bisa menjadi hal yang percuma. Contohnya adalah matikan notifikasi semua media sosial kamu, termasuk WhatsApp dan Instagram.

Buat perencanaan

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah membuat rencana akan mempelajari apa, mengerjakan apa, dan buat urutannya. Ini dilakukan agar kamu tidak bingung di tengah kegiatan belajar.

Atur timer selama 25 menit

Kamu bisa menggunakan jam weker ataupun alarm pada gawai kamu. Pastikan kamu mengaturnya dengan benar. Cara ini merupakan inti dari teknik pomodoro, pastikan selama 25 menit kamu dapat fokus melakukan pekerjaanmu tanpa distraksi apapun.

Berhenti

Ketika timer sudah menunjukan waktu 25 menit, berhentilah walaupun membaca, ataupun mengerjakan soalnya belum selesai, hentikan tanpa ada tambahan atau pengurangan waktu. Beristirahatlah selama 5 menit, untuk istirahat juga tidak ada penambahan atau pengurangan waktu, usahakanlah tepat waktu.

Ulangi

Nah, Sunners hanya perlu mengulangi hal di atas. Jika sudah mengulang selama 4 kali, Sunners bisa menambah jam istirahatnya, antara 15 hingga 30 menit. Begitu seterusnya ketika mengulang 4 kali.

Teknik pomodoro bisa membantu kamu dalam fokus belajar

cobalah untuk menggunakan teknik pomodoro untuk meningkatkan fokusmu, pict by canva.com

Itulah pengertian dan tahapan teknik pomodoro yang dapat kamu aplikasikan dalam melakukan pekerjaan sehari-harimu, seperti belajar dan mengerjakan tugas. Semoga membantu ya Sunners! 

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 254
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?