Majalah Sunday

Tanda-Tanda Kamu Mengalami Tekanan Batin

Penulis: Anggita Nur F.S – Politeknik Negeri Media Kreatif
Editor: Alfira Damayanti Rahman – Universitas Negeri Jakarta

Tekanan batin atau bisa disebut dengan depresi merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang dapat mengubah suasana hati dari yang gembira menjadi sedih, mengubah pola berpikir dan perilaku. Tekanan batin dapat disebabkan oleh keadaan yang membuatmu kurang nyaman seperti, baru mengalami patah hati, meninggalnya orang yang disayang, dan lain-lain.

Gangguan kesehatan mental bukanlah hal yang sepele. Jika seseorang mengalami gangguan kesehatan mental maka akan berpengaruh terhadap kehidupannya, seperti terganggunya pekerjaan. Jika mengalami tekanan batin lebih dari dua minggu maka harus menemui ahlinya dan melakukan konsultasi agar tahu cara penangan yang tepat. Setiap orang tentu berbeda gejalanya, berikut dijelaskan beberapa tanda seseorang mengalami tekanan batin!

1. Mudah Marah atau frustasi

Jadi mudah marah ketika seseorang melakukan kesalahan sedikit.

2. Diam

Tidak mau ngobrol dengan siapapun dan bahkan bisa mengurung dirinya di kamar berhari-hari. Tak hanya itu saja malas melakukan sesuatu seperti mandi, bekerja, dan lain-lain.

3. Sulit berkonsentrasi

Tidak mau ngobrol dengan siapapun dan bahkan bisa mengurung dirinya di kamar berhari-hari. Tak hanya itu saja malas melakukan sesuatu seperti mandi, bekerja, dan lain-lain.

4. Cemas, khawatir atau gugup berlebihan

5. Mudah sakit

Biasanya orang yang mengalami tekanan batin tidak memiliki selera makan jadi akan mudah sakit.

Perlu dipahami, Sunners! Gejala seseorang mengalami tekanan batin itu bisa berbeda-beda, bahkan jika kamu mengalami tanda-tanda yang disebutkan. Jika kamu merasa ada yang tidak beres dengan kesehatan mentalmu, segera berkonsultasi dengan ahlinya. Jangan sampai kamu melakukan self-diagnose dan salah dalam melakukan penanganannya.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,015
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?