Majalah Sunday

Takut Menghadapi SNBT? Pede Aja Dulu!

Penulis: Atika Salsabila – Universitas Padjadjaran

Seleksi Nasional Berbasis Tes yang akan diselenggarakan pada 2024 memang akan memberikan tekanan tersendiri bagi para peserta yang akan menghadapi soal-soal nya. Hasil seleksi akan menentukan perguruan tinggi mana yang akan menjadi jawaban dari usaha-usaha mu selama ini. 

Takut Menghadapi SNBT, simak tips berikut

Takut Menghadapi SNBT dengan Percaya Diri, pict by canva.com

Percaya Diri Itu Penting!

Hasil dari seleksi ini akan membuktikan kesungguhan mu dalam menghadapi SNBT. Segala materi yang telah dipelajari akan diujikan dalam tes yang akan Sunners kerjakan nanti. Tapi tidak perlu khawatir, Sunners bisa mematangkan persiapan itu mulai dari sekarang. Rasa takut hanya akan menjadikan hambatan untuk melangkah kedepan. Maka dari itu, cobalah untuk percaya diri aja dulu!

Coba Lakukan Tips Berikut!

Mimin punya beberapa tips yang dapat dicoba oleh Sunners semua yang masih merasa ga pede nih buat menghadapi SNBT. Selain itu, tips-tips berikut ini bisa menjadi acuan untuk melihat kesiapan Sunners nanti.

1. Perbanyak Latihan Soal

Dengan kegagalan yang sudah terjadi akan menjadikanmu pribadi yang lebih kuat lagi. Akan ada hal yang harus kamu capai untuk mendaptkan PTN idaman. Dalam seleksi berbasis tes nanti, tentunya akan banyak pertanyaan dan tipe soal yang harus kamu jawab untuk membuktikan kelayakanmu sebagai calon mahasiswa sebuah universitas. Jadi, kamu harus bisa membuktikan bahwa kamu layak untuk diterima di perguruan tinggi tersebut.

Caranya adalah perbanyak berlatih berbagai jenis soal. Kamu bisa mempelajari tipe-tipe soal tahun sebelumnya, lebih rajin membaca, memahami dasar-dasar ilmu yang kamu pelajari, serta mencoba berbagai variasi soal yang lebih sulit. Dengan begitu, otak akan terlatih untuk berpikir lebih keras lagi untuk menjawab sebuah pertanyaan yang diberikan.

2. Belajar dengan Tutor Sebaya

Bagi Sunners yang masih kesulitan dalam belajar sendiri, mungkin cara ini cocok untuk menjadi alternatif jawabannya. Sunners bisa memulai belajar dengan teman sebaya. Tidak harus yang lebih pintar, tapi Sunners bisa belajar dengan siapapun yang memiliki kemauan belajar yang tinggi. Dengan begitu, Sunners akan memahami kesulitan yang selama dihadapi. Belajar dengan teman juga akan membawa suasana enjoy dan tidak ada tekanan yang begitu besar karena dilakukan dengan nyaman bersama teman sendiri.

3. Ngobrol dengan Kakak Kelas

Mungkin cara yang satu ini patut dicoba, Sunners. Mencari kakak kelas sewaktu SMA yang sudah memiliki pengalaman mengikuti SBMPTN atau SNBT. Cara ini cukup efektif. Mengingat pengalaman adalah pelajaran berharga bagi seseorang. Kakak kelas yang akan kamu wawancara ini akan memberikan tips dan review yang akan bervariasi ketika mereka menghadapi tes tersebut. So, review itu akan berguna bagi Sunners yang baru pertama kali menghadapi SNBT sehingga kalian akan mendapati gambaran terkait tes tersebut.

4. Perbanyak Doa

Usaha-usaha yang telah kamu tempuh selama beberapa bulan terakhir itu akan terasa sia-sia jika kamu tidak mengiri dengan doa. Tuhan pasti akan mengabulkan permintaan Hamba-Nya yang bersungguh-sungguh. Tunjukkan bahwa dirimu benar-benar layak untuk menyandang status mahasiswa. Kamu bisa melakukan anjuran yang ada dalam agama yang kamu anut. Dengan berdoa juga akan membuat hati lebih tenang dan merasa tentram. Sehingga, hidupmu akan terasa lebih ringan untuk melangkah kedepan.

Nah, sedikit tips tadi dapat kalian coba nih, Sunners. Selain untuk mengecek kesiapan kalian, tips tadi juga bisa membangun rasa percaya diri yang ada dalam diri kalian. Semakin pede kalian dalam menghadapi SNBT maka akan semakin ciut soal itu dihadapan kalian hehee. Mimin yakin dengan rasa percaya diri dibarengi dengan kesiapan yang matang akan membawa kalian menuju universitas yang selama ini Sunners inginkan. Tetap semangat and have a nice day, Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 40
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?