Majalah Sunday

Takut Memulai Sesuatu yang Baru? Coba Lakukan Cara Ini!

Penulis: Melani Wulandari – Universitas Negeri Jakarta
Editor: Afifah Putri Utami – Universitas Negeri Jakarta

Hai, Sunners! Apakah kamu salah satu orang yang sering merasa takut ketika mau memulai sesuatu yang baru? Rasa cemas dan khawatir berlebih membuat kamu sulit untuk melangkah dan hanya bisa bergerak di zona nyaman saja. Padahal kita tidak tahu kemampuan kita sampai mana kalau tidak berani mencoba. Ungkapan kekhawatiran yang biasanya tercetuskan biasanya seperti ini.

“Nanti gimana ya kalau aku ditolak ikut OSIS?” 

“Mau buka usaha kecil-kecilan tapi takut enggak ada yang beli” 

“Takut enggak bisa beradaptasi kalau ikut kepanitiaan”

Padahal, yang kita butuhkan adalah keberanian untuk mencoba semuanya, lho.

Bagaimana Cara Mengatasi Agar Tidak Takut Memulai Sesuatu yang Baru?

Perasaan takut untuk memulai sesuatu yang baru umumnya lumrah dirasakan banyak orang. Ketakutan sebenarnya bisa muncul ketika kamu tidak percaya pada diri sendiri. Kegagalan memulai sesuatu yang baru yang selalu menghantui dan tanpa aba-aba menghentikan niatmu. Seorang pebisnis sukses saja tidak akan mencapai titik sukses apabila mereka terus-menerus mengedepankan rasa takut. Lalu, bagaimana sebenarnya mengatasi rasa takut untuk lebih berani memulai sesuatu yang baru? Simak artikel berikut, ya, Sunners!

Mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum memulai 

Mempersiapkan diri memulai sesuatu yang baru adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan, karena tindakan tanpa persiapan hanya akan membawa kelelahan dan penyesalan yang dalam. Nah, agar terhindar dari itu, Sunners harus mempersiapkan diri sebaik mungkin seperti mengenal kelemahan dan kelebihan diri sendiri, mengumpulkan informasi yang mendukungmu agar semakin yakin, dan mempelajari sesuatu yang baru itu yang memang ingin kamu lakukan. 

siapkan dirimu agar tidak takut memulai sesuatu yang baru

Siapkan dirimu agar tidak takut memulai sesuatu yang baru, pict by canva.com

Percaya pada kemampuan diri sendiri

Sunners tidak akan tahu batas kemampuan diri sendiri sebelum mencobanya. Kadang-kadang kita lebih kuat dan lebih mampu daripada perkiraan kita sendiri, hanya saja rasa takut seringnya menguasai dan menghentikan segala hasrat kita yang menggebu-gebu. Untuk memulai sesuatu yang baru, kamu mesti percaya pada diri kamu sendiri, percaya pada kemampuan diri kamu sendiri. Karena tidak ada yang lebih mengerti kita selain diri sendiri. So, Sunners, kerahkan semua kemampuan yang kamu bisa untuk mencapai level tertinggi dalam kehidupanmu. 

Hajar semua rasa khawatir

Ketakutan mengenai hasil akhir yang selalu terngiang-ngiang sering membuat rasa khawatir berlebih hingga puncaknya kamu kembali tidak berani mengambil langkah dan terjebak di zona nyaman lagi. Jangan risau! Rasa khawatir itu harus kita lawan, karena langkah pertama untuk dapat berkembang kita harus lebih berani. Jangan sampai rasa penyesalan membuatmu merasa menjadi orang paling gagal, karena gagal itu bukan sebuah dosa. Perlu diingat, tidak ada orang sukses yang tidak mengalami kegagalan. 

Berkumpul dengan orang-orang yang berperilaku baik

Selain diri sendiri sangat berpengaruh, lingkungan tempat kamu berinteraksi pun sangat memberikan pengaruh terhadap keputusan yang akan kamu ambil. Jadi alangkah lebih baiknya kamu mencari dan berkumpul bersama dengan orang-orang positif agar pikiran kamu teralihkan menjadi positif pula ketika ketakutan memulai sesuatu yang baru sedang menguasai kamu.

bergaul dan berinteraksilah dengan orang lain agar tidak takut memulai sesuatu yang baru

Bergaul dan berinteraksilah dengan untuk memulai sesuatu yang baru, pict by canva.com

Nah, Sunners, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika rasa takut memulai sesuatu yang baru ada pada diri kamu. Mari lakukan yang terbaik untuk kehidupan yang lebih baik juga, karena hidup terlalu singkat jika kita tidak bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Have a nice day, Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 2,268
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?