Majalah Sunday

Takut Berbicara di Depan Umum?
Belajar Public Speaking Yuk!

Penulis: Ar’rasyi Zanur Aira Al Zalzabilah – Universitas Negeri Jakarta
Editor: Fidya Damayanti – Universitas Negeri Jakarta

Presentasi, pidato, bertanya jalan ataupun kegiatan berbicara di tempat umum lainnya, cepat atau lambat pasti akan kita lakukan. Maka dari itu, kita harus sesegera mungkin memupuk kepercayaan diri untuk membiasakan berbicara di tempat umum. Gak enak juga kan kalau bicara aja harus selalu bergantung pada orang lain? Yuk kita belajar public speaking bersama!

public speaking

Tips Berani Berbicara di Depan Umum, pict by canva.com

Penyebab Lemah Dalam Public Speaking

Pertama kita harus tahu dulu penyebab seseorang tidak bisa berbicara di tempat umum. Kalau kamu sendiri kenapa sih gak bisa berbicara di tempat umum? Kalau berdasarkan survei kepada orang-orang yang aku kenal, alasan utama mereka tidak bisa berbicara di tempat umum adalah “takut”. Takut salah ngomong ah, takut suaranya gak kedengeran, takut aja, takut soalnya ngerasa gak pede, takut gak dianggap, dan takut-takut lainnya. Ketakutan inilah yang akhirnya membuat kita merasa  yakin gak punya kemampuan berbicara di tempat umum dan akhirnya bergantung pada orang lain deh. 

Ketakutan itu hal yang wajar loh, Sunners. Namanya juga makhluk hidup, sebarbar-barbarnya kucing oren pasti akan kabur juga, kalau ada angin topan. Namun, bisa gak sih menghilangkan ketakutan saat ingin melakukan public speaking? Berdasarkan survei kepada orang-orang yang aku kenal lagi, mereka bisa.

Yups, gak semua orang bisa ngelakuin yang orang lain lakukan, semua orang punya karakteristik yang berbeda-beda, tapi kalau gak dicoba dulu siapa yang tahu hasilnya? Seperti kutipan favorit sobat boros “Lebih baik menyesal karena membeli daripada menyesal karena tidak membeli”, kalau untuk kita lebih baik menyesal karena sudah mencoba kan, kalau gagal tinggal cari cara lain. 

Tips Menghilangkan Ketakutan Berbicara di Tempat Umum

Buat kalian yang mulai merasa public speaking itu penting. Yuk intip cara menghilangkan ketakutan kalian selama berbicara di tempat umum!

1. Ubah Mindset Kalian!

Pertama, ubah mindset kita. Lupakan kalau kita takut berbicara di tempat umum. Mindset seperti “Oh aku takut ngomong di tempat umum, yaudah deh gak usah ngomong” harus kita ubah menjadi “Oh aku takut ngomong di tempat umum, yaudah deh ngomong aja, orang lain juga gak sepeduli itu, masalah nantinya bakal gimana dipikirin nanti aja”.

Mindset adalah hal yang sangat berpengaruh pada kemampuan berbicara di tempat umum loh. Coba sunners perhatikan gaya berbicara orang yang merasa tahu segalanya dan yang ingin tahu segalanya, orang yang mengkritik dengan pujian dan yang merendahkan dengan pujian, orang yang percaya diri dengan kemampuannya dan dan yang merasa dirinya tidak memiliki kelebihan apapun serta selalu terbelakang, orang yang berani berbicara di tempat umum dan yang tidak.

Kalau sejak awal kita sudah menyepelekan diri kita sendiri, kemampuan asli kita tidak akan terlihat. Ini biasanya dikatakan untuk orang yang akan berbicara di depan umum, tapi kita bisa membayangkan diri kita sebagai gelas berisi minuman yang tidak dimiliki orang lain dan orang lain adalah gelas berisi minuman yang mungkin sangat enak, mahal, dan lebih penuh dibandingkan kita. Namun, kita adalah gelas berisi minuman yang tidak dimiliki orang lain. Karena tidak memilikinya, mereka tentu ingin tahu bagaimana rasa minuman pada gelas kita. Karena itu memberikan beberapa tetes minuman kita sebenarnya bisa dianggap sebagai kebaikan loh. 

Orang lain mungkin memiliki pengetahuan yang lebih baik dibandingkan dengan kita, tetapi bukan berarti kita tidak berharga sama sekali. Seperti yang sama-sama kita ketahui, semua orang berbeda, termasuk pemikiran mereka. Sudut pandang baru adalah hal yang baik, mungkin saja orang-orang ingin mendengar pendapat kamu. 

2. Lakukan Terus Menerus!

Yang kedua, lakukan lagi dan lagi sampai kita terbiasa ketika berbicara di tempat umum. Sunners tahu kan awalnya kita tidak langsung dapat berbicara dan berjalan, bahkan memasak mi instan yang semudah itu pun awalnya tidak semudah itu. Semua butuh proses dan proses tidak dapat disudahi setelah mengalami kegagalan satu-dua kali. Lakukan terus dan terus, lupakan rasa malu dan takut. Gak masalah kok kalau kita masih terbata-bata, namanya juga lagi belajar kan.

Pernah gak sih sunners merasa kecewa sama diri sendiri karena selalu salah saat melakukan public speaking? Baru kepikiran harusnya ngomong ini setelah pembicaraan berakhir atau kata-kata yang sudah dipersiapkan sebelumnya sama sekali gak keluar bahkan pada skenario terburuk malah diucapkan secara berantakan. 

Duh sedih banget kalau inget pernah ngalamin itu. Kejadiannya sudah lewat lama tapi kenangannya muncul terus. Jadi apa sih yang harus kita lakukan agar masa lalu yang gak mau kita ingat lagi gak terulang? Cukup horor sih, tapi cara terbaik adalah dengan tetap berbicara di tempat umum dan tidak membiarkan ketakutan kembali mengalahkan kita. Selain itu, kita bisa mengatasi hal itu dengan meningkatkan kemampuan serta rasa percaya diri kita untuk berbicara di depan umum loh.

3. Amati, Tiru, Modifikasi!

Menonton acara debat, berita, wawancara artis kesukaan, podcast youtube, rekaman tanya jawab di konser, atau bahkan menghadapi kakak kelas yang suka marah bisa meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum kita. Amati, tiru, modifikasi. Kita bisa mengambil gaya berbicara mereka dan mempraktekkannya ketika kita sedang berbicara di tempat umum.

Lihat juga bagaimana mereka dapat berbicara dengan orang baru dan masuk dalam pembicaraan yang sudah ada sebelumnya. Kita juga perlu memperluas pengetahuan kita dengan membaca lebih banyak buku dan menyerap berbagai informasi terbaru untuk meningkatkan kepercayaan diri untuk berbicara di depan umum. Dengan banyaknya pengetahuan dan informasi terbaru yang kita miliki, akan lebih mudah berbicara dengan orang yang berbeda-beda.

public speaking

Rutin Berlatih Dapat Membuahkan Hasil, pict by canva.com

Kamu hebat bisa menaklukkan kelemahan kamu. Sekarang kemampuan berbicara di tempat umum yang sudah kita miliki harus terus kita asah dan kembangkan lagi. Jangan sampai karena jarang digunakan pada akhirnya kita harus kembali memulai dari awal. Semoga tips di atas dapat membantu Sunners dalam mempelajari public speaking. Semangat!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 573
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?