WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Sulit Percaya pada Orang Lain? Yuk, Lakukan Beberapa Hal Ini

Kepercayaan itu adalah hal paling penting di dalam sebuah hubungan, entah itu keluarga, pertemanan, maupun percintaan. Jadi, akan sulit untuk kamu menjalani sebuah hubungan tanpa adanya rasa percaya. Lalu, bagaimana jika kamu memang sedang merasa sulit untuk mempercayai orang-orang di sekitarmu? Apa yang harus kamu lakukan? Rasanya sungguh lelah bukan, ketika kamu ingin sekali memercayai sesuatu, namun hatimu menolaknya, hingga lagi-lagi rasa percaya itu hilang. Dan itu terjadi secara berulang.

Luangkan waktu untuk dirimu sendiri. Bisa saja kamu masuk ke dalam kamar, lalu menguncinya dari dalam. Pergi ke tempat-tempat yang tak ada satu pun orang yang mengenalmu, berjalan hingga lelah, mengamati sekitarmu. Atau, dengarkan suara air yang mengalir deras sambil memejamkan kedua mata, lalu hirup napas pelan-pelan.

Ajak dirimu berbincang. Jangan terus-menerus mendengar suara-suara dari orang lain. Dirimu juga perlu didengarkan, ditanya, dimengerti. Kamu kenapa? Kamu mau apa? Tanyakan itu pada dirimu sendiri. Beri waktu pada dirimu untuk memahami.

Lakukan hal-hal yang kamu sukai. Kerjakan apa pun yang hatimu mau dan inginkan. Bukan karena terpaksa dan diperintah oleh orang lain. Apa pun itu, lakukan. Buat dirimu senang dan menikmati setiap hal yang kamu lakukan. Selagi itu tak merugikan dan menyakiti dirimu sendiri maupun orang lain, maka lakukanlah.

Setelah kamu sudah meluangkan banyak waktu untuk dirimu sendiri, sudah lebih mengerti apa yang dirimu rasakan, apa yang dirimu mau, kini waktunya untuk kamu mengenal lebih jauh orang-orang di sekitarmu, orang-orang terdekatmu. Karena semakin kamu mengenal dirimu sendiri, dan mengenal lebih jauh orang-orang terdekatmu, maka rasa percaya itu akan tumbuh dengan sendirinya, tanpa kamu menyadarinya.

Berinteraksi sesering mungkin. Jangan menghindar. Lakukan hal-hal kecil bersamanya, sehingga kamu semakin mengenalnya dengan baik. Jika kamu masih merasa tidak nyaman, tidak apa, pelan-pelan saja. Mulai dari lakukan hal-hal yang disukai secara bersama, memberi perhatian kecil, bertanya hal-hal yang tak masuk akal, membahas sesuatu yang lucu, atau hal-hal lainnya yang bisa membuat interaksimu dengannya menjadi lebih hangat.

Menceritakan apa yang kamu rasakan.Tidak perlu bercerita sesuatu hal yang bersifat rahasia dan sensitif. Cukup beri tahu hal-hal kecil seperti, hari ini aku sedang malas;  ingin makan yang pedas; banyak yang harus kukerjakan; tadi aku telat bangun; panas banget ya hari ini. Dari sanalah, sebuah percakapan serius perlahan akan dimulai, hingga rasa percaya itu mulai naik sedikit demi sedikit.

Jika kamu masih belum bisa, dan merasa masih belum mampu untuk menumbuhkan rasa percaya itu, maka lakukan kembali tahap-tahap yang sudah dijelaskan di atas secara berulang kali, sampai pada akhirnya kamu bisa membangun rasa percaya itu bersama-sama.

Selamat mencoba, Sunners!

 

Puja Sindia
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

Leave A Comment