Majalah Sunday

Sulit Konsentrasi Saat Puasa?
Ini 6 Cara Jitu Mengatasinya!

Penulis: Desiana Yuniarti – Polimedia

Sunners, selama menjalankan puasa kalian mungkin sulit konsentrasi dan sering mengalami lupa akan sesuatu. Tentunya hal ini dapat menyebabkan segala kegiatan dapat terganggu dan tidak berjalan seperti yang diinginkan.

Pada umumnya hal ini kerap terjadi pada orang yang sedang berpuasa. Dikarenakan tubuh mengalami perubahan yang cukup signifikan seperti perubahan kadar gula darah dan dehidrasi. Hal ini, tentu dapat memengaruhi daya ingat dan konsentrasi seseorang. Biasanya orang tersebut juga akan mengalami lemah, letih, dan selalu merasa ngantuk.

Saat puasa di mana kita gak makan, sehingga kadang lemas, tetapi kadang bisa bikin sulit konsentrasi. Terus gimana menghadapinya?

Susah konsentrasi saat puasa? Pict by canva.com

Pentingya Mengatasi Rasa Sulit Konsentrasi Saat Puasa

Walaupun sulit konsentrasi dan lupa termasuk kedalam kategori yang wajar saat puasa. Namun, apabila terjadi terlalu sering dan berulang kali. Sunners, perlu segera mengatasinya. Supaya tidak berdampak buruk pada kegiatan yang akan kalian kerjakan nantinya.

Penting bagi kita untuk tetap berkonsentrasi selama bulan puasa karena ini membantu kita menghargai dan mendalami ibadah puasa secara lebih baik, termasuk dalam saat kita belajar di sekolah. Dengan tetap fokus, kita dapat melatih disiplin diri, menjaga kesehatan mental dan emosional, mengembangkan kebiasaan baik, meningkatkan kesadaran diri, dan merasakan manfaat spiritual yang lebih besar dari bulan puasa. Konsentrasi yang baik juga membantu kita memperoleh pengalaman puasa yang lebih bermakna dan memperkuat ikatan dengan umat Muslim lainnya dalam menjalankan ibadah yang sama.

Jurus Mengatasi Rasa Sulit Konsentrasi Saat Puasa

Mimin, punya cara jitu yang ampuh dan mudah Sunners lakukan untuk mengatasi sulit konsentrasi dan lupa saat puasa. Yuk, mari kita bahas bersama!

Istirahat yang Cukup

Kurang tidur ataupun begadang ternyata dapat mempengaruhi konsentrasi dan daya ingat seseorang. Tak jarang, jika orang yang memiliki jam tidur yang kurang sering mengalami sulit untuk konsentrasi. Apalagi di bulan puasa, untuk konsentrasi tentunya sangat sulit dikarenakan ketidakseimbangan nutrisi dan dehidrasi. Hal ini, tentunya membuatmu kurang fokus dalam mengerjakan ulangan. Oleh karena itu, Sunners harus dapat memastikan bahwa sudah memiliki waktu tidur yang baik di bulan puasa

Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral. Kandungan gizi tersebut tentunya sangat perlu dibutuhkan oleh tubuh saat puasa. Tentunya dapat menjaga kadar gula darah stabil atau keseimbangan nutrisi. Dengan adanya gizi yang terpenuhi dalam tubuh seseorang dapat menghasilkan energi. Energi tersebut dapat digunakan untuk membuat tubuh menjadi bugar dan membuat otak menjadi lebih mudah berkonsentrasi dan tidak sering lupa.

Apakah kamu sulit konsentrasi? Maka pilihlah makanan dengan hormon kartisol yang rendah

Pilih makanan yang sehat di bulan puasa ini, pict by canva.com

Hindari Makanan Berlemak

Mengkonsumsi makanan berlemak sering dianggap suatu hal yang tidak baik dan perlu dihindari. Makanan berlemak ini menyebabkan kegemukan, pemicu penyakit kardiovaskuler, dan gula darah yang tak stabil. Dengan ketidakstabilan gula darah dalam tubuh membuat konsentrasi dan daya ingat seseorang dapat menurun.

Minum Air Putih Secukupnya

Kandungan yang terdapat pada air putih memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Meminum air putih juga dapat mencegah dari dehidrasi, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, mengurangi lapar, membantu membuang zat-zat berbahaya atau toksin, dan meningkatkan fungsi organ tunuh. Minumlah air putih secukupnya agar terhindari dari hiponatremia. Disarankan untuk minum air dengan jumlah yang cukup sesuai dengan kebutuhan.

Kelola Rasa Overthinking

Sunners, bulan puasa siapa nih yang masih overthinking? Ternyata, overthinking berlebihan dapat membuat kamu menjadi sulit untuk konsentrasi dan lupa. Hal ini dikarenakan rasa overthinkingmu yang dapat menimbulkan kecemasan, kesehatan mental, dan bahkan gangguan tidur.

Kurangi Durasi Bermain Gadget

Bermain handphone memanglah mengasyikan. Apalagi bermain bersama atau mabar dengan teman. Akan tetapi, jika sunners melakukan secara berlebihan dapat menurunkan daya ingat seseorang dan membuat sulitnya untuk konsentrasi.

Sulit konsentrasi? yuk ikuti tips berikut!

Tetap berkonsentrasi selama masa puasa, pict by canva.com

Semoga tips di atas dapat kamu terapkan di momen puasa ini. Selamat menjalankan ibadah puasa dan tetap maksimalkan berbagai tanggung jawab kita dengan tetap berkonsentrasi.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 125
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?