Majalah Sunday

Sudah Masuk Tanggal Period?
Ini Dia Tips Mengatasi Nyeri Haid!

Penulis: Rayo Aprilia – Institut Bisnis Nusantara
Editor: Fidya Damayanti – Universitas Negeri Jakarta

Hai Sunners! Mungkin untuk kita remaja perempuan yang sudah pubertas pasti tidak asing dong dengan tamu yang selalu datang pada setiap bulannya atau biasa di sebut dengan menstruasi? Tiap masuk tanggalnya kalian pernah mengalami nyeri haid yang bisa mengganggu aktivitas. Pasti bingung nih, boleh gak ya minum obat? Berikut tips meredakan nyeri secara alami!

nyeri haid

Mengatasi Nyeri Menstruasi Secara Alami, pict by canva.com

1. Meredakan Nyeri Haid Dengan Olahraga

Kata siapa selama menstruasi kita gak boleh berolahraga? Tentu boleh banget loh Sunners! Asal tidak melebihi kapasitas kalian dan mulailah dengan olah raga ringan seperti berjalan santai atau yoga. Ada beberapa bukti untuk menunjukkan bahwa olahraga bisa membantu meredakan nyeri menstruasi karena aliran darah bisa berjalan dengan lancar dan otot perut bisa lebih rileks.

2. Melakukan Pijatan Ringan

Sebagian orang menggunakan pijatan untuk meredakan rasa sakit dan nyeri pada tubuh mereka. Cobalah memijat area perut yang terasa nyeri dengan gerakan memutar dan dengan lembut. Pastikan untuk menggunakan minyak hangat juga ya Sunners!

3. Meredakan Nyeri Dengan Obat-Obatan

Untuk obat pereda nyeri sementara yang efektif, cobalah obat pereda nyeri yang dijual secara umum seperti parasetamol, NSAID atau aspirin. Obat-obat ini telah terbukti membantu meredakan nyeri menstruasi dan penelitian menunjukkan bahwa obat-obatan yang mengandung 500mg parasetamol plus 65mg kafein lebih efektif daripada parasetamol saja.

4. Kompres Daerah Perut  

Menempelkan sedikit hawa panas pada perut dapat membantu meredakan nyeri menstruasi. Sunners bisa coba untuk mengompres daerah perut menggunakan handuk atau heat patch pada daerah perut atau pinggang belakang agar rasa nyeri tersebut bisa mereda.

nyeri haid

Penanganan Menggunakan Kompres Air Hangat, pict by canva.com

Jika Sunners memiliki kekhawatiran tentang nyeri menstruasi, mintalah saran dari apoteker atau dokter, khususnya jika kamu mengalami nyeri perut yang berlebihan bahkan sebelum dan sesudah masa menstruasi, keluar cairan kental atau berbau tidak sedap, sampai mengalami demam serta nyeri pinggul.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 839
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?