Majalah Sunday

Subliminal Music
Musik untuk Perawatan Diri

Penulis: Siti Nurhalizah – Universitas Negeri Jakarta

Dalam hidup, seseorang kerap dihadapkan dengan berbagai tantangan maupun kesulitan. Berbagai masalah dan kesulitan yang ada kerap membuat seseorang merasa “berantakan”, sedih, dan rendah diri. Untuk menghadapi itu semua, seseorang perlu suatu cara untuk menata kembali dirinya (atau pikiran) yang berantakan. Salah satu cara untuk menaikkan mood dan menata pikiran selama menghadapi suatu masalah adalah dengan mendengarkan musik. Namun, musik yang akan dibahas pada kali ini bukanlah musik biasa, Sunners, melainkan subliminal music. Apa itu subliminal music dan bagaimana pengaruhnya untuk perawatan diri? Yuk, kita bahas sama-sama.

Apa Itu Subliminal Music?

Subliminal music atau musik subliminal adalah genre musik yang dirancang dengan tujuan menyampaikan pesan atau rangsangan di luar ambang kesadaran pendengar. Konsep dasar dari musik ini adalah mengantarkan pesan yang akan diterima oleh alam bawah sadar seseorang tanpa seseorang itu menyadarinya. Pesan-pesan yang disampaikan dapat berupa afirmasi positif, pesan penyembuhan (recovery message), atau pesan-pesan lainnya. Semua itu bertujuan untuk memengaruhi pikiran atau perilaku tanpa disadari.

Subliminal Music

Subliminal music mengantarkan pesan pada alam bawah sadar, pict by canva.com

Bagaimana Cara Kerja Subliminal Music?

Cara kerja musik subliminal adalah dengan memasukkan pesan-pesan ke dalam musik dengan memakai teknik seperti volume yang rendah atau frekuensi tertentu yang tidak terdengar secara jelas oleh telinga manusia. Tujuannya adalah agar pesan-pesan tersebut sampai ke alam bawah sadar tanpa disadari. Pesan yang disampaikan misalnya afirmasi positif seperti “Aku bisa lewatin segala tantangan” atau “Aku merasa bahagia dengan hidupku.”

Manfaat Subliminal Music untuk Perawatan Diri

1. Meredakan stres

Musik ini biasanya dibuat untuk mengurangi stres. Melalui pesan-pesan yang disampaikan secara tidak langsung, musik ini bisa membantu kita relaks dan membuat tenang.

2. Keseimbangan emosi

Afirmasi positif yang ada dalam musik ini bisa menjadi energi positif untuk suasana hati seseorang. Selain itu, musik ini juga dapat membantu mengganti pikiran negatif menjadi pikiran positif sehingga seseorang dapat mengatur emosinya dan memperoleh keseimbangan emosi.

3. Pengembangan diri

Beberapa orang ada yang menggunakan musik ini sebagai alat untuk pengembangan diri. Mereka berharap pesan-pesan tersembunyi yang ada dalam subliminal music dapat membantu mereka dalam mencapai apa yang mereka mau.

4. Kualitas tidur

Ada jenis musik subliminal yang sengaja dirancang untuk membantu tidur. Pesan-pesan yang menenangkan dapat merangsang alam bawah sadar sehingga menciptakan suasana tidur yang lebih nyenyak.

Pro dan Kontra Subliminal Music

Banyak orang yang berpandangan positif soal ini, tetapi masih terdapat banyak perdebatan soal musik subliminal di kalangan ilmuwan. Ada yang mengatakan bahwa hasil dari musik ini memang bagus, tetapi ada juga yang mengatakan bahwa efek dari musik ini lebih kepada hasil harapan atau efek plasebo daripada pengaruh langsung dari pesan-pesan tersembunyi itu.

Subliminal Music

Subliminal music dapat menjadi cara untuk merawat diri, tetapi hasil yang dirasakan oleh setiap orang mungkin dapat berbeda, pict by canva.com

Musik subliminal bisa jadi alternatif kamu buat merawat diri, seperti melepas stres, menaikkan mood, atau sebagai bentuk afirmasi diri. Tetapi, alangkah lebih baik jika mendengarkan musik ini dibarengi dengan meditasi, olahraga, ataupun konseling. Yang jelas, setiap orang punya caranya masing-masing dalam merawat diri. Pilih cara merawat diri yang paling sesuai dan cocok untukmu ya, Sunners. Semoga dengan merawat diri kamu menjadi lebih happy dan enjoy dalam menjalani hidup. Sampai jumpa!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 133
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?