Majalah Sunday

Solusi Mengusir Rasa Takut Saat Mengerjakan Tugas

Penulis: Savira J Manorek – STBA JIA
Editor: Dinar Isfahani – SMKN 40 Jakarta

Setiap manusia di dunia ini pernah banget merasakan yang namanya rasa Takut. Mau itu kamu dikenal pemberani sekalipun pasti mengalaminya juga. Semua orang punya rasa takutnya masing-masing yang berbeda-beda.

Namun, manusia terkadang susah mengontrol rasa takut sampai berlebihan dan membuat diri sendiri dikuasai dengan rasa ketakutan. Padahal takut yang berlebihan itu dapat mempengaruhi otak dan pikiran sehingga kamu bisa menjadi stres, pusing, gelisah dan bingung dalam melakukan atau memutuskan sesuatu.

Sama halnya dengan kamu sebagai pelajar di sekolah tentunya akan ada banyak hal yang kamu takuti selama belajar. Dari menghadapi materi baru, lingkungan, bertemu dengan guru-guru maupun teman-teman yang berbeda karakter dan latar belakang. Terkadang ada juga murid-murid yang merasa takut saat mengerjakan tugas-tugas mereka, melakukan diskusi kelompok dan ujian-ujian. Sehingga mereka suka sulit menghadapinya, entah disebabkan karena mereka minder dengan temannya, belum belajar, tidak paham materi, kurang percaya diri, dll.

Untuk kamu yang saat ini selalu merasa takut saat mengerjakan tugas, kali ini akan ada solusi yang setidaknya dapat membantu kamu mengusir rasa takut itu ya.

1. Mencari tahu dulu apa penyebab kamu takut

Setiap orang pasti ada alasan kenapa dia takut pada suatu hal misalnya, kamu takut pada kucing karena pernah dicakar sampai berdarah. Begitu juga kamu sebagai pelajar memang berat rasanya kalau lagi mengerjakan tugas apalagi banyak dari guru-guru. Tapi apa alasan yang utama kenapa kamu takut mengerjakan tugas? karena takut salah cara mengerjakannya kah? atau tidak bisa menyelesaikannya? Setelah kamu sudah tahu apa penyebabnya. Kamu bisa cari cara yang sekiranya dapat menyelesaikan alasan utama tadi. Seperti tadi, alasannya karena takut salah mengerjakan tugasnya. Nah cara yang paling utama dilakukan yaitu banyak bertanya pada guru saat sesi tanya jawab atau juga pada teman-teman saat jam istirahat.

2. Mengontrol diri saat rasa takut muncul

Saat kamu sedang menghadapi rasa takut tentunya itu tidak dapat dihindari. Dan seketika membuat diri jadi gelisah, berkeringat, panik dan sulit berpikir. Namun, kamu bisa mengendalikan rasa takut itu agar tidak sampai berlebihan yaitu, tenangkan diri terlebih dulu atur nafas lalu minumlah air putih ini dapat membantu rasa cemas sedikit mereda. Yang penting kamu harus kontrol diri kamu dan hadapi rasa takut itu, tapi jangan sampai rasa takutmu yang menguasai diri kamu ya.

3. Buang Semua Pikiran Negatif

Rasa takut juga sering terjadi akibat terlalu memikirkan hal-hal yang negatif pada diri sendiri atau tugas yang akan kamu kerjakan. Sehingga itu tanpa disadari menjatuhkan diri sendiri jadi tidak semangat dan tidak percaya diri. Sebaiknya jika kamu sedang menghadapi kesulitan atau masalah yang membuat kamu takut. Kamu bisa mengubahnya dengan memikirkan hal-hal yang positif jangan fokus pada hal negatif dan pikirkan kembali apa motivasi awal kamu belajar. Pakai kata-kata yang memberikan semangat seperti “yuk pasti bisa, pasti bisa”.

4. Manfaatkan Waktu Luang

Jika kamu sering merasa takut setiap mengerjakan tugas atau apapun itu. Solusi yang wajib kamu coba yaitu memanfaatkan waktu luang dengan baik. Karena sebagai pelajar setiap harinya disibukkan dengan berbagai kegiatan belajar dari pagi hingga siang dan sore. Nah, solusi ini dapat digunakan untuk merilekskan pikiran dan badan kamu yang tertekan atau penat akan tugas. Jadi ada banyak hal yang dilakukan saat hari libur atau weekend dari bersepeda/berjalan santai menikmati pemandangan, menonton film yang ringan dengan genre menghibur, mendengarkan lagu instrumen yang menenangkan sambil membaca novel, nongkrong bersama teman-teman ke tempat yang nyaman atau bisa juga hunting makanan atau minuman yang fresh. Yang terpenting jangan lakukan kegiatan berat yang menguras energi tubuh dan otak kamu yah seperti olahraga berat, menonton film genre yg berat.

5. Belajar Lebih lagi dan Jangan Mengulur Waktu

Solusi terakhir ini lumayan sulit diterapkan karena seorang pelajar pasti akan mengalaminya. Merasa jenuh dan malas saat belajar, sehingga hasilnya jadi sulit memahami materi dan suka menunda-nunda waktu belajar. Karena itu ketika diberikan tugas diri kamu menjadi takut dan tidak percaya diri duluan. Ada baiknya kamu belajar lebih lagi untuk melatih otak kamu supaya terbiasa memecahkan masalah atau soal yang diberikan, perlu juga meminta belajar pada orang lain atau teman yah jangan sampai materi yang diajarkan itu kamu tidak paham sama sekali. Dan pakai waktu belajarmu dengan baik jangan ditunda-tunda dengan terpengaruh hal-hal yang tidak penting karena nanti semua pelajaran dan tugas kamu bakalan menumpuk deh hehe.

Nah, itu dia solusi-solusi yang bisa kamu ambil dan terapkan untuk mengatasi rasa takutmu. Jangan menyerah dan tetap semangat mengerjakan tugas-tugas kamu.

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.


Instagram


Twitter


Youtube


Spotify


Tiktok

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Chat Di Sini!

Post Views: 1,433
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?