WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

SMA Negeri atau Swasta: Pilih Mana?

Jika kamu punya adik atau saudara yang ingin memasuki tahap pendidikan lebih tinggi yaitu sekolah menengah atas (SMA). Mari kita kenali perbedaan SMA negeri dan SMA swasta dari hal-hal berikut ini.

Biaya

Tentu biaya merupakan hal yang dipertimbangkan oleh banyak orang. Di SMA negeri para siswa harus membayar biaya sekolah, tetapi tidak sepenuhnya. Karena sebagian lagi ditanggung oleh pemerintah. Hal itu membuat sebagian orang beranggapan SMA negeri lebih terjangkau. Jika dibandingkan dengan SMA swasta tentu berbanding terbalik. Bersekolah di SMA swasta lebih memakan biaya yang besar yang sesuai dengan kondisi sekolah tersebut.

Fasilitas 

Fasilitas masih berkaitan nih Sunners dengan biaya. Berbagai fasilitas yang tersedia di SMA negeri maupun swasta akan sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. Biaya yang dikeluarkan untuk bersekolah di SMA negeri maupun swasta akan disesuaikan dengan fasilitas-fasilitas yang ada. 

Banyak dari kita yang tahu bahwa SMA swasta terlihat lebih lengkap fasilitasnya seperti ruang kelas yang ber-AC, lab. komputer, lab. IPA, dan yang lainnya. Di SMA negeri pun tidak sedikit yang memiliki fasilitas hampir sama seperti SMA swasta.  

Teman Sebaya

Interaksi dengan teman di sekolah merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, ada yang menyebutkan bahwa SMA negeri berisikan siswa yang beragam dari segi finansial, RAS, dan hal lainnya sehingga dapat menimbulkan rasa toleransi antar sesama. 

Berarti SMA swasta tidak beragam dong? SMA swasta memiliki keberagaman siswa yang hampir sama. Tetapi ada sebagian SMA swasta yang dikhususkan seperti SMA katolik dan SMA lainnya. Meskipun begitu mereka memiliki kebudayaan masing-masing yang berbeda. 

Jumlah Siswa

Pada umumnya jumlah siswa dalam satu kelas di SMA negeri lebih banyak dibanding SMA swasta. Jumlah siswa yang lebih sedikit pada SMA swasta menjadikan guru lebih mudah mengenali karakter setiap siswa dan proses kegiatan penyampaian materi oleh guru pun lebih optimal dan efektif. 

Sedangkan pada SMA negeri jumlah siswa yang banyak cukup berpengaruh pada tingkat pemahaman dan minat belajar siswa saat pembelajaran. Namun hal tersebut dapat diminimalisir dengan variasi metode mengajar dan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan bidang studi oleh masing-masing guru di sekolah.

Nah, kamu sudah tahu kan Sunners perbedaan di atas. Jadi, kamu bisa rekomendasikan untuk keluarga atau saudaramu. Tetapi tidak semua SMA negeri atau swasta seperti itu ya, namun keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semoga membantu. Sampai jumpa!

 

Hanifah Nur – PoliMedia Jakarta

4 comments

  1. ara

    hai mimin saya sangat menyukai gaya bahasa juga penulisan mimin, terangkum juga mudah sekali untuk dipahami pembaca, saya menunggu karya2 tim sunday. fighting…

    1. Editor

      terima kasih semangatnya ara! 😀
      semoga sunday bisa terus memberikan artikel yang bermanfaat untukmuu…

  2. Fela

    😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭
    Di paksa sama orang tua aku buat masuk ke SMA SWASTA padahal aku mau masuk SMA NEGERI di SMP SWASTA(tempat sekolah aku sekarang)mapel banyak hapalan Al-Qur’an,bahasa Inggris,bahasa Arab,dan bahasa Italia, belum lagi hapalan Hadist,Sanad,Tokoh Ulama,dan prinsip agama pokoknya banyak yang harus di hafal kalau mau lulus, apalagi pas SMA pasti lebih banyak lagi hapalan yang harus di hafal.
    Tapi kalo sekolah SMA negeri pasti lebih sedikit hapalan pelajaran yang harus di hapal gak kek sekolah swasta cuma kata orang tua aku kalo mau masuk ke sekolah SMA negeri haru hapal 15 Juz Al-Qur’an, udah banyak hapalan di sekolah malah di suruh lagi sama orang tua hapalin 15 Juz Al-Qur’an.
    Gimana nih Min? Ada solusi gak buat aku? Kalo gk ada apa aku Bunuh Diri aja? biar tidak ada lagi yang di paksakan sama orang tua aku
    Mereka hanya memikirkan masa depanku mereka sama sekali tidak memikirkan bagaimana perasaanku sama sekali padahal perasaan itu penting untuk masa depanku, JADI KUTUNGGU YA MIN UNTUK JAWABANYA😃

    1. Editor

      Waduh jangan bundir dong, percayalah masih banyak hal menarik dalam hidupmu ke depannya. Banyak yang mengalami fase hidup ketika pilihan hati berbeda dengan orang tua, dan mereka bisa bertahan melaluinya dan menemukan kebahagiaan dalam hidup.

      Cek artikel ini yuk https://majalahsunday.com/dilema-dengan-pilihan-hati-atau-orangtua/

Leave A Comment