Majalah Sunday

SMA Negeri atau Swasta: Pilih Mana?

Penulis: Hanifah Nur – PoliMedia Jakarta
Editor: Siti Nurhalizah – Universitas Negeri Jakarta

Halo Sunners! kamu pernah kepikiran gak soal perbedaan SMA negeri dan SMA swasta? Kira-kira lebih enak sekolah di SMA negeri atau swasta ya? Mungkin hal ini juga dialami oleh adikmu. Jika kamu punya adik atau saudara yang ingin memasuki tahap pendidikan lebih tinggi yaitu sekolah menengah atas (SMA). Mari kita kenali perbedaan SMA negeri dan SMA swasta dari hal-hal berikut ini.

Perbedaan SMA Negeri dan Swasta

Biaya

Tentu biaya merupakan hal yang dipertimbangkan oleh banyak orang. Di SMA negeri para siswa harus membayar biaya sekolah, tetapi tidak sepenuhnya. Karena sebagian lagi ditanggung oleh pemerintah. Bahkan ada SMA negeri yang tidak dipungut biaya sama sekali, alias gratis. Hal itu membuat sebagian orang beranggapan SMA negeri lebih terjangkau. Jika dibandingkan dengan SMA swasta tentu berbanding terbalik. Bersekolah di SMA swasta memakan biaya yang lebih besar yang sesuai dengan kondisi sekolah tersebut.

Fasilitas

Fasilitas masih berkaitan nih, Sunners, dengan biaya. Berbagai fasilitas yang tersedia di SMA negeri maupun swasta akan sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. Biaya yang dikeluarkan untuk bersekolah di SMA negeri maupun swasta akan disesuaikan dengan fasilitas-fasilitas yang ada. 

Banyak dari kita yang tahu bahwa SMA swasta terlihat lebih lengkap fasilitasnya seperti ruang kelas yang ber-AC, lab. komputer, lab. IPA, dan yang lainnya. Di SMA negeri pun tidak sedikit yang memiliki fasilitas hampir sama seperti SMA swasta.  

Teman Sebaya

Interaksi dengan teman di sekolah merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, ada yang menyebutkan bahwa SMA negeri berisikan siswa yang beragam dari segi finansial, RAS, dan hal lainnya sehingga dapat menimbulkan rasa toleransi antar sesama. 

Berarti SMA swasta tidak beragam dong? SMA swasta memiliki keberagaman siswa yang hampir sama. Tetapi ada sebagian SMA swasta yang dikhususkan seperti SMA katolik dan SMA lainnya. Meskipun begitu mereka memiliki kebudayaan masing-masing yang berbeda. 

Jumlah Siswa

Pada umumnya jumlah siswa dalam satu kelas di SMA negeri lebih banyak dibanding SMA swasta. Jumlah siswa yang lebih sedikit pada SMA swasta menjadikan guru lebih mudah mengenali karakter setiap siswa dan proses kegiatan penyampaian materi oleh guru pun lebih optimal dan efektif. 

Sedangkan pada SMA negeri jumlah siswa yang banyak cukup berpengaruh pada tingkat pemahaman dan minat belajar siswa saat pembelajaran. Namun hal tersebut dapat diminimalisir dengan variasi metode mengajar dan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan bidang studi oleh masing-masing guru di sekolah.

Nah, kamu sudah tahu kan Sunners perbedaan SMA negeri dan swasta. Jadi, kamu bisa rekomendasikan untuk keluarga atau saudaramu. Mungkin juga hal-hal yang disebutkan di atas dapat berbeda dengan keadaan sekolah negeri dan swasta di tempat tinggalmu. Namun, pada umumnya perbedaan sekolah negeri dan swasta dapat dilihat dari hal-hal yang telah disebutkan tadi. Perlu diingat juga bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan kamu dapat memilih atau merekomendasikannya sesuai dengan kebutuhanmu, Sunners. Sampai jumpa! Semoga membantu.

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 2,257
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?