Majalah Sunday

Sistem Pembelajaran di Sekolah:
Pilih PJJ atau PTM?

Penulis: Eliezer Ondo Bosta Purba – SMK PENABUR SUMMERCON BEKASI
Editor: Fidya Damayanti – Universitas Negeri Jakarta

Selama masa pandemi Covid-19, semua kegiatan di dunia beralih ke online atau daring termasuk negara kita Indonesia. Salah satu kegiatan yang cukup mempengaruhi kehidupan Sunners selama pandemi adalah sistem pembelajaran di sekolah. Pasti Sunners pernah dengar sebutan PJJ dan PTM, tapi udah paham bedanya belum?

Sistem pembelajaran di sekolah kini ada dua jenis loh Sunners! Kira-kira Sunners lebih milih sistem yang mana nih? Nah, ada sedikit cerita dari pengalaman penulis yang mengikuti sistem pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 nih dan sebuah tips untuk menjalaninya dengan lancar. Yuk kepoin!

Kenali Dua Sistem Pembelajaran di Sekolah Yuk!, pict by canva.com

Mengenal Istilah PJJ dan PTM

Ada dua sistem pembelajaran selama pandemi Covid-19 yang sudah dijalankan oleh pemerintah, lembaga pendidikan, dan kita sebagai para pelajar sampai sekarang ini. Kedua sistem itu adalah Pembelajaran Jarak Jauh atau biasa disebut PJJ dan pembelajaran Tatap Muka atau biasa disebut PTM.

Sedikit cerita, tahun 2022 merupakan tahun pertama penulis ke sekolah, belajar, dan bertemu banyak teman serta berkenalan dengan guru di sana secara tatap muka di jenjang SMA. Sebelumnya kegiatan pembelajaran berjalan dengan normal hingga akhirnya penulis mulai belajar, serta bertemu teman dan guru dari rumah.

Pembelajaran jarak jauh membutuhkan berbagai perangkat elektronik seperti laptop, hp, dan internet yang memadai sebagai akses untuk belajar dari rumah. Dari kedua sistem pembelajaran yang sudah dilewati sampai sekarang ini tentunya memiliki ciri khas tersendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Kedua Sistem Pembelajaran

Sunners pasti kaget nih biasanya berangkat pagi-pagi untuk bertemu dengan teman-teman dan guru di sekolah, sekarang hanya bisa melihat atau mendengar suara mereka lewat layar ponsel kalian. Terlebih lagi harus beli kouta internet terus buat ikutan Zoom Meeting atau Google Meet. Kira-kira kelebihan dan kekurangannya apa lagi ya?

Menurut pengalaman penulis, selama mengikuti sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) terdapat kelebihan dari sistem tersebut yang cukup menguntungkan, yaitu lebih efisien dan mudah. Salah satu kemudahannya adalah saat pukul 6.30 pagi penulis tidak terlalu repot untuk mempersiapkan diri ketika kelas mau dimulai. Persiapannya seperti ketika harus berangkat ke sekolah dengan jarak yang lumayan jauh dan lalu lintas padat.

Selain itu, Sunners pasti juga harus membawa alat tulis, buku-buku, bahkan perangkat elektronik dengan beban yang berat ke sekolah. Buat yang malas mandi dan harus tampil rapih di pagi hari pasti cukup terbantu dengan sistem PJJ ini. Selama PJJ kita tinggal cuci muka, menyalakan laptop, membuka aplikasi Zoom Meeting, lalu mengikuti pembelajaran. Sunners butuh sesuatu? Semua buku sudah ada di meja, jadi tinggal ambil saja bila diperlukan.

Sistem Pembelajaran di Sekolah

Kelebihan dan Kekurangan dari PJJ, pict by canva.com

Setelah membicarakan kelebihan dari PJJ, ternyata dibalik itu semua terdapat kekurangannya juga ya Sunners! Diantaranya adalah kualitas jaringan internet dan perangkat elektronik yang terkadang error. Selama sistem PJJ Sunners harus punya kouta internet yang cukup dan berada di posisi yang terjangkau dengan internet. Mungkin beberapa pelajar lainnya juga kesulitan dalam mengeluarkan uang untuk membeli kouta, bahkan ponsel atau laptop sendiri menjadi kebutuhan khusus selama PJJ.

Bagaimana jika kita bandingkan dengan sistem Pembelajaran Tatap Muka (PTM)? Dari pengalaman penulis yang mengikuti PTM tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya juga. Kelebihan dari PTM adalah bisa lebih fokus belajar karena lebih interaktif dalam berdiskusi. Berbeda ketika mengikuti sistem PJJ yang lebih banyak godaan, sehingga membuat Sunners tidak fokus belajar.

Situasi apa aja sih yang mengganggu selama sistem PJJ? Ada yang terganggu karena tergoda untuk bermain game dan situasi rumah yang sangat berisik. Bila dibandingkan dengan suasana kelas di sekolah, maka  suasananya hening dan sangat mendukung untuk belajar. Selain itu, melalui PTM pelajar bisa lebih dekat lagi dengan guru dan teman-teman sekelas.

Kekurangan dalam sistem PTM buat beberapa pelajar seperti pengalaman penulis sendiri adalah akses dari rumah ke sekolah. Terkadang perjalanan ke sekolah cukup rumit karena jarak yang jauh dan situasi kemacetan. Terlebih lagi kalau Sunners punya buku paket yang tebal dan berat, pasti capek kan bawa setiap hari ke sekolah?

Sistem Pembelajaran di Sekolah

Kelebihan dan Kekurangaan dari PTM, pict by canva.com

Tips Mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh

Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ternyata juga menguntungkan buat orang introvert dan pemalu loh Sunners! Banyak pengalaman dari pelajar lainnya yang nyaman ketika tidak bertemu dengan teman-temannya. Terus baiknya memilih PTM atau PJJ nih?

Kita harus menyesuaikan keadaan Pandemi dan mengikuti aturan pemerintah demi menjaga diri dari virus Covid-19. Beradaptasi dengan kegiatan online juga memberikan pembelajaran agar terus mengembangkan digitalisasi. Ets! Tapi Sunners juga harus pandai dalam menyaring informasi selama di rumah ya!

Buat Sunners yang masih belum bisa beradaptasi dengan pembelajaran online, mungkin tips ini bisa bantu kalian selama mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh.

  1. Menabung untuk membeli kouta internet. Mungkin Sunners udah gak pernah jajan keluar lagi karena Pandemi, maka kesempatan ini bisa kalian pakai untuk menabung ya!
  2. Merawat alat elektronik. Sunners bisa juga merawat ponsel dan laptop kalian dengan cara pembersihan memori dan mengisi daya baterai tepat waktu. Hal ini dimaksudkan agar perangkat kalian tidak cepat rusak atau error selama PJJ ya!
  3. Mencari ilmu baru melalui internet. Selama PJJ Sunners jadi punya banyak waktu untuk menggali informasi lewat internet nih, jadi manfaatkan waktu luang kalian untuk tetap belajar ya!
  4. Perbanyak istirahat. Mata Sunners lelah melihat layar laptop dan ponsel terus? Ada baiknya kalian istirahat cukup dengan membagi waktu dalam menatap layar ya! Sunners bisa kembangkan minat dan hobi kalian juga agar tetap produktif!

Pandemi Covid-19 masih tetap berlangsung dan virus tetap ada dimanapun kita berada. Maka dari itu, Sunners tetap ikuti protokol kesehatan dan menjaga kesehatan ya! Semoga melalui pembahasan sistem pembelajaran di sekolah ini bisa memberikan pemahaman baru kepada Sunners. Semangat pejuang PJJ!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 686
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?