WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Setelah 10 bulan PJJ : Masalah Kesehatan Mengintaimu!

Halo Sunners! Sudah berapa lama nih kamu di rumah aja? Kalau dihitung-hitung sepertinya hampir satu tahun ya. Semoga kamu dalam keadaan sehat.

Memasuki tahun ajaran baru beberapa guru sudah mulai melakukan kelas online. Pastinya mata akan terpaku pada layar laptop atau gadget, karena memang seperti itu sistem pembelajaran jarak jauh yang sudah ditetapkan saat pandemi covid-19 ini. Saat PJJ kamu pun perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

Kesehatan mata

Jika penggunaan laptop atau gadget yang berlebihan akan berakibat pada mata, mata bisa kelelahan karena terus menatap layar. Hal itu dapat membuat terjadinya stress mata yaitu mata mudah berair, terasa kering, perih, panas, dan gatal. Selain itu, penglihatan menjadi ganda atau buram termasuk akibat buruk yang kerap terjadi. Dalam kondisi seperti ini kamu perlu membatasi waktu untuk menatap layar laptop atau gadget dan beristirahat sejenak.

Begadang

Nah, dalam pembelajaran online ini biasanya para guru akan memberikan tugas-tugas kepada muridnya yang dikumpulkan dalam waktu dekat. Sehingga kamu harus mengerjakannya pada malam sampai pagi hari dan terjadilah kamu begadang. Pada saat kamu beraktifitas di malam hari contohnya jam 11 malam, jam tersebut sudah merupakan jam untuk kamu tidur. Karena pada jam-jam 11 salah satu organ tubuhmu yaitu liver (hati) sedang bekerja. Tentunya bisa terganggu jika kamu belum tidur. Selain itu jam tidur yang paling baik yaitu 8 jam.

Dampak dari begadang yaitu saat pagi badan menjadi tidak fresh, kepala akan terasa pusing, perut terasa mual, muncul lingkaran hitam di bawah mata atau biasa disebut mata panda. Sedikit tips dari aku, kurangi pengerjaan tugas-tugasmu di malam hari, gunakan lah waktu pagi atau sore setelah kamu bangun tidur, karena otak akan merasa fresh dan mampu menyerap pelajaran.

Kurang gerak

Selain begadang, pasti beberapa dari kamu menjadi kurang gerak. Jika di rumah hanya tidur dan bermalas-malasan di kamar akibatnya tubuhmu akan lemas, kepala terasa pusing, dan konsentrasi menurun. Tidak hanya itu begadang dapat menyebabkan resistensi insulin atau kadar gula meningkat. Untuk mengatasi hal itu bangunlah di pagi hari dan lakukan aktifitas seperti olahraga, bersih-bersih rumah, atau membantu pekerjaan orang tua. Kamu pun dapat membuat kue dan hal lainnya yang kamu sukai.

 

 

Hanifah Nur – PoliMedia Jakarta

Leave A Comment