Majalah Sunday

Sering Alami Kulit Kering?
Mungkin Kamu Dehidrasi!

Penulis: Rio Kusuma – UNJ

Hai, Sunners! Kalian pernah nggak sih menghadapi masalah kulit kering? Rasanya nggak hanya kering saja, tetapi kulit kalian juga terasa kasar, bersisik, atau bahkan merasakan gatal? Kalau pernah merasakannya, mungkin kalian hanya butuh pakai lotion agar kulit kalian lebih lembab. Tapi, bagaimana kalau kulit kalian keringnya karena dehidrasi? Ada gejala lainnya lho, baca artikel ini sampai habis, ya!

Definisi Dehidrasi

Sunners, coba deh flashback sedikit, pernah tidak kalian di sekolah banyak beraktivitas tetapi kalian jarang meminum air karena tidak sempat atau hanya malas saja? Apakah ada perubahan tubuh yang kalian rasakan? Jika iya, bisa jadi yang kalian alami adalah dehidrasi. Istilah ini sendiri merujuk pada kondisi saat tubuh kalian mengalami kekurangan cairan daripada yang seharusnya diterima. Hal ini bisa terjadi ke siapa saja lho, alias tidak pandang usia.

Buat kamu yang mengalami masalah kulit kering, coba deh pahami salah satu penyebabnya, yaitu dehidrasi. Kok bisa? Cek selengkapnya

Sakit kepala bisa menjadi salah satu tanda dehidrasi. Sumber: Canva.com

Gejala Dehidrasi: Dari Pusing Sampai Kulit Kering

Nah, ketika kalian mengalami dehidrasi, tubuh kalian akan mengirim sinyal lewat beberapa hal. Simak tanda-tandanya di bawah, ya!

Sakit Kepala/Pusing

Pertama, hal yang akan kalian rasakan adalah sakit kepala atau pusing. Ini terjadi karena otak di kepala kita terdiri dari air sebanyak 80%. Dehidrasi yang terjadi pada kalian menyebabkan jaringan otak kehilangan air tersebut, sehingga otak menyusut lalu menarik dirinya dari tengkorak. Sisi buruknya, reseptor atau penerima rasa sakit yang berada di sekitar otaklah yang memicu adanya rasa sakit kepala.

Kelelahan

Selanjutnya, ketika kalian dehidrasi juga akan merasakan kekurangan energi yang berimbas pada kelelahan. Sirkulasi oksigen dan nutrisi yang terjadi di tubuh akan terpengaruh saat kalian kekurangan air yang nantinya akan mengganggu proses produksi energi tubuh lalu menyebabkan rasa lelah itu muncul.

Jarang Buang Air Kecil

Tak berhenti di pusing dan kelelahan, dehidrasi juga bisa membuat kalian jarang buang air kecil, lho! Selain frekuensi pipis yang berkurang, ketika urin atau air kencing kalian berwarna kuning atau oranye gelap bisa menjadi pertanda dehidrasi juga. Hal ini bisa terjadi karena ketika kekurangan air, tubuh kalian akan mencoba untuk tidak “boros” air dengan cara tidak mengeluarkan banyak air kencing.

Beberapa Bagian Tubuh Mengering

Terakhir, selain dari ketiga gejala di atas, kalian juga perlu waspada dengan beberapa bagian tubuh yang mengering. Seperti yang sudah kalian baca di paragraf awal, dehidrasi bisa menimbulkan masalah pada kulit yaitu membuat kulit menjadi lebih kering. Namun, perlu dicatat ya Sunners bahwa ada seseorang yang memang memiliki tipe kulit kering dan ada juga yang kulitnya kering karena dehidrasi, dua hal ini tentu berbeda penyebab dan penanganannya. Selain kulit yang kering, dehidrasi juga membuat daerah mata dan bibir menjadi kering. Jadi, penting untuk diperhatikan bagian-bagian tubuh berikut ketika kalian merasa sedang kekurangan cairan pada tubuh.

Buat kamu yang mengalami masalah kulit kering, coba deh pahami salah satu penyebabnya, yaitu dehidrasi. Kok bisa? Cek selengkapnya

Rajinlah minum air agar tidak dehidrasi! Sumber: Canva.com

Nah, bagaimana Sunners apakah kalian sudah mampu mengingat apa saja gejala dehidrasi? Jika sudah, penting bagi kalian untuk tetap melakukan hidrasi dengan cara rutin meminum air agar selalu sehat dan fit! Apalagi kalian harus bergelut dengan kegiatan belajar dan ekstrakulikuler di sekolah, pastinya sangat membutuhkan kondisi tubuh yang segar bugar dan energi yang cukup agar bisa fokus dan bisa berkonsentrasi. Semangat menjaga kesehatan!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 18
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?