Majalah Sunday

Serba-serbi Jokes Tongkrongan
yang Harus Kamu Tahu

Penulis: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan

Sunners, siapa nih yang suka ngeluarin jokes-jokes receh di tongkrongannya? Saat berada di tongkrongan bareng teman-teman, jokes atau candaan memang salah satu cara paling asik untuk mencairkan suasana, menambah keceriaan, bahkan menghilangkan stress.

Bercanda merupakan bagian penting dari interaksi sosial yang dilakukan oleh berbagai kalangan di masyarakat. Oleh karena itu, jokes di lingkungan hadir dengan berbagai bentuk dan gaya, sehingga memiliki daya tariknya tersendiri yang berbeda-beda. Banyaknya berbagai bentuk jokes di tongkrongan mengharuskan kita tau apa saja serba-serbi jokes tongkrongan agar bisa menempatkan candaan yang sesuai dengan situasi dan kondisi. jangan sampai nih Sunners, niat mencairkan suasana malah bikin canggung, gak asik kan?

Bentuk Jokes Tongkrongan

jokes kodian di tongkrongan

Pernah dengar istilah jokes kodian? atau Sunners sering nih pake jokes kodian untuk bercanda di tongkrongan? Jika iya, kamu harus bijak ya dalam menempatkannya. Jokes kodian merupakan jenis candaan yang dilontarkan menggunakan kata-kata kasar, umpatan bahkan vulgar. Oleh karena itu, sering kali candaan ini dianggap tidak pantas digunakan di berbagai lingkungan sosial, terutama di hadapan anak-anak atau di tempat umum.

Meskipun sebagian orang menganggap bahwa jokes kodian ini terasa menggelitik dan asik, namun kita perlu memahami ya, Sunners bahwa jokes ini dapat berdampak negatif, terutama jika ada orang atau temanmu yang merasa tidak nyaman dengan jokes seperti ini.

dark jokes di tongkrongan

Sunners yang suka menikmati konten dari platform maupun talent MLI, tentu tidak asing dengan istilah “dark jokes”. Jenis jokes ini biasanya berisi lelucon yang kontroversial dan seringkali dianggap tidak pantas. Dark jokes biasanya digunakan untuk membuat orang tertawa dengan cara yang tidak biasa.

Hal-hal yang kerap diungkapkan dalam dark jokes adalah fakta-fakta yang bersifat buruk, kontroversial dan seringkali dianggap tidak pantas. Namun, karena unsur kontroversial yang terkandung dalam dark jokes, jenis lelucon ini seringkali dianggap tidak pantas untuk disampaikan di lingkungan formal atau di depan orang yang tidak dikenal.

jokes slapstick di tongkrongan

Buat kamu yang di masa kecil pernah menonton acara di stasiun televisi “Opera van Java”, berarti kamu sudah pernah melihat contoh dari Jokes Slapstick. Jokes slapstick adalah jenis lelucon yang mengandalkan gerakan fisik atau tindakan konyol.

Apa yang membuat jokes slapstick itu lucu? Dalam realitanya, jokes ini menggunakan orang lain yang menjadi “korban” untuk dijahili secara fisik. Tentu jokes ini perlu dilakukan dengan adanya kesepakatan dua pihak dan tidak sampai memberikan luka serius.

jokes family-friendly di tongkrongan

Nah, berbanding terbalik dengan jokes kodian, Jokes Family Friendly merupakan jenis candaan dengan konten yang bersifat netral dan tidak mengandung topik yang dianggap kontroversial. Tentu saja, sesuai namanya jokes ini cocok untuk semua kalangan, termasuk keluarga, anak-anak, hingga orang dewasa.

Hal-hal yang kerap diungkapkan dalam dark jokes adalah fakta-fakta yang bersifat buruk, kontroversial dan seringkali dianggap tidak pantas. Namun, karena unsur kontroversial yang terkandung dalam dark jokes, jenis lelucon ini seringkali dianggap tidak pantas untuk disampaikan di lingkungan formal atau di depan orang yang tidak dikenal.

jokes tongkrongan yang sering digunakan

Seluk beluk jokes tongkrongan ini harus kamu tau, pict by canva.com

Batasan Jokes Tongkrongan

Sunners, siapa nih yang kalau udah bercanda, saking serunya kadang sampai kelewat batas? hati-hati loh, meski dalam konteks bercanda, jangan sampai menyakiti orang lain dengan perkataan kita ya. 

Batasan dalam bercanda di tongkrongan adalah hal penting untuk menjaga etika, sensitivitas, dan menghormati perasaan orang lain. Ketika berada di tengah-tengah orang banyak, jangan lupa untuk selalu menghargai sensitivitas mereka, karena sesuatu yang lucu bagi kita, belum tentu semua orang lain merasakan hal yang sama. 

Beberapa topik seperti terkait agama, suku, dan ras sebaiknya dihindari agar tidak terkesan menyakiti dan mendiskriminasi kelompok tertentu. Selain itu, jangan sampai jokes yang di kita bikin, menyinggung masalah-masalah sensitif seperti kesehatan mental, fisik seseorang, atau jokes yang berhubungan dengan seksualitas. Tempatkan candaanmu pada konteks yang sesuai ya, Sunners. 

Jokes di tongkrongan merupakan hal yang menyenangkan, tapi perlu diingat untuk menggunakan batasan-batasan di dalamnya. Tetap asik dan ceria, tapi jangan sampai melanggar batas ya, Sunners! 

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 400
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?