WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Seram! Ini 4 Tempat Bersejarah di Jakarta yang Bikin Kamu Merinding!

Hai, Sunners! Sudah menjadi rahasia umum kalau beberapa tempat di Jakarta dulunya memiliki berbagai sejarah yang memilukan. Ditambah fakta bahwa beberapa bangunan ternyata didirikan sejak zaman penjajahan Belanda yang sudah puluhan bahkan ratusan tahun berlalu. Nah, kira-kira apa aja sih cerita mistis di balik seramnya tempat-tempat ini? Yuk, cek!

  1. Lubang Buaya

Berdasarkan cerita sejarah yang pernah terjadi, Lubang Buaya pernah menjadi tempat pembuangan jenazah Jenderal dan Perwira TNI AD, korban gerakan 30 September atau G30S/PKI. Gerakan ini dipelopori oleh PKI yang membantai petinggi militer Indonesia dan kemudian dibuang secara masal ke sumur Lubang Buaya tersebut. Konon, tempat ini dinamai Lubang Buaya karena adanya lagenda yang mengatakan bahwa di lubang tersebut pernah di huni oleh buaya putih. Hingga kini, menurut kesaksian masyarakat setempat, mereka sering melihat penampakan hantu berseragam militer yang berkeliaran di sekitar Lubang Buaya. Hiih. Seram, ya?

  1. Museum Fatahillah

Terletak di wilayah Kota Tua, Museum Fatahillah ini menjadi tempat bersejarah yang sudah ada sejak era kolonial Belanda. Pada awalnya, gedung ini memiliki beberapa fungsi seperti Balai Kota, Kantor Catatan Sipil, dan juga Pengadilan. Bangunan ini juga pernah menjadi saksi bisu kekejaman pemerintahan pada masa itu. Pembunuhan etnis Tionghoa pernah dilakukan secara masal di Museum Fatahillah. Korban tragedi berjumlah 5.000 hingga 10.000 ornang. Selain itu, gedung ini juga pernah menjadi penjara dan tempat eksekusi hukuman mati. Konon, para pengunjung sering melihat penampakan noni Belanda di siang hari, lho!

  1. Menara Saidah

Dibangun pada tahun 1995, gedung ini sempat menjadi kantor Kementrian Pembangunan Wilayah Timur Indonesia atau yang sekarang disebut Kementrian Pembangunan Daerah Terpencil (PDT). Ketika gedung ini dilelang, keluarga Saidah berhasil memenangkan lelang dan melakukan renovasi gedung secara besar-besaran. Hingga tahun 2007, Menara Saidah merupakan gedung tempat kantor beberapa perusahaan. Namun, satu persatu perusahaan mulai meninggalkan gedung dengan berbagai alasan. Diantaranya karena lift berjalan dengan sangat lambat, hingga kecacatan gedung yang miring. Hingga menara tersebut resmi ditutup, bangunan yang berlokasi di Jakarta Timur itu masih menyisakan kisah mistis seperti adanya penampakan wanita cantik berbaju merah, sosok penunggu lift, keranda mayat di lantai tiga, dan masih banyak lagi. Kalau kamu, berani masuk ke dalam?

  1. Terowongan Kasablanka

Pernah menonton film Terowongan Kasablanka yang tayang tahun 2007 silam? Konon, film tersebut diangkat dari kisah nyata, lho! Banyak sekali cerita mistis yang keluar dari mulut ke mulut tentang terowongan itu. Mulai dari sosok makhluk astral yang lewat, sosok nenek tua yang katanya dulu adalah seorang gadis korban pemerkosaan, hingga mitos bahwa tempat tersebut dulunya adalah kuburan yang mayat-mayatnya dipindahkan. Berbagai mitos tersebut menjadi alasan kenapa setiap melewati terowongan itu, orang-orang memberikan klakson agar tidak diganggu. Benar nggak, ya?

Nah, itu dia beberapa mitos seputar kejadian mistis yang ada di beberapa tempat bersejarah di Jakarta. Terlepas dari benar atau tidaknya cerita tersebut, yang jelas, tempat-tempat di atas sudah diberi label ‘angker’ oleh warga setempat. Bagaimana menurutmu?

 

Novianti Sabani

Universitas Negeri Jakarta

 

Leave A Comment