Majalah Sunday

Selaput Dara Robek karena Masturbasi, Masa Iya?

Penulis: Mutia Azura Hersta – Politeknik Negeri Media Kreatif
Editor: Fidya Damayanti – Universitas Negeri Jakarta

Masturbasi. Apa yang ada di pikiran Sunners ketika pertama kali mendengar kata yang satu ini? Pasti banyak dari kalian yang berpikir kalau masturbasi menjadi salah satu penyebab robeknya selaput dara. Namun, sebenarnya ada fakta lain loh Sunners yang bisa menjadi penyebab hymen yang terletak di dalam vagina robek. Nah, berikut penjelasannya!

Fakta Selaput Dara

Seperti yang banyak diketahui, selaput dara akan robek ketika seseorang sudah melakukan hubungan intim. Yap, hal itu memang benar. Namun, timbul pertanyaan karena persepsi tadi “apakah masturbasi juga bisa bisa menyebabkan bagian dalam vagina kita robek?”.

Selaput dara adalah jaringan serabut yang tipis di dalam miss V yang mengandung pembuluh darah serta saraf. Pada setiap perempuan bagian tersebut bisa memiliki perbedaan, seperti layaknya bagian tubuh lain. Ada yang tipis, tebal, atau bisa sangat elastis, sehingga jumlah pembuluh darah yang berbeda. 

Beberapa perempuan mungkin memiliki ciri-ciri hymen yang sangat elastis, tetapi ada juga yang tidak. Makanya Sunners, sebagian perempuan ada yang tidak robek meski sudah melakukan hubungan intim. Begitu juga dengan masturbasi, selaput dara akan robek jika ketika kamu melakukan masturbasi menggunakan alat bantu atau dilakukan terlalu kasar loh!

Tanda Kalau Selaput Dara Robek

Apa yang menandakan kalau bagian vagina kita robek? Biasanya akan terjadi pendarahan dan jika kamu merasa pendarahannya cukup banyak sebaiknya segera dihentikan karena ditakutkan terjadi alergi atau menimbulkan penyakit lain, seperti gonore dan lainnya yang disebabkan dari bakteri.

Namun, bisa juga itu adalah darah mentruasi karena mungkin kalian tidak sadar kalau sudah masuk tanggal datang bulan. Selain itu, beberapa aktivitas olahraga seperti bersepeda, berkuda, senam juga bisa menyebabkan selaput dara robek meskipun tidak melakukan hubungan intim atau masturbasi. Jika sunners biasa memakai tampon, itu juga bisa membuat bagian itu robek karena ukurannya tidak tepat atau ketika tampon masuk terlalu dalam ke miss V.

selaput dara

Fakta dan Tanda Bagian Dalam Vagina Robek, pict by canva.com

Jadi seperti itu ya Sunners penjelasan dari mimin tentang masturbasi dan selaput dara, semoga penjelasan di atas dapat membantu kalian dalam memahami dan menjaga area intim kita sebagai perempuan. Yuk intip informasi seksual lainnya di Majalah Sunday!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,002
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?