Majalah Sunday

Melihat Lebih Dekat SMAN 113 Jakarta di Jakarta Timur

Penulis: Rio Kusuma – UNJ

Aloha Sunners! Kami kembali lagi nih untuk memberikan kalian review SMA di Jakarta. Kali ini, kami akan membahas salah satu sekolah yang berada di daerah Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur yaitu SMAN 113 Jakarta. Simak tulisannya sampai habis, ya!

Awal Mula Berdirinya SMAN 113 Jakarta

Sunners, tahu nggak sih dulunya SMAN 113 Jakarta itu adalah Sekolah Pendidikan Guru atau biasa disingkat menjadi SPG, lho! Mungkin kebanyakan Sunners di sini yang termasuk Generasi Z agak asing dengan istilah SPG, karena memang sekolah yang bertujuan untuk melatih para siswa tingkat menengah atas untuk menjadi guru ini adanya hanya di zaman Orde Baru saja. Nah, mulai masuk ke masa reformasi, beberapa Sekolah Pendidikan Guru mulai diganti menjadi perguruan tinggi keguruan.

Lalu, bagaimana dengan Sekolah Pendidikan Guru yang menjadi cikal bakal SMAN 113 Jakarta? Awalnya, SPG 7 yang menjadi lokasi sekolah ini terlebih dahulu berubah menjadi SMU Lubang Buaya yang berinduk pada SMAN 48 Jakarta. Nah, pada tanggal 5 September 1990 akhirnya terbentuklah SMAN 113 Jakarta sekaligus menjadi penanda bahwa sekolah tersebut memisahkan diri dari induknya, yaitu SMAN 48 Jakarta. 

Saat ini, SMA Negeri 113 merupakan sekolah negeri yang mengantongi akreditasi A, dengan mengambil lokasi di Jalan Al Baido I/Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur. Adapun pilihan jurusan yang bisa Sunners pilih ada tiga, yaitu IPA, IPS, dan Bahasa.

SMAN 113 Jakarta yang merupakan salah satu sekolah di Jakarta Timur ini bisa jadi pilihanmu lho, Sunners. Ayo baca review-nya!

Tampak depan lobby SMAN 113 Jakarta, sumber: sman113jakarta.sch.id

SMAN 113 Jakarta itu Seperti Apa, sih?

Bicara soal sekolah, akan lebih afdol dong jika kita tahu ada apa saja di dalamnya. Untuk itu, yuk intip fasilitas dan ekstrakulikuler di SMAN 113 Jakarta yang bisa menjadi pertimbangan Sunners untuk masuk ke sekolah ini!

Dalam hal fasilitas, sekolah mempunyai beberapa sarana penunjang yang bisa membantu Sunners dalam berkegiatan, di antaranya yaitu beberapa hal basic seperti ruang kelas, ruang aula, lapangan, musala, kantin, laboratorium, perpustakaan, dan pendopo.

 

Untuk ekstrakulikulernya sendiri ada banyak pilihan nih yang bisa Sunners ambil. Kalau Sunners orangnya suka dengan seni, bahasa, atau budaya, bisa banget lho ikut ekskul Angklung, Ratoh Jaroe, paduan suara, tari, English Club, Japan Club, dan Club de Recontre. Kalau sukanya kegiatan yang melibatkan fisik alias berolahraga, Sunners bisa ikut futsal, voli, pencak silat, karate, taekwondo, petanque, dan basket. Kalau mau ikut ekskul keagamaan di sini juga ada kok, Rohani Islam (Rohis) dan Rohani Kristen (Rokris) siap menampungmu. Selain itu, ada juga ekskul yang nggak kalah menarik yaitu Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), Paskibra, Karya Ilmiah Remaja (KIR), dan jurnalistik.

Siapa yang tertarik dengan ekskul Paskibra? Di SMAN 113 Jakarta ada, lho! sumber: sman113jakarta.sch.id

Apa Kata Alumnus tentang SMAN 113 Jakarta?

Wah, akhirnya kita sampai juga nih ke bagian yang paling ditunggu, yaitu review SMAN 113 Jakarta langsung dari alumnusnya! Kali ini, kami mengajak seorang alumnus yang saat ini merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi di salah satu PTN di Jakarta yang biasa dipanggil Khoi. Langsung saja baca review-nya, yuk!

Soal pengalaman, Khoi merasa selama bersekolah di tempat ini, dirinya kerap merasakan pengalaman yang penuh suka dan duka, tapi secara keseluruhan sih menyenangkan! Selain dikelilingi oleh banyak teman yang seru, selama bersekolah di sini juga dirinya dibimbing oleh guru-guru yang friendly dan paham bagaimana cara menarik minat belajar para muridnya. Ngomongin soal pembelajaran, Khoi merasa di sekolah ini kualitas pengajaran dari para guru amat bagus. Pembelajaran nggak selalu monoton diadakan di dalam kelas, tetapi juga diadakan di luar kelas agar siswa tidak mudah bosan.

Nah, kalau soal ekstrakulikuler, dulu Khoi aktif di seni tari dan Rohis, lho! Baginya, kedua ekskul tersebut sangat bermanfaat bagi jasmani dan juga rohani. Kegiatan ekstrakulikuler di SMA Negeri 113 makin terasa seru karena pihak sekolah benar-benar memperhatikan soal tempat berlangsungnya kegiatan. Di sini, tiap ekstrakulikuler punya tempat sendiri, jadi say no to rebutan tempat, hihi!

Hal lainnya yang Khoi sukai adalah akses transportasi yang sangat easy! Dari pengalamannya, cukup dengan naik angkot dari rumah ke sekolah selama 10 menit saja dirinya sudah sampai. Oh iya, bicara soal transportasi ke SMA Negeri 113, Sunners juga bisa lho menggunakan moda transportasi umum lainnya seperti bus Transjakarta atau angkot Jaklingko, tentunya menyesuaikan kembali dengan preferensi pribadi dan juga lokasi rumah kalian, ya!

Terakhir, hal yang paling berkesan bagi Khoi adalah bagaimana para guru sangat aktif dalam membimbing siswanya untuk mempersiapkan manuver untuk kehidupan setelah lulus sekolah. Contoh tindakan nyatanya, tiap semester para siswa selalu diingatkan soal nilai, jurusan, dan peran para alumni untuk lanjut ke jejang perguruan tinggi. Saat kelas 12, para siswa sering dikumpulkan untuk mengikuti sosialisasi agar lebih terarah. Berdasarkan pengalaman Khoi dulu, nilai-nilai siswa ditampilkan lalu dibantu untuk menentukan pilihan jurusan agar tidak menumpuk atau sama dengan jurusan yang ranking-nya lebih tinggi. Saat itu juga Khoi dan teman-temannya selalu diberi sesi konsultasi khusus bagi yang ingin bertanya tentang kampus dan nilai di luar jam pelajaran.

Itu dia informasi dan juga review SMAN 113 Jakarta. Apakah Sunners tertarik untuk bersekolah di sini? Kalau iya dan makin penasaran pengin datang ke sekolahnya langsung, Sunners bisa banget meluncur ke SMAN 113 Jakarta di alamat ini. Atau, kalau Sunners mager dan maunya kepoin media sosial SMAN 113 Jakarta, bisa langsung ke InstagramYouTube ataupun web sekolahnya, ya!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 44
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?