WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Review Kampus: Universitas Budi Luhur

Setelah kemarin kita membahas tentang kampus UNJ dan Untirta, kali ini Mimin mau ajak kamu ke sebuah kampus yang terletak di Jakarta Selatan, yaitu Universitas Budi Luhur. Kampus beralmamater biru tua ini tepatnya berada di Jl. Ciledug Raya, RT.10/RW.2, Petukangan Utara, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12260. 

Universitas Budi Luhur ini berdiri sejak 1 April 1979 dan berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti. Kiprah Yayasan Pendidikan Budi Luhur dalam pendidikan tinggi dimulai dengan didirikannya Akademi Ilmu Komputer (AIK) pada tahun 1979, yang merupakan salah satu perguruan tinggi komputer swasta pertama di Indonesia. Tahukah kamu, Universitas Budi Luhur (UBL) ternyata adalah hasil penggabungan dari Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), Sekolah Tinggi Teknik (STT), dan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 114/D/O/2002, Universitas Budi Luhur diresmikan pendiriannya pada tanggal 7 Juni 2002.

Suasana di kampus ini terasa sangat nyaman, cukup banyak pepohonan rindang sehingga banyak tempat-tempat teduh untuk bersantai bersama teman-teman. Lingkungannya juga tergolong cukup bersih, sudah tersedia banyak tempat sampah yang tersebar di setiap sudutnya, sehingga membuat suasana kampus ini asri, rindang, dan nyaman.

Akses menuju Universitas Budi Luhur cukup mudah, kamu bisa menggunakan kereta ataupun Transjakarta. Bagi kamu yang ingin menggunakan layanan Transjakarta, kamu cukup naik bus dengan rute 13A Blok M–Ciledug, kemudian turun di halte Adam Malik.

Ada satu keunikan yang terdapat di kampus ini, ada yang bisa tebak nggak, ya? Universitas Budi Luhur adalah satu-satunya kampus swasta yang mempunyai prodi kriminologi. Wah, apa ya kriminologi itu? Kalian ada yang sudah dengar?

Universitas Budi Luhur – cerdas berbudi luhur

Saat ditanya mengapa memutuskan untuk mengambil program studi tersebut, M. Ibrahim Saleh yang merupakan seorang alumnus mengatakan bahwa ia memutuskan untuk mengambil prodi tersebut karena dirinya menyukai film-film detektif dan misteri. Menurutnya, salah satu ilmu yang ia dapatkan di Prodi Kriminologi mengajarkan tentang penyebab terjadinya kejahatan yang ada di lingkungan sekitar kita. Selama berkuliah di prodi ini, Ibrahim pernah mengunjungi kantor kepolisian untuk melakukan wawancara mengenai masalah kejahatan yang terjadi di sekitaran wilayah Jakarta. Nah, buat kamu yang suka banget film-film detektif atau misteri seperti Ibrahim dan berminat untuk mempelajarinya lebih serius, kamu bisa banget daftar di Universitas Budi Luhur dan ambil Prodi Kriminologi ini! Cocok banget buat kamu yang punya cita-cita ingin menjadi Kriminolog, Jaksa Pengadilan, atau bekerja di bidang cyber crime, atau cyber jurnalis. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa buka situs jaringan Universitas Budi Luhur di https://www.budiluhur.ac.id/ 

Prodi Kriminologi yang barusan kita bahas ini termasuk di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Nah, selain Prodi Kriminologi,  fakultas FISIP ini juga ada Prodi Hubungan Internasional. Selain itu juga ada Fakultas Teknologi Informasi yang di dalamnya terdapat Prodi Teknik Informatika, Prodi Sistem Informasi, dan Sistem Komputer. Fakultas Ilmu Komunikasi yang di dalamnya terdapat Prodi Ilmu Komunikasi dan Desain Komunikasi Visual. Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang di dalamnya terdapat Prodi Manajemen, dan Prodi Akuntansi. Fakultas Teknik yang di dalamnya terdapat Prodi Arsitektur, dan Prodi Teknik Elektro. Kampus ini juga menyediakan Program Khusus Kelas Karyawan.

Galeri Kampus Budi Luhur | Akademi Sekretari Budi Luhur

Kualitas pendidikan dan tenaga pengajar yang ada di Universitas Budi Luhur merupakan kualitas unggulan yang terbaik. Universitas Budi Luhur meraih akreditasi institusi B dengan Nomor SK: 130/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2018.

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk menimba ilmu di Universitas Budi Luhur, nggak usah ragu lagi, ya! Kamu akan ditangani dengan tenaga pengajar yang handal dan sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan.

 

oleh: Elfrida Sakti

Leave A Comment