Majalah Sunday

Review Kampus: Universitas Briwijaya (UB)

Penulis: Peggy Kakisina –  Universitas Brawijaya
Editor: Fiska Adella – SMKN 40

Siapa yang gak kenal sama Universitas Brawijaya? Terletak di Kota Malang, Jawa Timur, UB menjadi salah satu universitas terkemuka di Indonesia dengan lebih dari 60 ribu mahasiswa dari program vokasi, sarjana, magister, doktor, profesi, dan dokter spesialis.

Bila menengok ke belakang, sejarah berdirinya UB terbilang menarik, lho. Pendirian UB bermula dari kawat no. 258/K/61 tertanggal 11 Juli 1961  yang dikeluarkan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno. Nama Brawijaya sendiri terinspirasi oleh gelar Raja-Raja Majapahit, kerajaan besar di Indonesia dari abad ke-12 hingga ke-15. Kemudian, status UB berubah menjadi universitas negeri pada tanggal 5 Januari 1963, menyusul Keputusan Presiden yang dikeluarkan pada awal tahun yang sama.

Kalau ditanya di mana lokasi UB, pastinya Kota Malang yang ada di benak, Sunners. Nyatanya, kampus berlambang Raden Wijaya (Prabu Brawijaya) ini juga bertempat di dua lokasi berbeda, lho. Kampus pertama terletak di Jalan Veteran, Kota Malang, sedangkan kampus ke-2 di Puncak Dieng Eksklusif, Kab. Malang. Sunners bisa mengunjungi kampus ke-3 di Kediri, tepatnya Kel. Mrican, Kec. Mojoroto, Kota Kediri.

ilustrasi Universitas Brawijaya (twitter.com/UB_Official)

Fakultas di Universitas Brawijaya

Saat ini, UB terakreditasi “Unggul” alias A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menurut SK nomor 61/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/II/2022 tertanggal 8 Februari 2022. Gak cuma itu, UB merupakan universitas ke-3 terbaik se-Indonesia versi lembaga pemeringkatan internasional 2021 Indonesian University Ranking (UniRank).

Berbicara soal program akademik, Kampus dengan moto “Building Up Noble Future” atau “Membangun kemuliaan masa depan” ini memiliki 16 fakultas, 1 program Vokasi, dan program Pascasarjana. Menariknya, mayoritas terakreditasi A baik dalam tingkat nasional maupun internasional. Untuk lebih rincinya, ini dia 16 fakultas di UB:

  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Ilmu Administrasi
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Peternakan
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Teknologi Pertanian
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Ilmu Budaya
  • Fakultas Kedokteran Hewan
  • Fakultas Ilmu Komputer
  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Fakultas Ilmu Kesehatan

ilustrasi Universitas Brawijaya (twitter.com/UB_Official)

Fasilitas Fakultas di Universitas Brawijaya

Lantas, bagaimana soal fasilitas? Secara garis besar, fasilitas penunjang kegiatan akademik di UB terbilang lengkap dan gak kalah unggul dibandingkan sejumlah universitas ternama di Indonesia. Sunners bisa menemukan perpustakaan, laboratorium, UB Press, UB Media dan Komunikasi, UB Forest, Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD), dan masih banyak lagi. 

Tak sampai di situ, setiap fakultas dilengkapi dengan perpustakaan yang dikenal dengan istilah Self-Access Center (SAC). Dengan begitu, Sunners bisa belajar, membaca, atau meminjam buku tanpa harus jauh-jauh pergi ke perpustakaan pusat.

Gak melulu soal akademik, fasilitas UB juga mencakup fasilitas penunjang, mulai dari asrama, kantin, koperasi, Bank dan ATM Center, hingga kantor pos. Ada juga Ikatan Alumni, Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan, dan Inkubator Bisnis khusus alumni UB. Jika Sunners tertarik menyalurkan bakat dan hobi di luar bidang akademik, UB juga menyediakan berbagai kelompok Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan fasilitasnya, seperti gedung pertemuan, pusat kebugaran, lapangan sepakbola, dan GOR.

ilustrasi Universitas Brawijaya (twitter.com/UB_Official)

Kampus berlogo BRONE, singkatan dari “Brawijaya Number One”, ini menawarkan fasilitas dan layanan kesehatan, seperti Poliklinik UB dan RS UB. Sunners merasa sakit saat di kampus? Langsung saja ke poli UB. Gak perlu khawatir soal biaya karena setiap pemeriksaan gratis asalkan Sunners membawa kartu berobat. 

Selain suasananya yang sejuk dan asri, poin plus UB juga terletak pada lokasinya yang strategis meski rawan macet di jam-jam sibuk. Wilayah UB yang tidak terlalu luas pun mendatangkan keuntungan tersendiri sebab memudahkan mobilitas dari tempat ke tempat. Dijamin gak bikin kaki pegal!

Nah, itulah review singkat mengenai Universitas Brawijaya (UB). Untuk informasi lebih lanjut, Sunners bisa mengakses situs UB di ub.ac.id. Tunggu apa lagi? Yuk, segera bergabung bersama keluarga besar Universitas Brawijaya!

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 1,123
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?