Majalah Sunday

Rekomendasi Novel
tentang Perjalanan Ke Masa Lalu

Penulis: Alfira Damayanti Rahman – Universitas Negeri Jakarta

Sunners, kalau kamu bisa kembali ke masa lalu apa yang ingin kamu lakukan? Kali ini Mimin akan memberikan rekomendasi novel yang berkaitan dengan perjalanan ke masa lalu. Meskipun kebanyakan novel fiksi berisi kejadian yang tidak masuk akal, seperti time travel, banyak pelajaran yang bisa kita ambil. Kejadian masa lalu bisa membuat kita belajar untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dan semakin bersyukur dengan kehidupan sekarang.

1. Keajaiban Toko Kelontong Namiya

Novel Perjalanan Ke Masa Lalu
Pict by gramedia.com

Novel terjemahan karya Keigo Higashino ini, bercerita tentang sebuah toko yang bisa mengantarkan suratmu ke masa yang berbeda. Sebuah surat konsultasi. Ya, kalian bisa menanyakan perihal masalah yang mungkin membuat kalian bingung. Pemilik toko yaitu seorang Kakek tua kemudian akan memberikan balasan untuk surat kalian. Dari novel ini kita dapat memahami bahwa setiap orang memiliki masalah dan proses kehidupannya masing-masing.

2. The Diary Of Time

Novel Perjalanan Ke Masa Lalu
Pict by goodreads.com

Sebuah diary yang akan membawamu merasakan kehidupan di tahun 60-an. Buku harian peninggalan Mama dari masa mudanya. Apa kamu siap melewati hari-hari di masa lalu, tentang keluarganya, tentang bagaimana keadaan Jakarta setelah 30 Oktober, suara tembakan dekat rumahnya pada 1 Oktober 1965, atau perkenalannya dengan Soe Hok Gie. Sebuah pengingat sejarah dengan sudut pandang yang berbeda.

3. Funiculi Funicula

Novel Perjalanan Ke Masa Lalu
Pict by gramedia.com

Before the Coffee Gets Cold, adalah judul novel ini dalam bahasa Inggris yang menjadi best seller. Siapa yang akan percaya bahwa sebuah kursi di dalam kafe kecil dapat membawamu ke masa lalu? Banyak yang menganggap hal itu hanyalah mitos. Tapi sang pelayan kafe mengetahui semuanya, juga tradisi dan syarat yang harus mereka lakukan jika ingin kembali ke masa lalu. Mereka yang kembali kebanyakan memiliki perasaan menyesal akan masa lalu dan berharap bisa mengubahnya. Tapi ada yang harus kalian ingat, minum sebelum kopinya dingin.

4. Ten Years Challenge

Novel Perjalanan Ke Masa Lalu
Pict by goodreads.com

Apa yang akan kamu lakukan jika diberikan kesempatan untuk kembali ke masa lalu? Seorang wanita berusia 27 tahun yang mengalami keterpurukan dalam hidupnya, tiba-tiba kembali ke masa SMA-nya 10 tahun yang lalu. Tentu hal ini tidak bisa disia-siakan, ia menjalani kembali masa mudanya dengan bersemangat.

5. Mirai

Novel Perjalanan Ke Masa Lalu
Pict by gramedia.com

Novel ini adalah adaptasi dari film animasi Jepang berjudul sama. Mengisahkan seorang anak kecil yang baru memiliki adik perempuan, ia khawatir kasih sayang orang tuanya akan berkurang untuknya. Saat itulah ia mengalami perjalanan waktu, bertemu dengan keluarganya di masa lalu dan masa depan. Bahkan seorang anak kecil dapat belajar tentang arti keluarga.

Nah, Sunners itu dia 5 rekomendasi novel tentang perjalanan ke masa lalu yang bisa kamu baca. Kenyataannya masa lalu tidak bisa diubah, bagaimana pun kamu menyesalinya. Tapi kamu harus tahu, bahwa masa lalu lah yang membuatmu bisa merasakan hidup sampai saat ini.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 156
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?