Majalah Sunday

Rekomendasi Jurusan Kuliah
untuk Lulusan SMK!

Penulis: Lia Kurnianingsih – Universitas Tama Jagakarsa
Editor: Imani – UNJ

Sunners, di antara kalian ada yang bersekolah di SMK? Setelah lulus, bingung mau lanjut kuliah dengan jurusan apa? Jurusan yang kamu pilih nanti, tidak harus sama dengan jurusan SMK sebelumnya, loh! Semuanya tergantung minat dan bidang yang kalian sukai, tapi jika memang kalian sudah menekuni bidang kalian di SMK, ada juga jurusan di perkuliahan yang sama dengan yang ada di SMK. Ini dia jurusan kuliah buat kamu yang lulusan SMK, simak ya!

Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMK

1. Jurusan Perbankan

jurusan kuliah smk
Jurusan Perbankan lebih berpusat ke bank, pict by canva.com

Jurusan ini mirip dengan jurusan Akuntansi, jurusan Perbankan membekali mahasiswa dengan keahlian hitung-menghitung. Akan tetapi, jurusan Perbankan lebih berpusat pada kegiatan yang berhubungan dengan bank. Misalnya saja perhitungan uang, pembukuan, hingga dokumentasi. Jadi, keduanya terlihat sama meskipun sebenarnya berbeda.

2. Jurusan Marketing (Pemasaran)

jurusan kuliah smk
Kamu akan mempelajari cara membaca pasar di Jurusan Marketing

Kamu bisa mempelajari mengenali strategi pasar, kewirausahaan, dan membaca peluang di bidang bisnis. amu juga bisa lebih mengasah keahlian kamu dalam memasarkan produk/jasa. Jurusan Marketing ini cocok untuk kamu yang sebelumnya jurusan Pemasaran di SMK.

3. Jurusan Jurnalistik

jurusan kuliah smk
Jurusan Jurnalistik akan mengajarkan mahasiswanya untuk melakukan riset berita, pict by canva.com

Kalian bisa belajar dalam bidang surat kabar, majalah, stasiun TV, radio, dan juga masih banyak lagi di bidang Jurnalistik. Sistem belajarnya, kalian akan dijelaskan mengenai seputar mengumpulkan informasi secara aktual dan faktual. Hasil dari riset kamu ini nantinya akan dipublikasikan ke media cetak atau digital. Jurusan ini bisa juga untuk semua jurusan SMK atau kamu yang sebelumnya mengambil jurusan Multimedia di SMK.

4. Jurusan Multimedia (Broadcasting)

jurusan kuliah smk
Kamu akan mendalami industri media di Jurusan Multimedia, pict by canva.com

Kalau jurusan Jurnalistik befokus di bidang editing, jurusan multimedia akan mengaja kalian untuk lebih mendalami bidang pengembangan website, multimedia, games, produksi sinema, dan industri media. Nah, untuk itu buat kamu yang sudah mempelajari dasar multimedia, bisa pilih jurusan ini buat lanjut kuliah!

5. Jurusan Teknik Mesin

jurusan kuliah smk
Jurusan Teknik Mesin cocok buat kamu yang tertarik di bidang-bidang mekanika, pict by canva.com

Bagi Sunners yang tertatrik untuk mendalami pembelajaran seperti mekanika, kinetika, dan termodinamika, kalian bisa pilih jurusan Teknik Mesin. Di sini, kamu akan mendapatkan ilmu seputar mesin, dan nantinya kamu bisa bekerja sebagai mechanical engineer, desainer, teknisi, maupun operator di banyak perusahaan seperti di industri otomotif, dan lain sebagainya. Kalau kamu sebelumnya anak STM, kamu juga bisa mengambil jurusan ini untuk memperdalam ilmu yang sudah kamu dapatkan di sekolah.

6. Jurusan Teknik Informatika

jurusan kuliah smk
Kamu akan belajar coding lebih dalam di Jurusan Teknik Informatika, pict by canva.com

Jurusan ini mempelajari bidang-bidang seperti Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Teknik Telekomunikasi. Nah, buat kamu yang ingin memperdalam bidang ini di perkuliahan, kamu dapat memilih jurusan Teknik Informatika. Kalian yang yang masih belum punya dasar di jurusan ini juga bisa daftar, kok!

*****

Memilih jurusan kuliah sebisa mungkin sesuai dengan minat kamu ya Sunners, agar pembelajaran di perkuliahan kamu bisa bermanfaat hingga di masa-masa yang akan datang. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian!

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 628
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?