WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Rekomendasi Buku Sastra Bagi Kamu yang Tertarik Masuk Jurusan Sastra Indonesia

Jurusan Sastra Indonesia merupakan jurusan yang kini cukup diminati oleh calon mahasiswa. 

Umunya, dalam jurusan Sastra Indonesia kamu akan mempelajari mengenai bahasa, sastra, dan budaya secara komprehensif.  Kamu juga akan mempelajari berbagai skill kebahasaan seperti menulis, membaca, mendengarkan, dan menyimak.

Dalam mendalami ilmu Bahasa, para mahasiswa Sastra Indonesia sudah tidak asing lagi mengenal kesusastraan linguistik seperti morfologi, fonologi, sintaksis, semantik, dan wacana. Maka dari itu mahasiswa Sastra Indonesia akan fasih dalam menganalisis bahasa dan banyak menerapkan teori Sastra Indonesia pada kehidupan sehari-hari baik dalam hal tulisan maupun lisan.

Di dunia kerja sendiri, lulusan Sastra Indonesia mulai eksis pada beberapa perusahan, terutama perusahan media atau yang berhubungan dengan bidang kepenulisan. Lulusan Sastra Indonesia dapat bersaing menjadi seorang copywriter, content writer, atau scriptwriter. Tidak hanya itu, lulusan Sastra Indonesia juga dapat berpeluang untuk bekerja sebagai jurnalis.

Cakupan karier seorang lulusan Sastra Indonesia kini cukup luas, Sunners. Nah buat kamu yang tertarik untuk masuk jurusan Sastra Indonesia, berikut rekomendasi buku bacaan yang wajib kamu punya agar rencana kuliahmu dapat lebih matang.

  1. Teori Kesusastraan (Rene Welek dan Austin Warren)

Buku ini sudah diterjemahkan kedalam beberapa bahasa, salah satunya bahasa Indonesia. Buku teori kesusastraan Rene Welek dan Austin Warren merupakan buku klasik di bidang teori sastra, terdapat empat bagian pembahasan didalamnya yang termuat dalam bab 1 – bab 19.

Buku ini sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin masuk jurusan Sastra Indonesia karena materi-materi didalamnya termasuk kedalam materi dasar seperti studi sastra, teori sastra, sifat dan fungsi sastra, serta kritik sastra. 

  1. Pengantar Linguistik Umum (Ferdinand De Saussure)

Buku ini pertama kali terbit tahun 1916 berjudul Cours de Lingustique Generale yang ditulis oleh Ferdinand De Saussure atau yang dikenal dengan bapak linguistik modern. Tahun 1988 buku ini berhasil diterbitkan oleh Gadjah Mada University Press dalam Bahasa Indonesia. 

Buku pengantar linguistik umum kini sudah menjadi buku pedoman bagi mahasiswa Sastra Indonesia, didalamnya terdapat materi kebahasaan seperti sikronik dan diakronik, perbedaan langue dengan parole, perbedaan signifiant dan signifie, serta hubungan antara sintagmatik dan paradigmatik.  

  1. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia (Yudiono K.S)

Dalam Sastra indonesia kamu juga akan menemukan materi mengenai sejarahnya, maka dari itu buku pengantar sejarah sastra Indonesia karya Yudiono K.S ini cocok dijadikan buku pedoman. Buku ini berisi mengenai materi sejarah sastra seperti periodisasi Sastra Indonesia yang terbagi menjadi empat masa yaitu masa pertumbuhan, masa pergolakan, masa pemapanan, dan masa pembebasan. 

Tiga buku diatas merupakan buku untuk materi dasar atau awal dalam Sastra Indonesia, maka dari itu buku-buku tersebut dapat dijadikan pedoman bagi kamu yang tertarik masuk jurusan Sastra Indonesia.

Semoga bermanfaat, Sunners!

 

 

Penulis : Dwi Puji Lestari – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment