Majalah Sunday

Rekap Prestasi Indonesia Pada Sea Games 2023

Penulis: M. Iqbal Oshmany – UNJ

SEA Games 2023 yang berlangsung di Kamboja resmi berakhir pada 17 Mei 2023. Indonesia meraih prestasi yang membanggakan dengan berada di peringkat ketiga dalam perolehan total medali. Kontingen Indonesia membawa total 276 medali (87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu)  ke tanah air.

Terdapat beberapa informasi menarik tentang kesuksesan Indonesia meraih prestasi. Apa saja sih yang terjadi selama berlangsungnya pesta olahraga dua tahunan tersebut? Kalian pasti penasaran kan, Sunners? Oleh karena itu, Mimin sudah merekap hal tersebut untuk kalian. Yuk simak baik-baik!

Atlet Marathon Putri indonesia Usai Meraih Medali Emas dalam Sea Games 2023, pict by cnbc

Atlet Marathon Putri indonesia Usai Meraih Medali Emas dalam Sea Games ke-32, pict by CNBC

Kun Bokator menjadi Cabor Pertama yang Sumbang Medali bagi Indonesia Pada Sea Games 2023

Pernahkah kalian mendengar olahraga satu ini? Kun Bokator merupakan salah satu seni bela diri yang berasal dari Kamboja. Walau cabor ini tidak sepopuler silat, karate, atau taekwondo, di kalangan masyarakat Indonesia, tidak menutup kemungkinan bahwa Kun Bokator dapat menyumbang prestasi. Buktinya, atlet bernama Alfadila Ramadhan berhasil menyumbang medali perak sekaligus medali pertama Indonesia dalam SEA Games ke-32 melalui cabor ini.

Sumbangan Medali Sea Games 2023 yang Cukup Banyak dari Cabor Esports

Cabor yang baru dipertandingkan sejak 2019 ini menjadi langganan penyumbang prestasi bagi Indonesia. Pada SEA Games ke-32 ini, esports menyumbangkan total 5 medali dengan perincian 3 medali emas dalam ajang Valorant, MLBB wanita, dan PUBG Mobile Team Event serta 2 medali perak dari ajang CrossFire dan PUBG Mobile Solo Event. Menariknya, terdapat atlet dari ajang PUBG Mobile bernama Alan Raynold Kumaseh yang mendapatkan 2 medai sekaligus. Setelah membaca infomasi ini, kira-kira adakah Sunners yang tertarik menjadi atlet cabor esports?

Atlet Termuda Bawa Pulang Dua Medali Sea Games 2023 untuk Indonesia

Gen Z tidak bisa membanggakan tanah air, siapa bilang? Ada atlet muda yang turut mempersembahkan 2 medali sekaligus bagi Indonesia pada SEA Games kemarin lho, Sunners. Ia bernama Kaisar Hansel Putra Fransiscus. Siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kota Cimahi ini membawa pulang 1 medali emas dan 1 medali perunggu lewat cabor renang. Bukan hanya itu, Hansel yang masih berusia 15 tahun merupakan atlet termuda yang dibawa oleh tim Indonesia ke Kamboja. Semoga prestasi yang diraih oleh Hansel dapat membuat kalian semakin termotivasi untuk berprestasi.

Sepak Bola Akhiri Puasa Emas Pada Sea Games 2023

Setuju ga Sunners kalau sepak bola merupakan salah satu olahraga populer di Indonesia? Pada SEA Games ke-32 ini, Timnas Garuda berhasil merebut medali emas yang telah lama diidam-idamkan. Indonesia mengalahkan Thailand pada partai final. Terakhir kali Indonesia memenangkan medali emas tahun 1991 atau 32 tahun yang lalu. Sebetulnya, Indonesia mempunyai kesempatan untuk meraih medali emas pada 2011, 2013, dan 2019. Akan tetapi, Timnas Garuda selalu tumbang di babak final. Oleh karena itu, keberhasilan ini tentunya sangat menggembirakan seluruh masyarakat Indonesia.

prestasi sepak bola indonesia pada sea games 2023

Selamat untuk Timnas Sepak Bola Indonesia, Pict by CNBC

Itulah rekapan prestasi Indonesia selama SEA Games 2023. Semoga di pesta olahraga berikutnya, baik SEA Games, Asian Games maupun olimpiade kontingen Indonesia bisa lebih berprestasi. Tentu saja, sebagai rakyat Indonesia tugas kita ialah mendukung dan mendoakan atlet-atlet yang berjuang dengan sepenuh hati, ya, Sunners.

Referensi:
Situs Resmi Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. 
https://www.kemenpora.go.id/

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 169
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?