Majalah Sunday

Ragu Ketika Mulai Menggambar? Yuk Terapkan Ini!

Penulis: Aprilia Puspitaningrum – Universitas Negeri Jakarta
Editor: Alfira Damayanti Rahman – Universitas Negeri Jakarta

Kamu masih ragu ketika mulai menggambar? Melihat kertas kosong ibarat sebuah tekanan yang sangat berat dan gak tahu mau mulai dari mana? Mimin paham banget rasanya nih, Sunners.

Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi diri kamu disaat ingin mulai belajar menggambar. Salah satunya, pengaruh dari dalam dirimu yang tidak puas dengan hasil gambar yang kamu buat dan selalu membandingkan dengan pencapaian orang lain. Padahal dengan cara menerima dan terus mengevaluasi hasil gambarmu bisa mengembangkan skill dan potensi yang kamu miliki lho. Yuk, simak beberapa solusi yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi perasaan ragu kamu pada saat menggambar.

1. Fokus Pada Tujuan yang Ingin Kamu Raih

Ragu Ketika Mulai Menggambar

Coba kamu mulai niatkan diri kamu dan pikirkan tujuan yang kamu inginkan. Kamu jangan terlalu memikirkan “gimana sih gambar yang bagus?” atau “gimana cara jago gambar?” yang ada kamu hanya membatasi diri dalam kotak yang kamu buat. Buatlah goals-goals kecil yang sekiranya bisa kamu raih. Ingat! Satu persatu. Dengan menetapkan tujuan yang sudah kamu buat bisa menjadi motivasi kuat untuk menghadapi proses yang kamu jalani dalam berkarya nanti.

2. Selalu Percaya Diri

Ragu Ketika Mulai Menggambar

Kamu sudah punya tujuan, tetapi merasa kurang dan menganggap diri kamu tidak bisa? Yuk, coba mulai percaya sama kemampuan yang kamu miliki. Kamu hanya perlu menetapkan porsi standar yang cukup baik sesuai dengan potensi yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu paham dengan skill kamu, membuka kesempatan diri dalam mengembangkan kemampuan kamu dan bisa membuktikan kepada orang lain bahwa hasil karya yang kamu buat itu menunjukkan sisi passion-mu.

3. Temukan Minat Menggambar Kamu

Tentu kamu perlu menentukan apa sih style menggambar yang kamu sukai? atau siapa role model yang kamu sukai dalam dunia menggambar? Itu bisa mempengaruhi minat kamu ketika menggambar, terutama dalam proses belajar. Ketika sudah tahu gaya menggambar yang cocok atau sudah menemukan seseorang sebagai inspirasi dalam menggambar, proses belajar kamu akan semakin terarah karena target dan prioritas kamu sudah jelas dalam mengembangkan skill. Misal, kamu tertarik belajar vector, tentu kamu akan mencari teknik dasar gambarnya, media yang mendukung dalam belajar, atau referensi style menggambar vector seperti apa dan lain-lain.

4. Konsisten Untuk Mencoba dan Berlatih

Hal terpenting dalam proses belajar adalah terus mencoba dan banyak berlatih. Coba kamu sediakan waktu khusus dan biasakan berlatih menggambar secara konsisten setiap hari. Kamu juga bisa coba membuat target plan untuk melihat progres menggambar kamu dengan mulai menggambar dari objek yang sederhana sehingga bisa improve skill kamu dan bisa meningkatkan level menggambar kamu yang lebih kompleks.

Nah, beberapa solusi di atas semoga bisa menjawab persoalan kamu yang merasa ragu ketika mulai menggambar. Kalau kamu yakin dan terus mencoba, hasil yang kamu dapat setimpal dengan usaha kamu kok. Semangat Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 680
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?